Android Q dukung pengguna lakukan reverse update

Sejauh ini, kembali ke versi lawas tidak mungkin dilakukan bila melalui cara resmi. Nah, Android Q bakal memberikan dukungan untuk hal tersebut.

Android Q dukung pengguna lakukan reverse update Source: XDA Developers

Sebuah update sejatinya akan membawa peningkatan aplikasi dari berbagai aspek, misalnya performa, perbaikan bug, penambahan fitur baru hingga user interface yang lebih mudah digunakan. Namun apa jadinya kalau update tersebut justru lebih jelek ketimbang versi sebelumnya?

Nah, hal itu kerap dialami beberapa aplikasi Android. Untungnya, sistem operasi terbaru Android Q kabarnya punya solusi untuk hal tersebut. Melalui Android Q, Google akan memberikan pilihan bagi pengguna agar dapat mengembalikan versi sebuah aplikasi.


BACA JUGA

11 smartphone Xiaomi masuk Android Q beta program

Huawei sudah keluar dari daftar dukungan Android Q versi beta

8 ponsel Huawei siap gunakan Android Q


Dilansir dari Ubergizmo (29/1), hal tersebut terungkap dalam kode Android Q. Di sana tertulis “PACKAGE_ROLLBACK_AGENT” dan “MANAGE_ROLLBACKS”. Kemudian ada pula “PACKAGE_ENABLE_ROLLBACK” dan “PACKAGE_ROLLBACK_EXECUTED”.

Serangkaian kode tersebut mengisyaratkan bahwa pengguna dapat membatalkan update aplikasi dan kembali ke versi sebelumnya. Sementara itu, ada beberapa kode yang hanya dapat diakses oleh pihak pertama saja, dalam hal ini Google Play Store.

Sejauh ini, fungsi enable rollback diketahui belum dapat digunakan. Namun kehadirannya dipercaya bisa menjadi angin segar bagi pengguna. 

Untuk diketahui, sebelumnya mustahil untuk mendapatkan versi lawas sebuah aplikasi, saat mengunduh melalui toko resmi, seperti Google Play Store. Pengguna harus berburu file.apk aplikasi tertentu untuk melakukannya. Atau jika kebetulan memiliki perangkat yang sudah di-root, dapat mengandalkan aplikasi pihak ketiga lainnya.

Hingga saat ini, Android Q masih belum dirilis, bahkan untuk versi developer preview-nya pun belum. Kabarnya sistem operasi ini akan segera diluncurkan untuk para developer terlebih dahulu dalam waktu dekat.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: