Android P dilengkapi 157 emoji baru

Dalam pembaruan Android P, sistem operasi yang akan dirilis di masa mendatang itu, Google menunjukkan emoji baru.

Android P dilengkapi 157 emoji baru (Foto: TechRadar)

Google hari ini mengumumkan program beta baru untuk Android P. Dalam pembaruan tersebut, terdapat sejumlah emoji baru yang kabarnya akan hadir akhir tahun ini. Ada beberapa emoji baru termasuk skateboard dan lobster, gadis berambut merah serta opsi netral untuk emoji keluarga dan pasangan.

Emoji ini telah ada dalam Standar Unicode. Google juga kini mengikuti pedoman yang menyatakan bahwa "jika suatu gender tidak disebutkan, maka tampilan yang netral gender atau inklusif gender harus digunakan", sebagaimana dinyatakan Emojipedia. Alhasil, emoji default untuk keluarga dan pasangan akan menjadi ambigu, dan pada sub-menu tersedia kombinasi gender tertentu yang bisa dipilih pengguna.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Android Q bakal bisa deteksi jika kabel USB terlalu panas

Android 10 bisa hubungkan ponsel dengan alat bantu dengar

4 fitur yang patut ditunggu dari Android 10 Q


Langkah ini menjadi indikasi Google akan menuju opsi netral gender sebagai default untuk emoji lainnya di masa mendatang. Sebagai perbandingan, Apple tahun lalu memutuskan untuk menghadirkan beberapa emoji yang terpisah dan netral gender sendiri.

Selain emoji yang berkaitan dengan gender, Android P juga hadir dengan perubahan emoji lainnya. Misalnya, emoji salad yang tak lagi mengandung telur sebagai salah satu bahannya. Contoh lainnya seperti pistol yang diperbaiki agar tak berkesan pada kekerasan.

Ada juga set emoji baru, seperti rambut merah, ikal, rambut putih serta orang botak. Pembaruan itu juga membawa banyak wajah emoji baru, semisal topi pesta ulang tahun, mangga serta bola benang. Secara total, emoji baru dalam Android P mencapai 157 emoji.

Android P beta 2 kini telah tersedia untuk digunakan. Namun, Google menyebutkan, program beta itu bisa dicoba smartphone Pixel, sementara perangkat lainnya mulai tersedia dalam beberapa minggu mendatang. Kabarnya, sistem operasi baru ini akan diluncurkan ke publik mulai Juli atau Agustus 2018. Demikian dilansir The Verge.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: