sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
Jumat, 17 Apr 2020 10:25 WIB

Mengenal algoritma AI dan perannya dalam fotografi mobile Oppo Reno3

Untuk menghasilkan foto yang baik, Oppo Reno3 didukung oleh algoritma AI andal yang terus dikembangkan kemampuannya.

Mengenal algoritma AI dan perannya dalam fotografi mobile Oppo Reno3

Sebelumnya, kita mungkin tidak terlalu akrab dengan yang namanya Artificial Intelligence (AI). Seperti apa wujudnya dan perannya dalam kehidupan digital yang terus berkembang.

Belakangan ini, AI sering kali disebut-sebut. Namun, tetap saja kita tak bisa melihat wujudnya. Akan tetapi kita bisa merasakan perannya, paling mudah dengan melihat bagaimana caranya bekerja, contohnya pada sektor mobile fotografi.

Pengertian algoritma AI sendiri adalah kecerdasan buatan yang dirancang untuk mendukng kemampuan sebuah sistem. Pada fotografi mobile di smartphone, algoritma AI akan menyesuaikan berbagai parameter kamera secara otomatis untuk mengoptimalkan efek fotografi yang optimal.

Oppo memiliki tim R&D yang dikerahkan untuk memberikan pengalaman terbaik saat menggunakan perangkatnya, termasuk fotografi. Untuk urusan AI, mereka memiliki Will Lin selaku Oppo Photography Algorithm Engineer.

Darwis Triadi mengambil foto seorang model menggunakan Oppo Reno3

Hasil foto Oppo Reno3 karya Darwis Triadi

Reno3 Series sendiri memanfaatkan Algoritma AI untuk menghasilkan kualitas foto yang baik, meliputi pengaturan, serta kemampuan memilah unsur-unsur dalam foto dengan cerdas. Sebagian besar objek dan lokasi (scene) dapat dideteksi dan diklasifikasikan melalui Deep Machine Learning.

Sebagai pemimpin tim khusus pencitraan, Will bertanggung jawab atas pengembangan dan optimalisasi dua fitur baru Oppo yakni "Ultra Night Mode" dan "Ultra Dark Mode". Selain itu, Will bersama timnya turut meningkatkan kemampuan HDR di seluruh Seri Reno dan Seri Find.

Untuk mengembangkan sebuah algoritma baru bukanlah hal yang mudah dan singkat. Will bersama tim membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bisa bulanan bahkan lebih dari setahun, itu termasuk pengembangan algoritma yang sudah ada atau benar-benar memulai dari 0.

Lantas bagaimana proses teknologi kamera AI dapat menentukan objek apa yang ada di depannya dan kemudian menambahkan elemen tertentu untuk mendapatkan foto yang bagus? Kemudian, apa parameternya sebuah sistem didukung AI yang kompeten? Apa yang AI lakukan di Reno3?

Mengandalkan Narrow sense, menggunakan jaringan deep learning untuk mendeteksi dan mengklasifikasi objek dan lokasi (scene), kemudian memprosesnya menggunakan algoritma untuk mengoptimalkan hasil foto yang baik. 

Peran AI Scene Recognition dan fitur HDR

OPPO juga terus meningkatkan keakuratan pengenalan lokasi (scene) melalui sejumlah besar pelatihan mengunakan materi gambar. Di masa mendatang, Oppo akan terus mengoptimalkan keakuratan saat mendeteksi lokasi (scene) dengan mengoptimalkan Intelligent Frame Selection.

Selain itu, ada banyak fitur dari Reno3 yang memanfaatkan algoritma AI untuk mengoptimalkan kualitas foto. Ultra Night Mode sebagai contoh. Dalam seri Reno3, Will menggunakan reduksi noise AI ke Ultra Night Mode dan Ultra Dark Mode. Sentuhan AI mengoptimalkan proses pengurangan noise yang tepat, dan meningkatkan hasil gambar secara keseluruhan.

Hasilnya fitur Ultra Dark Mode dan Ultra Night Selfie dapat menghasilkan hasil foto yang benar-benar menakjubkan. Ketika selfie AI-nya masih tetap mempertahankan detail warna wajah dan meminimalisir noise. Sementara ketika mengambil objek dalam keadaan gelap, detail objek tetap dapat tertangkap dengan baik.

Objek foto berada dalam lingkaran merah

Hasil foto objek bunga kering yang dlingkari pada gambar di atas mengunakan Oppo Reno3

Editor
Share
back to top