AI DeepMind bisa selamatkan satwa langka

Tim berharap untuk segera memvalidasi modelnya agar bisa meluncurkan sistem ini di lapangan untuk mengukur kemajuannya di dalam kondisi nyata.

AI DeepMind bisa selamatkan satwa langka Source: Pexels

Perusahaan AI milik Alphabet, DeepMind, ingin menyelamatkan populasi satwa liar dalam skala besar. Mereka bermitra dengan ahli konservasi dan ekologi pada proyek yang menggunakan machine learning untuk secara cepat mendeteksi dan menghitung hewan dalam “jutaan” foto yang diambil selama sembilan tahun terakhir di Taman Nasional Serengeti, Tanzania.

Dilansir dari Engadget (9/8), biasanya diperlukan waktu hingga satu tahun bagi sukarelawan untuk mengembalikan foto yang berlabel, tetapi DeepMind telah mengembangkan model yang dapat memberi label pada sebagian besar hewan dan memprosesnya dengan singkat hingga sembilan bulan. Bukanlah tantangan mudah karena hewan jarang menemui kamera dan akan sangat sensitif terhadap gerakan. AI dapat mengenali cheetah yang tidak fokus dari lensa atau burung unta yang bergerak cepat.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

RiskCardio bisa menebak lama hidup penderita sakit jantung

McDonald’s akan layani pelanggan lewat teknologi AI

Peneliti ciptakan AI untuk teknologi pengenalan wajah simpanse


Teknologi ini juga harus bekerja optimal di alam liar. DeepMind sedang mengembangkan versi yang “belum terlatih” dari model AI-nya yang hanya membutuhkan hardware sederhana dan sedikit konektivitas internet. Tim berharap untuk memvalidasi modelnya agar bisa dengan meluncurkan sistem ini di lapangan untuk mengukur kemajuannya di dalam kondisi nyata.

Teknologi ini secara signifikan dapat meningkatkan upaya konservasi jika terbukti berhasil. Banyak spesies di Serengeti rentan terhadap pengaruh manusia yang tumbuh, baik itu bertani, perburuan liar atau perubahan iklim. Selain mampu melacak perilaku dan distribusi populasi secara terperinci, machine learning juga dapat menyediakan data dengan cukup cepat sehingga para ahli konservasi dapat merespons untuk perubahan jangka pendek.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: