sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
Kamis, 14 Mei 2020 12:42 WIB

AI Microsoft tawarkan pengenalan objek canggih

Microsoft kembali hadirkan inovasi bagi mereka yang memiliki masalah penglihatan. Berbekal pengenalan objek cangggih, AI Microsoft akan menjadi lebih personal.

AI Microsoft tawarkan pengenalan objek canggih

Sudah bukan rahasia lagi kalau Microsoft memiliki proyek kemanusian dengan teknologinya. Perusahaan ini mengembangkan AI yang dapat membantu orang dengan masalah penglihatan. Salah satu dukungan itu diberikan dalam bentuk object recognition

Sampai saat ini, ada banyak teknologi serupa yang dikembangkan. Bahkan dengan mengandalkan smartphone, pengguna dengan masalah penglihatan dapat ‘melihat’ ruangan sekitarnya dan mengenali objek dengan mengandalkan suara. 

Dilansir dari Ubergizmo (14/5), Microsoft membuat teknologi itu selangkah lebih maju. Perusahaan ini membuat pengenalan objek menjadi lebih personal bagi para penggunanya. Sebagai contoh, pengenalan objek mungkin saja dapat mengenali objek seperti kunci, kacamata, atau bahkan remote. Namun, hal itu dirasa kurang personal bagi Microsoft. 

Dengan mengandalkan AI yang dikembangkan Microsoft, pengguna bahkan dapat mengetahui kemana objek tertentu dipindahkan. Microsoft mengklaim bahwa sampai saat ini, belum ada upaya untuk mengumpulkan gambar objek yang mungkin sangat penting bagi pengguna tuna netra atau penglihatan rendah. 

“Menyediakan dataset yang lebih besar bagi peneliti dan pengembang untuk digunakan membangun sistem AI yang lebih baik bisa menjadi peranan besar di bidang ini, bukan hanya untuk orang tuna netra atau berpenglihatan rendah, tetapi juga untuk semua orang.” kata perusahaan tersebut. 

Pada akhirnya, perusahaan ini sudah melakukan penelitian dimana mereka ingin melihat dan mengerti bagaimana orang dengan gangguan penglihatan mengambil video. Dari sana, mereka akan menginvestigasi video-video tersebut untuk mengerti objek apa yang paling penting bagi orang-orang tersebut. Semoga saja, AI ini dapat diterapkan pada teknologi yang sudah ada, misalnya Seeing AI.

Share
back to top