sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Sabtu, 30 Mar 2024 16:05 WIB

Amerika Serikat berencana membangun rel kereta api di Bulan

Rencana ini didukung oleh raksasa ruang angkasa Northrop Grumman dan diharapkan dapat membuka peluang baru dalam pengembangan ekonomi luar angkasa.

Amerika Serikat berencana membangun rel kereta api di Bulan

Amerika Serikat melalui Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) tengah mengusung proyek ambisius untuk membangun jalur kereta api di Bulan. Rencana ini didukung oleh raksasa ruang angkasa Northrop Grumman dan diharapkan dapat membuka peluang baru dalam pengembangan ekonomi luar angkasa.

Dilansir dari Business Insider (30/3), proyek ini merupakan bagian dari Studi Kemampuan Arsitektur Bulan 10 Tahun (LunA-10), yang bertujuan untuk memperluas jejak ekonomi manusia ke luar angkasa. Sebagai salah satu dari 14 perusahaan yang dipilih oleh DARPA untuk berpartisipasi dalam studi tersebut, Northrop Grumman akan mengembangkan konsep kereta api bulan yang dapat mengangkut manusia, pasokan, dan sumber daya untuk usaha komersial di permukaan Bulan.

Michael Nayak, manajer program di Kantor Teknologi Strategis DARPA, menyatakan bahwa LunA-10 bertujuan untuk mengidentifikasi solusi inovatif yang dapat memungkinkan pembangunan sistem bulan multi-misi. Ini mencakup pembangkit listrik nirkabel yang juga berfungsi sebagai sistem komunikasi dan navigasi.

Northrop Grumman telah merancang garis besar penyelidikan untuk proyek kereta api bulan. Langkah-langkahnya mencakup penentuan antarmuka dan sumber daya yang diperlukan, identifikasi risiko biaya, teknologi, dan logistik, serta eksplorasi konsep pembangunan dan pengoperasian sistem dengan menggunakan robotika.

Rencana ini diharapkan dapat mempercepat teknologi-teknologi utama yang dapat digunakan oleh pemerintah dan industri luar angkasa komersial, serta mendorong aktivitas ekonomi di bulan. Dengan adanya proyek ini, Amerika Serikat berharap dapat menjadi pemimpin dalam eksplorasi dan pemanfaatan sumber daya luar angkasa untuk kepentingan manusia.

Tag
Share
×
tekid
back to top