sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
Sabtu, 25 Apr 2020 11:31 WIB

Android 11 dukung fitur gestur baru

Android 11 akan hadir dengan sejumlah fiitur baru, salah satunya adalah kemampuan untuk mengembalikan aplikasi yang sudah dihapus dari recent apps.

Android 11 dukung fitur gestur baru
Source: Google

Android 11 akan menjadi sistem operasi baru yang akan dirilis oleh Google. Raksasa teknologi ini biasanya akan memberikan preview sistem operasi ini pada para pengembang terlebih dahulu. Nah, saat ini versi preview sudah sampai ke versi ketiga. 

Sebelumnya Android 11 Developers Preview 3 ini menunjukkan sebuah fitur yang dapat menarik kembali izin sebuah aplikasi ketika aplikasi itu tidak digunakan dalam waktu beberapa bulan. Namun belum diketahui dengan pasti berapa batasan waktu yang ditentukan oleh Google. 

Nah, kabar terbaru menyebutkan kalau Android 11 DP3 juga menambahkan fitur gestur baru. Fitur ini dapat mengembalikan sebuah aplikasi yang sudah dihapus dari recent apps. Tampaknya dengan fitur baru ini, Google belum menghapus memori aplikasi tersebut. 

Sebagaimana diketahui, ketika pengguna membuka recent apps di smartphone Android, akan muncul deretan aplikasi yang sudah pernah dibuka. Dari sini, pengguna bisa menghapus beberapa aplikasi yang berjalan itu untuk menambah memori aktif smartphone tersebut. Dengan fitur yang dapat mengembalikan aplikasi itu, tampaknya Google masih menyimpan memorinya untuk beberapa waktu. 

Cara mengembalikannya adalah dengan melakukan swipe ke arah bawah. Namun harus diperhatikan bahwa cara ini tidak akan berhasil jika pengguna sudah keluar dari recent apps. Catatan lain adalah pengguna belum menghapus aplikasi lain setelahnya. Artinya cara ini hanya berlaku untuk satu aplikasi yang dihapus dari recent apps

Dilansir dari AndroidPolice (25/4), fitur gestur masih belum tampil dengan mulus, malahan terasa memiliki bug. Kebanyakan percobaan yang dilakukan justru tidak berhasil. Google sendiri masih mengembangkan fitur ini untuk siap digunakan pada versi stabil Android 11.

Share
back to top