Alat ini bikin orang lumpuh dapat berjalan lagi

Sejumlah peneliti berhasil mengembangkan sebuah rangka buatan yang dapat dikendalikan dengan pikiran. Dalam penggunaannya, rangka ini bisa membantu orang lumpuh untuk berjalan lagi.

Alat ini bikin orang lumpuh dapat berjalan lagi Source: Youtube

Kemajuan teknologi sudah selayaknya dapat membantu manusia untuk membantu kehidupan sehari-hari. Nah, baru-baru ini, sekelompok peneliti berhasil mengembangkan sebuah rangka buatan yang dapat membantu orang lumpuh untuk dapat berjalan lagi. 

Penelitian ini melibatkan seorang pasien bernama Thibault. Ia setuju untuk menanamkan dua buah sensor berukuran 5cm untuk dapat menggunakan rangka buatan tersebut. Yang menarik adalah, berkat adanya sensor itu, rangka buatan tersebut dapat dikendalikan dengan pikiran penggunanya. 


berita tentang tek.id

BACA JUGA

BOE rancang layar micro LED demi saingi Samsung

Apple Watch dominasi pasar smartwatch

OnePlus siap perkenalkan smartwatch pertama mereka


Sebelum dapat menggunakan rangka itu, Thibault melakukan rangkaian latihan untuk mengendalikan pikirannya. Ia dilatih untuk mengarahkan tangan ke objek tertentu. Setelah siap, ia dapat menggunakan rangka buatan tersebut. 

Untuk diketahui, sensor yang dibekali dengan 64 elektroda itu ditanam dekat bagian otak yang mengendalikan gerakan tangan dan kaki. Thibault sendiri merasa terkesan setelah menggunakan rangka buatan tersebut. 

“Ini seperti menjadi manusia pertama di Bulan. Saya tidak berjalan selama dua tahun. Saya lupa apa artinya berdiri, saya lupa bahwa saya lebih tinggi daripada banyak orang di ruangan itu.” ujar Thibault. 

Untuk diketahui, otak manusia merupakan komponen yang sangat luar biasa. Sejauh ini, alat yang dapat dikendalikan dengan pikiran hanya terdapat dalam film fiksi saja. Namun para peneliti ini membuktikan bahwa hal tersebut bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. 

Tentu saja, rangka buatan itu masih jauh dari kata sempurna. Namun keberadaannya menunjukkan potensi besar teknologi untuk membantu manusia. Di samping itu, perusahaan sekelas Intel saat ini juga sedang berusaha membantu orang lumpuh untuk dapat berjalan lagi dengan mengandalkan bantuan artificial intelligence. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: