sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Sabtu, 10 Okt 2020 12:35 WIB

Solusi AI Alibaba tawarkan efisiensi dalam penyelenggaraan acara

Dalam Konferensi Apsara 2020, Alibaba menawarkan sejumlah solusi cloud dan AI, salah satunya adalah solusi yang ditujukan untuk memudahkan penyelenggara acara.

Solusi AI Alibaba tawarkan efisiensi dalam penyelenggaraan acara

Teknologi AI memegang peranan penting saat ini. Hampir semua aspek dapat memanfaatkan keunggulan yang ditawarkan AI. Misalnya Alibaba yang menawarkan solusi AI yang dirancang untuk mendigitalkan acara hiburan, olahraga, serta mengubah cara mengatur, menyiarkan dan menyajikan acara olahraga. Alibaba mengklaim bahwa solusi ini dirancang untuk mendekatkan penonton ke panggung utama untuk mendapatkan interaksi yang lebih personal. 
 
Ada beberapa solusi yang ditawarkan Alibaba, antara lain ESS yang merupakan layanan simulasi acara, sistem akses digital hingga Fan Video Hub. Semua solusi ini mengandalkan AI dan cloud yang dikembangkan Alibaba hingga saat ini. 
 
Melalui teknologi cloud dan dukungan komputasi elastis, ESS dapat membantu penyelenggara untuk merencanakan tata letak tempat dalam ruangan secara virtual. Singkatnya, melalui simulasi digital, AI akan dapat memperhitungkan berbagai aspek seperti waktu, biaya dan pengujian posisi kamera yang berbeda sebelum memasangnya. 
 
Untuk acara berskala besar, Alibaba menawarkan Sistem Akses Digital. Solusi ini menyematkan kontrol akses dan informasi acara penting menggunakan akreditasi digital. Sistemnya sudah dirancang agar mudah digunakan dan meniadakan kebutuhan untuk mencetak tiket kertas. Cara ini dipandang dapat menghindari pemalsuan kartu akses. Kartu akses digital ini akan berisi peta, waktu acara dan detail lainnya sepanjang acara berlangsung. Tidak hanya itu, Alibaba juga memiliki opsi untuk menerapkan reguasi kesehatan yang ditetapkan selama pandemi berlangsung. 
 
Untuk lebih mendekatkan penggemar ke acara olahraga tersebut, Alibaba Cloud juga meluncurkan Fan Video Hub agar penggemar olahraga dari seluruh dunia dapat mendukung tim dan atlet favorit mereka secara lebih personal, di mana pun lokasinya. Teknologi dengan dukungan AI dapat bertindak sebagai agregator yang efisien, yang mampu mengumpulkan dan memfilter video secara real-time yang diunggah oleh penggemar dari seluruh dunia ke berbagai platform jejaring sosial, sebelum menyiarkannya ke platform online yang ditentukan, atau di tempat-tempat tertentu dimana acara yang dinikmati sedang berlangsung. Penyelenggara acara olahraga dapat memulai proyek khusus, mendorong penggemar untuk membuat video yang memotivasi dan dipersonalisasi yang pada akhirnya akan ditampilkan di stadion olahraga.
 
“Sebagai penyedia layanan cloud global terkemuka, kami sangat senang melihat inovasi teknologi kami yang matang digunakan untuk mendukung transformasi digital dari beberapa acara olahraga internasional terbesar,” kata Selina Yuan, President of International Business, Alibaba Cloud Intelligence.

“Misalnya, dengan infrastruktur dan layanan tepercaya Alibaba Cloud, kami dapat bekerja sama dengan stadion dan pengelola acara untuk menciptakan pengalaman yang lebih mendebarkan dan imersif bagi para penggemar, di mana pun mereka berada. Lebih penting lagi, kesehatan dan keselamatan harus menjadi prioritas di semua tempat dan acara, dan solusi kami membantu penyelenggara acara memenuhi tanggung jawab mereka di pasca-pandemi melalui minimalisir keperluan berpergian yang tidak perlu. Kami ingin memaksimalkan sensasi pencapaian dalam olahraga, sekaligus memungkinkan penyelenggara acara untuk bekerja dengan aman dan lebih efisien dengan penggemar dan penyiar global.”
 
Dukungan lain juga hadir berupa layanan konferensi pers di cloud. Solusi ini dipandang dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan efisiensi. Bahkan satu orang dapat menghadiri lebih dari satu acara yang berlangsung di lokasi berbeda secara bersamaan dengan memaksimalkan konferensi pers di cloud ini.
 
Alibaba Cloud berkomitmen untuk mendigitalkan acara olahraga dengan membantu penyiar merevolusikan pengalamannya. Pada September 2018, bersama dengan Olympic Broadcasting Services (OBS), Alibaba Cloud meluncurkan cloud OBS, yang telah dikembangkan untuk mengubah proses yang dibawakan Olimpiade kepada penonton. Alibaba Cloud juga merupakan mitra layanan cloud resmi dari Komite Olimpiade Internasional.

Share
×
tekid
back to top