sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
Selasa, 04 Mei 2021 12:39 WIB

AMD siapkan Navi 3, performa meningkat 3 kali lipat

Didasarkan dari RDNA 2 dengan teknologi fabrikasi 5nm dan desain dual-chiplet, AMD Navi 3 akan memiliki performa 3 kali lebih kencang dari pendahulunya.

AMD siapkan Navi 3, performa meningkat 3 kali lipat
AMD

AMD tampaknya tak ingin berhenti untuk memperkecil ketertinggalan mereka dari para pesaing. Setelah berhasil bersaing ketat dengan Intel, kini giliran mereka mengincar NVIDIA.

Dalam sebuah bocoran terbaru, AMD saat ini sudah mempersiapkan arsitektur GPU terbaru. Mereka pun dikabarkan sudah siap untuk menguji coba arsitektur AMD RDNA 3 “Navi 3” dalam waktu dekat ini.

Wccftech (4/5) melaporkan, jajaran GPU Navi 3 akan memiliki beberapa varian. Pertama yaitu varian Navi 33 dan kemudian ada juga Navi 31. Menurut leaker bernama KittyYuko, diketahui GPU ini akan memiliki peningkatan performa yang sangat signifikan. Khususnya untuk GPU AMD Navi 31. GPU yang berbasis IP GPU RDNA 3 (GFX11) ini akan memiliki performa hingga 3 kali lipat jika dibandingkan dengan jajaran GPU Navi 21.

Sementara itu GPU RDNA 3 akan memiliki konfigurasi dual-chiplet. Hal ini akan membuat performa dari GPU ini meningkat secara signifikan, yang akan membantu gamer mendapatkan fps yang lebih baik di dalam gim.

Sebagai perbandingan, GPU Navi 21 memiliki fitur 80 unit komputasi atau 5120 prosesor streaming, yang berjalan dengan Infinity Cache dan memiliki ukuran die 520mm2 pada node proses 7nm.

Di sisi lain, jika benar Navi 31 menggunakan desain dual-chiplet, pengguna akan mendapatkan dua die 80 count, dengan total 10.240 stream processor dan akan berjalan di teknologi fabrikasi 5nm.

Jika dibandingkan dengan node 7nm TSMC, N5P (5nm), memberikan peningkatan kecepatan 15% atau pengurangan konsumsi daya sekitar 30%. Jadi, bukan hanya akan lebih bertenaga, namun juga penggunaan dayanya akan lebih irit.

Namun, jangan berharap kalian akan segera melihat jajaran GPU Navi 3 dalam waktu dekat ini. AMD dikabarkan paling cepat memperkenalkan jajaran GPU ini pada 2022 atau di 2023 mendatang.

Tag
Share
×
tekid
back to top