sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Selasa, 04 Jan 2022 09:05 WIB

AirPods Pro 2 akan dibekali audio lossless, fitur yang belum ada di earphone nirkabel

Audio lossless merupakan fitur yang sulit untuk diterapkan di earphone atau headphone nirkabel karena membutuhkan bandwidth yang lebih besar.

AirPods Pro 2 akan dibekali audio lossless, fitur yang belum ada di earphone nirkabel

Rumor pertama AirPods Pro 2 di tahun 2022 baru saja keluar dari analis terkenal Ming-Chi Kuo. Informasi mengungkapkan waktu peluncuran serta fitur baru yang akan datang, yang belum pernah ada pada seri sebelumnya. Ini adalah dukungan audio lossless.

Sebagian besar rumor AirPods Pro 2 tahun lalu hanya membagikan desain baru, dimana perangkat mungkin tidak akan memiliki batang. Demikian pula laporan mengatakan AirPods Pro 2 akan menyertakan semacam fitur pelacakan kesehatan.

Memasuki 2022, informasi baru mengungkapkan TWS dari Apple ini akan mendukung audio lossless. Ini adalah teknologi yang tidak mungkin diterapkan pada earphone atau headphone nirkabel Apple, baik itu AirPods atau Beats.

Audio lossless adalah kompresi file yang mempertahankan semua data asli dari file audio, sehingga dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan. Namun, audio lossless membutuhkan lebih banyak penyimpanan di perangkat atau jika melakukan streaming menggunakan Apple Music yang sudah mendukung audio lossless  akan menghabiskan lebih banyak data. 

Selain itu, kebutuhan akan meningkatkan bandwidth juga menjadi masalah untuk earphone nirkabel seperti AirPods Pro 2. Bluetooth harus bisa menangani transfer data, dan ini adalah masalah yang disoroti oleh wakil presiden Apple Acoustic Gary Geaves.

"Adalah adil untuk mengatakan bahwa kami menginginkan lebih banyak bandwidth," kata Geaves dalam wawancara What HiFi yang dilansir dari BGR (4/1).

Namun dengan laporan AirPods Pro 2 mendukung audio lossless, mungkinkah Apple sudah menangani masalah tersebut? Atau apakah Apple berencana menggunakan standar nirkabel baru?  Kita masih harus menunggu konfirmasi resmi dari perusahaan.  

Apple perlu mengembangkan teknologi nirkabel cepat yang dapat menangani lebih banyak bandwidth untuk dua jenis perangkat lain, iPhone tanpa port dan kacamata VR/AR.  Mungkin teknologi yang sama dapat memberikan audio lossless ke semua perangkat AirPods dan Beats di masa mendatang.

Share
×
tekid
back to top