AMD Ryzen Threadripper 3000 akan dukung RAM quad-channel

Prosesor AMD Threadripper yang akan hadir pada akhir tahun 2019 ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah dukungan RAM quad-channel.

AMD Ryzen Threadripper 3000 akan dukung RAM quad-channel AMD Ryzen threadripper (Wcccftech)

Rumor mengenai prosesor terbaru AMD selanjutnya, yakni Threadripper 3000 kembali mencuat. Kali ini, beberapa informasi penting mengenai prosesor HEDT berbasis Zen 2 tersebut kembali mencuat.

AMD dikabarkan sudah siap untuk meluncurkan beberapa prosesor mereka di bawah platform TRX40, TRX80, dan WRX80. Namun, baru-baru ini dikabarkan bahwa akan ada dua platform baru yang akan hadir dalam keluarga besar Threadripper 3000.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ryzen Threadripper 3000 meluncur 15 November

Modem 5G Mediatek, Helio M70 siap meluncur akhir tahun

Di Indonesia, Redmi Note 8 Pro dipastikan bakal pakai MediaTek G90


Yang pertama adalah platform sTRX4 yang ditujukan untuk penggemar prosesor HEDT. Sebelumnya, AMD telah membagi segmen antusias dan workstation mereka ke dalam seri ‘X’ dan series WX ’.

Keduanya sebenarnya didasarkan pada core Zen + yang sama, tetapi seri X menampilkan hingga 16 core sedangkan seri WX menampilkan hingga 32 core. Kali ini, AMD tidak hanya akan mensegmentasikan prosesor mereka tetapi juga platform mereka.

Ada beberapa perbedaan untuk dibicarakan, jadi mari kita mulai dengan kalimat antusias. Platform TRX4 HEDT akan memiliki dukungan memori hingga quad-channel. Platform ini akan mendukung memori UDIMM dengan 2 DIMM per saluran dan kapasitas total hingga 256 GB per saluran.

Ini berarti platform akan mendukung memori hingga 1 TB. Ada juga dukungan untuk 64 Gen 4 lane PCIe dengan 16 lajur yang bisa diganti dengan antarmuka SATA. Ada juga informasi mengenai TDP, yang katanya akan mencapai 280W dan menempati prosesor seri ‘Grup A’ seperti lapor Wccftech (10/9/2019).

Beralih ke seri WRX8, pengguna akan melihat jajaran workstation murni. Bahkan prosesor yang dibangun dari platform ini sangat mirip dengan varian EPYC 7002, yang menampilkan dukungan DDR4-3200 8-channel UDIMM, RDIMM, atau LRDIMM.

Platform tersebut juga akan mendukung 1 DIMM / saluran yang menampilkan dukungan hingga 2TB memori. Namun sayangnya platform ini tidak akan memiliki dukungan overclocking seperti TRX4, namun pengguna akan mendapatkan 96 sampai 128 Gen4 lane PCIe dengan 32 lajur yang dapat dialihkan ke SATA.

Prosesor seri ‘Grup B’ ini yang merupakan jajaran workstation untuk platform WRX8 juga akan memiliki TDP 280W, namun akan memiliki suhu bekerja di antara 81 hingga 100 derajat Celcius.

Untuk tanggal pasti peluncuran dari jajaran prosesor Threadripper, pihak AMD masih merahasiakannya. Namun, CEO AMD, Lisa Su menegaskan bahwa jajaran prosesor ini akan hadir pada tahun ini.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
Prosesor AMD