sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
Minggu, 09 Agst 2020 11:53 WIB

Alasan xCloud tak ada di Apple Store

Ternyata, Apple telah memutuskan untuk tidak ingin repot untuk menganalisis satu per satu gim yang ada di layanan xCloud.

Alasan xCloud tak ada di Apple Store
xCloud

Microsoft secara resmi menggulirkan dukungan layanan streaming gim xCloud di perangkat Android. Ini berarti, para gamer dapat memainkan gim konsol kesukaan mereka di smartphone mereka.

Namun, para pengguna perangkat iOS harus rela tidak kebagian fitur ini. Microsoft secara resmi telah menarik fitur tersebut dari daftar pengembang Apple dikarenakan peraturan yang dibuat oleh Apple dinilai cukup menyusahkan.

Dalam pernyataan yang dibuat oleh Apple, mereka beralasan ingin melindungi para penggunanya dari aplikasi yang berbahaya. Berikut ini pernyataan resmi dari Apple, yang dikutip dari laman Business Insider (9/8) :

“App Store dibuat untuk menjadi tempat yang aman dan terpercaya bagi pelanggan untuk menemukan dan mengunduh aplikasi, dan peluang bisnis yang besar bagi semua pengembang. Sebelum masuk ke toko kami, semua aplikasi ditinjau berdasarkan pedoman yang sama yang dimaksudkan untuk melindungi pelanggan dan memberikan lapangan bermain yang adil dan setara bagi pengembang,” kata perwakilan Apple.

“Pelanggan kami menikmati aplikasi dan game hebat dari jutaan pengembang, dan layanan game benar-benar dapat diluncurkan di App Store selama mereka mengikuti pedoman yang sama yang berlaku untuk semua pengembang, termasuk mengirimkan game satu per satu untuk ditinjau, dan muncul di bagan dan pencarian. Selain App Store, pengembang dapat memilih untuk menjangkau semua pengguna iPhone dan iPad melalui web melalui Safari dan browser lain di App Store.”

Business Insider pun menyebut,  pernyataan ini seperti menunjukkan keengganan Apple untuk menerbitkan aplikasi tersebut karena tidak dapat meninjau setiap game yang ditawarkan oleh layanan tersebut. Ini tidak masuk akal karena Spotify dan Netflix juga mengalirkan banyak konten yang tidak memerlukan tinjauan Apple. 

Konten Spotify dan Netflix, bersama dengan konten streaming dari banyak layanan lain, juga tidak muncul di hasil pencarian untuk aplikasi Apple TV atau iTunes, atau grafik yang menyertainya.

Menanggapi pernyataan Apple, Microsoft menerbitkan pernyataan baru dan menyebut Apple ingin berdiri sendiri, dan mereka disebut sebagai satu-satunya platform tujuan umum yang menahan cloud gaming melalui Xbox Game Pass.

“Periode pengujian kami untuk aplikasi pratinjau Project xCloud untuk iOS telah berakhir. Sayangnya, kami tidak memiliki cara untuk mewujudkan visi kami tentang game cloud dengan Xbox Game Pass Ultimate kepada para gamer di iOS melalui Apple App Store. Apple berdiri sendiri sebagai satu-satunya platform tujuan umum yang menolak konsumen dari cloud gaming dan layanan langganan game seperti Xbox Game Pass. Dan secara konsisten memperlakukan aplikasi game secara berbeda, menerapkan aturan yang lebih lunak untuk aplikasi non-game bahkan ketika aplikasi tersebut menyertakan konten interaktif,” kata perwakilan Microsoft.

“Semua game yang tersedia dalam katalog Xbox Game Pass dinilai kontennya oleh badan pemeringkat industri independen seperti ESRB dan setara regional. Kami berkomitmen untuk menemukan jalan untuk menghadirkan game cloud dengan Xbox Game Pass Ultimate ke platform iOS. Kami percaya bahwa pelanggan harus menjadi jantung dari pengalaman bermain game dan para gamer memberitahu kami bahwa mereka ingin bermain, terhubung, dan berbagi di mana saja, dimanapun mereka berada. Kami setuju.”

Tujuan utama Apple tampaknya untuk mempertahankan kendali atas App Store dan aplikasi serta game yang diizinkan secara resmi ada di iPhone dan iPad. Perusahaan ini jelas takut kehilangan kendali dengan membiarkan game bekerja dengan cara yang tidak dapat dikontrolnya, yang dapat menjadi preseden bagi pengembang pihak ketiga untuk mengandalkan platform seperti xCloud dan Stadia untuk membawa game mereka ke iPhone dan iPad, alih-alih menggunakan App Store.

Share
×
img
×
tekid
back to top