Amazon akan jual software pengenal catatan medis

Bagi Amazon, langkah ini merupakan gebrakan lain dari pasar kesehatan yang sudah dijamahnya. Mengingat Amazon telah memiliki teknologi analisis teks, ekspansi bisnisnya kali ini memang terbilang wajar.

Amazon akan jual software pengenal catatan medis Source: Pexels

Amazon kabarnya berencana mulai menjual software yang mampu membaca catatan medis pengguna. Selain itu, software tersebut juga bisa memberikan saran untuk meningkatkan perawatan hingga penghematan uang. 

Diungkap The Wall Street Journal (WSJ), software itu akan memindai file medis guna mencari informasi yang relevan seperti kondisi medis hingga resep pasien. Sebagaimana diketahui, tulisan atau singkatan dokter memang tak mudah dipahami semua orang. Pun begitu dengan algoritma yang agak kesulitan mengenalinya. 


BACA JUGA

Amazon akan mungkinkan pengguna main gim tanpa unduh

Freedive, layanan streaming film gratis dari IMDb

Cerai dari bos Amazon, Mackenzie bisa jadi wanita terkaya dunia


Kendati demikian, sumber Amazon mengklaim telah melatih sistemnya untuk mengenali keanehan terkait bagaimana dokter mencantumkan catatannya. Amazon juga dikabarkan telah mengembangkan dan menjual software yang sama untuk bisnis yang lain, termasuk bisnis yang berfokus pada travel atau customer service

Bagi Amazon, langkah ini merupakan gebrakan lain dari pasar kesehatan yang sudah dijamahnya. Mengingat Amazon telah memiliki teknologi analisis teks, ekspansi bisnisnya kali ini memang terbilang wajar. 

Namun catatan elektronik terkait kesehatan memang memiliki sensitivitas yang cukup tinggi. Meski dorongan untuk mendigitalkan catatan medis, banyaknya jejak kertas masih dinilai penuh celah.

Dilansir Cnet (28/11), Amazon bukanlah perusahaan teknologi pertama yang berekspansi ke sektor kesehatan. Microsoft, misalnya, telah membangun divisi kesehatan yang akan berfokus menggunakan kecerdasan buatan untuk meningkatkan perawatan pasien. Selain itu, Apple juga bermitra dengan Departemen Veteran guna memberikan akses catatan elektronik mereka di iPhone. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: