sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
Selasa, 03 Mar 2020 12:25 WIB

AI jadi solusi untuk deteksi virus corona

Alibaba mengklaim sistem AI baru ini akan dapat mendeteksi virus corona ketika dada pasien dipindai menggunakan CT scan.

AI jadi solusi untuk deteksi virus corona
Source: Google

Alibaba baru-baru ini mengungkapkan pihaknya telah mengembangkan sistem kecerdasan buatan baru. Raksasa Tiongkok ini mengklaim bahwa kecerdasan buatan tersebut mampu mendiagnosa coronavirus (COVID-19) dengan tingkat akurasi 96%. 

Untuk diketahui, dengan merebaknya coronavirus, beberapa perusahaan teknologi besar mulai memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Langkah ini diambil Alibaba juga sebagai solusi untuk mengatasi coronavirus dengan departemen AI. 

Alibaba mengklaim sistem baru ini akan dapat mendeteksi coronavirus ketika dada pasien dipindai menggunakan CT scan. Tingkat akurasinya dikatakan mencapai 96% terhadap keberadaan virus tersebut. Terlebih lagi, hanya butuh waktu sekitar 20 detik bagi AI tersebut untuk menentukan hasil diagnosanya. 

Sebagai pembanding, manusia biasanya membutuhkan waktu 15 menit untuk mendiagnosa penyakit tersebut. Itu pun dilakukan setelah menganalisa dan mengevaluasi 300 gambar. 

Dilansir dari The Next Web (3/3), Alibaba mengungkapkan AI ini dilatih dengan menggunakan gambar dan data dari 5000 kasus coronavirus. Ke-5000 kasus ini sudah dikonfirmasi oleh rumah sakit di seluruh Tiongkok. Saat ini kabarnya ada setidaknya 100 fasilitas kesehatan yang sudah menggunakan AI yang dikembangkan Alibaba. 

Kendati begitu, AI ini bukanlah satu-satunya sistem yang mampu mendeteksi coronavirus. Sebuah organisasi bernama Ping An kabarnya juga mengumumkan sistem yang serupa. Presiden Ping An, Geoff Kau mengungkapkan bahwa sistemnya sudah digunakan pada lebih dari 1500 institusi medis dan ada lebih dari 5000 pasien yang sudah menggunakan sistem ini. Ia juga mengklaim sistem milik Ping An mampu mengeluarkan hasil dalam waktu 15 detik, dengan akurasi di atas 90%. 

Share
×
img
×
tekid
back to top