sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 28 Des 2021 23:50 WIB

AI kini dapat prediksi kapan HDD pengguna akan rusak

Dalam sebuah kabar terbaru, QNAP disebut telah menciptakan AI yang dapat memprediksi kapan HDD mereka akan rusak.

AI kini dapat prediksi kapan HDD pengguna akan rusak

Salah satu hal yang membuat para pengguna PC dan laptop meninggalkan HDD adalah masalah kecepatan. Seperti diketahui, jika dibandingkan dengan SSD, kecepatan HDD jauh tertinggal di belakang.

Namun, bagi mereka yang membutuhkan penyimpanan besar, HDD terbukti lebih ekonomis dan memiliki keunggulan dari SSD. Tapi, tetap saja kebanyakan pengguna masih bermasalah dengan masa pakai dari HDD.

Para peneliti dari QNAP dikabarkan telah menciptakan sebuah solusi untuk hal ini. Menggunakan AI, mereka menciptakan alat yang dapat memprediksi kapan HDD pengguna akan rusak.

Ubergizmo (28/12) melaporkan para peneliti itu menciptakan alat bernama DA Drive Analyzer. Dengan alat ini, dibantu dengan AI, pengguna akan dapat mengetahui kapan HDD di NAS mereka akan rusak.

AI ini diajarkan untuk mencari tanda-tanda menggunakan data historis dari jutaan drive, yang berarti bahwa AI ini mempelajari apa yang menyebabkan hard drive rusak dan kemudian akan mencari tanda-tanda itu di drive Anda.

Dan ternyata, Google juga tertarik untuk mengembangkan fitur yang sama untuk perusahaannya. Google menggandeng Seagate, dimana mereka sedang mengembangkan model pembelajaran mesin yang akan dapat memprediksi kegagalan hard drive.

Share
×
tekid
back to top