Anda dapat bermain gim PC di perangkat Android

Skyegrid adalah platform cloud gaming yang mendukung sistem operasi Android pertama di Indonesia. Selain Android, dapat pula mendukung sistem operasi lain

Anda dapat bermain gim PC di perangkat Android

Tidak bisa dipungkiri lagi jika gim berkualitas tinggi semakin merajalela. Untuk memainkan gim tersebut, tentu saja perangkat yang dimainkan harus memiliki spesifikasi yang tinggi. Ambil sebagai contoh PC yang memutuhkan kartu grafis tidak murah agar dapat memainkan gim kelas atas. Jika ingin bermain via konsol, setidaknya kita harus mengeluarkan kocek 6,3 juta.

Ingin memenuhi keinginan para gamer untuk dapat memainkan gim berkualitas tinggi namun memiliki keterbatasan spesifikasi pada sistem yang dimilikinya, Skyegrid meluncurkan solusi berupa platform game streaming berbasis cloud (cloud gaming) dari perangkat apapun, termasuk laptop berbasis Windows, Macbook, iMac, dan bahkan perangkat Android. Artinya, Skyegrid adalah platform cloud gaming yang mendukung sistem operasi Android pertama di Indonesia.


BACA JUGA

PUBG dan Fornite bakal dilarang di China

Sesi ketiga dan keempat gim The Walking Dead mulai dikerjakan

Epic Games buka toko online, tawarkan gim gratis tiap dua minggu


“Dengan platform Skyegrid, kini siapapun dapat memainkan gim AAA. Platform ini merupakan solusi inti para gamer yang ingin memainkan sebuah gim tetapi tidak memiliki perangkat dengan spesifikasi yang tinggi,” kata CEO Skyegrid, Rolly Edward.

Selain itu, Skygrid juga memungkinkan para gamer untuk memainkan gim favorit mereka secara mobile. “Karena bisa digunakan di smartphone, jadi gamer dapat memainkan gim di manapun.” Kata Rolly.

Dalam acara peluncuran ini, Rolly sempat mendemonstrasikan memainkan gim The Division menggunakan Asus Zenfone Max Pro M1 yang dipasangkan dengan joystick GameSir. Dirinya juga sempat menyinggung bahwa bermain di smartpone akan terasa lebih puas jika memiliki kapasitas baterai besar.

Merupakan basis cloud gaming, berarti platform Skyegrid sangat bergantung dengan koneksi internet. Dengan berlangganan Skyegrid (Rp178 ribu per bulan), siapapun bebas memiliki untuk bermain di platform yang mereka inginkan, asalkan berbasis Android, Windows, Mac OS X, hingga Xbox One.

Saya sempat menjajal bermain gim The Witcher 3: Wild Hunt pada ponsel Zenfone Max Pro (M1) di area demonstrasi. Ketika koneksi internet stabil, grafik pada gim tersebut terlihat baik meski tidak mirip seperti ketika dimainkan di PC. Hal tersebut terbilang wajar. Namun ada kalanya saya mengalami internet yang tidak stabil sehingga berujung pada pengalaman bermain gim kurang optimal. Grafik yang ditampilkan terlihat ada beberapa block noise, terkadang responnya pun kurang cepat. Dengan demikian, sangat disarankan Anda berada di area koneksi internet stabil ketika sudah berlangganan Skyegrid.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: