Android siapkan Fast Sharing, aplikasi pengganti Android Beam

Para pengguna dapat melakukan transfer file antar perangkat Android dengan cepat karena Fast Sharing menggunakan protokol pengiriman via WiFi.

Android siapkan Fast Sharing, aplikasi pengganti Android Beam Android Beam

Siapa yang masih ingat dengan aplikasi Android Beam? Ya, aplikasi berbagi file antara perangkat Android yang dikembangkan oleh Google tersebut kurang mendapatkan respons yang baik di antara para pengguna perangkat tersebut.

Meskipun aplikasi tersebut tidak mendapatkan sambutan yang baik, namun Google tak ingin menyerah dalam mengembangkan aplikasi yang dapat memudahkan penggunanya. Kali ini, mereka mengembangkan sebuah aplikasi baru yang bernama Fast Share.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ini dia bocoran fitur kamera Google Pixel 4

Pixel 4a bakal rilis bersamaan Pixel 4

Google rayakan 70 tahun Chrisye lewat Google Doodle


Kali ini, mereka melakukan pendekatan pengiriman file menggunakan koneksi Bluetooth dan WiFi Direct. Cara ini menggunakan pendekatan seperti beberapa aplikasi sharing file lain yang sudah ada di pasaran.

Fast Share pada dasarnya adalah sebuah fitur berbagi yang sudah ada di aplikasi Files by Google. Teknologi ini memindai perangkat di sekitarnya dengan Bluetooth sebelum mentransfer informasi melalui Wi-Fi Direct.

Selain dapat berkomunikasi dengan smartphone, teknologi ini juga dapat berinteraksi dengan perangkat Google lain, seperti Chromebook dan jam tangan pintar, seperti dilaporkan 9to5Google (2/7/2019).

Fast Share bahkan memungkinkan pengguna untuk memberikan perangkat status "Visibilitas Pilihan" ke perangkat terdekat, yang memungkinkan beberapa perangkat selalu melihat perangkat pengguna saat berada di dekat mereka, bahkan jika pengguna tidak menggunakan layanan ini. 

Namun, sebaiknya pengguna tidak melakukan hal tersebut. Pengguna pasti tidak ingin orang asing secara acak mengirimkan file ke perangkat mereka. Yang paling penting, aplikasi ini tidak memerlukan koneksi internet aktif dan dapat digunakan untuk berbagi semua file, mulai dari dari foto hingga potongan teks.

Pengguna juga dapat mengirim lebih dari satu perangkat dengan memiliki beberapa file sekaligus yang mereka inginkan dan memilih opsi Fast Share di menu ‘bagikan’. Dari sana, pilih perangkat yang ingin dikirim setelah perangkat muncul di menu berikutnya. 

Saat menerima file, para pengguna akan mendapatkan opsi untuk menerima atau menolak transfer file. Ada juga antarmuka layar penuh yang menunjukkan nama perangkat dan ID koneksi.

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui kapan Fast Share akan datang ke perangkat Android. Mudah-mudahan, kita tidak perlu menunggu sampai Android Q dirilis.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: