Alibaba punya misi, bina ratusan startup Indonesia

Alibaba Group melihat tingginya permintaan di Indonesia pada Industri digital membuat mereka harus menempatakan data center di Indonesia.

Alibaba punya misi, bina ratusan startup Indonesia

Alibaba Cloud menambah jumlah data center-nya di Indonesia. Kini perusahaan milik Alibaba Group itu mengoperasikan dua data center yang ditempatkan di Indononesia. Perusahaan menyebut upaya ini dilandasi tingginya permintaan dari pelanggan.

Kedua data center Alibaba Cloud akan menyediakan kapasitas yang lebih tinggi. Kemampuan disaster recovery-nya juga lebih kuat, sehingga memungkinkan pelanggan untuk melakukan mission-critical workload di berbagai zona dan mengganti zona dalam waktu singkat. Sayangnya perusahaan enggan menyebut lokasi penempatan data center-nya itu.

Selain menambah jumlah data center, Alibaba Cloud juga meluncurkan program Internet Champion Global Accelerator. Program ini akan menjaring talenta lokal yang kemudian akan dibina oleh Alibaba guna mewujudkan Indonesia Go Digital 2020.

"Visi Ekonomi Digital Indonesia sudah dengan jelas menetapkan arah pembangunan kita di masa depan. Target kami adalah untuk mendorong Decacorn dan Unicorn baru, mempercepat pertumbuhan setidaknya seribu perusahaan rintisan, dan membantu minimal delapan juta orang di industri pertanian dan perikanan tradisional, serta UKM, untuk go digital,” kata Menkominfo, Rudiantara, di Jakarta (9/1).

Program akselerator ini sendiri pertama kali meluncur di Indonesia. General Manager of Singapore and Indonesia Alibaba Cloud, Leon Chen, mengatakan program itu juga akan dirilis di negara lainnya secara bertahap.

Sejauh ini 300 pelaku startup telah terdaftar untuk mengikuti program itu. Mereka akan dibimbing oleh Alibaba Cloud dengan menggunakan studi kasus Double 11 Global Shopping Festival Alibaba Group. Program ini akan berlanjut di Bali untuk menghubungkan lebih dari 200 profesional dan mahasiswa.

“Dengan menggandakan kapasitas data center kami dan meluncurkan Program Internet Champion Global Accelerator di Indonesia, kami berharap dapat membangun ekosistem komputasi awan dan mengasah kemampuan talenta-talenta Indonesia secara lebih mendalam," ujar Leon Chen.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: