sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
Jumat, 10 Jul 2020 11:19 WIB

Android 10 memiliki tingkat adopsi tercepat dari versi Android lainnya

Sejauh ini sistem operasi mobile Android 10 telah mencapai tingkat adopsi 28 % lebih cepat dari Android 9.0 Pie.

Android 10 memiliki tingkat adopsi tercepat dari versi Android lainnya
Source: Gizmochina

Salah satu pertimbangan terpenting yang dilakukan orang-orang saat membeli ponsel adalah memilih produsen yang memberikan pembaruan terkini pada ponsel buatannya. Sebaliknya, para produsen ponsel juga mendorong untuk menerapkan pembaruan ke dalam produk model lama dan baru mereka. Hasilnya adalah kecepatan peningkatan adopsi sistem operasi Android 10.

Dilansir dari Gizmochina (10/7), ada sebuah rilis di blog Android Developers yang menunjukkan bahwa Android 10 mencatatkan tingkat adopsi tercepat jika dibandingkan dengan versi Android apa pun sebelumnya.

Grafik tersebut menunjukkan tingkat adopsi Android 10 yang sangat cepat jika dibandingkan dengan Android sebelumnya, yaitu Android 8.0 Oreo, Android 8.1, Android 9.0 Pie. Sejauh ini sistem operasi mobile Android 10 telah mencapai tingkat adopsi 28% lebih cepat dari Android 9.0 Pie dengan jumlah total perangkat yang menjalankan versi Android terbaru itu mencapai 100 juta dalam waktu hanya lima bulan setelah resmi meluncur. Saat ini, Android 10 beroperasi di lebih dari 400 juta perangkat di seluruh dunia.

Pertumbuhan yang cepat dari sistem operasi Android 10 tidak lepas dari inisiatif Google. Salah satu raksasa teknologi papan atas ini mengenalkan Project Treble, Mainline, dan GSI; dengan Project Treble dan Mainline yang bertujuan lebih lanjut memisahkan komponen sistem operasi dari Android itu sendiri.

Project Treble memberi pengaruh kepada para pabrikan ponsel agar dapat menawarkan pembaruan tanpa pertimbangan mengenai driver perangkat keras yang lebih dalam. Ini membantu mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk merancang dan membuat pembaruan software untuk perangkat baru. Efeknya sudah mulai terasa dengan kecepatan adopsi untuk Android 9.0 Pie.

Share
back to top