sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
Kamis, 04 Apr 2024 15:59 WIB

AMD rilis prosesor seri Ryzen 8000 4nm dengan NPU

AMD baru saja meluncurkan game-changer untuk AI industri: prosesor tertanam (embedded) seri Ryzen 8000.

AMD rilis prosesor seri Ryzen 8000 4nm dengan NPU

AMD baru saja meluncurkan game-changer untuk AI industri: prosesor tertanam (embedded) seri Ryzen 8000. Prosesor ini adalah yang pertama yang mengintegrasikan Neural Processing Unit (NPU) yang dibangun berdasarkan arsitektur AMD XDNA, yang dirancang khusus untuk menangani beban kerja yang berat dalam aplikasi kecerdasan buatan (AI) industri.

Seri Ryzen 8000 menawarkan spesifikasi yang mengesankan. Dibangun pada proses 4nm mutakhir, ini menggabungkan arsitektur CPU Zen 4, GPU arsitektur RDNA 3, dan NPU arsitektur XDNA yang semuanya baru. Dilansir dari Gizmochina (4/4), prosesor ini memberikan daya komputasi AI sebesar 39 TOPS, dan NPU-nya sendiri memberikan kontribusi sebesar 16 TOPS secara signifikan.

Namun kekuatan tidak berhenti pada AI. Seri Ryzen 8000 mengemas fitur tambahan; Konektivitas PCIe Gen 4 berkecepatan tinggi 20 jalur memastikan transfer data yang efisien, dan dukungan memori DDR5 5600 saluran ganda dengan koreksi kesalahan (ECC) membuat semuanya berjalan lancar.

Perangkat keras tersebut dapat menghasilkan visual yang menakjubkan dengan kemampuan untuk memberi daya pada empat layar 4K independen. decoding dan encoding perangkat keras untuk codec video populer seperti AV1, H.264, dan H.265 membuat pemrosesan video menjadi mudah.

Untuk memenuhi beragam kebutuhan, seri Ryzen 8000 hadir dalam empat model berbeda. Agar dapat menumbuhkan ekosistem yang kuat di sekitar prosesor ini, AMD berkolaborasi dengan mitra Original Design Factory (ODM) seperti Advantech, ASRock, dan iBASE. Dengan semakin populernya AI, penelitian pun semakin meningkat. Itu sebabnya perusahaan seperti Nvidia dan AMD memproduksi chip AI baru untuk penelitian berskala lebih besar.

Share
×
tekid
back to top