sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
Rabu, 10 Feb 2021 18:09 WIB

AMD akan alihkan produksi GPU dan APU ke Samsung

Beberapa perusahaan kini sangat mengharapkan Samsung untuk kebutuhan mereka. Dan AMD dilaporkan memiliki posisi yang sama.

AMD akan alihkan produksi GPU dan APU ke Samsung
Source: Pexels

Samsung Electronics memiliki anak perusahaan bernama Samsung Semiconductor yang bertanggung jawab atas pembuatan solusi komponen semikonduktor. Perusahaan ini mungkin bukan pemain terbesar di dunia karena masih ada TSMC. Tetapi pabrikan asal Korea Selatan tersebut berinvestasi besar-besaran dalam bisnis produksinya sebagai upaya untuk memenangkan lebih banyak klien.

Samsung bersaing dengan TSMC, produsen chipset terbesar di dunia. Ketidakmampuan TSMC untuk memenuhi permintaan telah memungkinkan Samsung untuk memenuhi beberapa pesanan yang awalnya ditujukan untuk TSMC.

Dilansir dari Gizmochina (3/2), beberapa perusahaan kini sangat mengharapkan Samsung untuk kebutuhan mereka. Dan AMD dilaporkan memiliki posisi yang sama. Seperti yang ditujukan oleh laporan lain, perusahaan itu berharap untuk menyesuaikan kembali pembuatan GPU dan APU mereka ke Samsung. TSMC saat ini menangani total pesanan AMD.

Pusat perakitan TSMC masih tetap populer, Apple tetap menjadi klien terbesarnya. Proses 3nm TSMC juga diharapkan dapat digunakan terutama untuk Apple. AMD bergantung pada TSMC untuk merakit komponen CPU / APU Ryzen, dan Radeon seperti chip untuk konsol gim dan server. Perlu dipastikan adanya extra creation limit agar tidak mengalami gangguan pada ketentuan produknya yang sedang laris. Kabar yang beredar di Korea Selatan adalah bahwa AMD sedang mempertimbangkan untuk menyesuaikan kembali sebagian CPU dan pembuatan APU-nya ke Samsung.

Kemungkinan AMD adalah perusahaan pertama yang menggunakan node 3nm Samsung. Belum ada konfirmasi resmi seputar kabar tersebut hingga saat ini. Meski demikian, semua ini berada dalam domain yang masuk akal. Ini adalah fakta yang jelas bahwa TSMC tidak dapat memenuhi pesanan. Sejalan dengan ini, Samsung berada dalam situasi yang luar biasa untuk memenangkan klien dari TSMC. Samsung dan AMD saat juga memiliki hubungan kemitraan.

Share
×
tekid
back to top