Adopsi Android Oreo baru capai 12,1 persen

Secara total adopsi Android Oreo kini mencapai 12,1 persen. Peningkatan ini didukung banyak flagship 2017 dan perangkat baru lainnya

Adopsi Android Oreo baru capai 12,1 persen (Foto: AndroidPit)

Beberapa bulan terakhir Google tak merilis jumlah distribusi adopsi sistem operasinya, Android. Perusahaan melewatkan bulan Juni dan hanya merilis data pada Juli ini. Berdasarkan catatan terbarunya, Android Oreo mendapati peningkatan hingga dua kali lipat dalam dua bulan.

Dibanding Mei lalu, Android Oreo 8.0 meningkat 5,2 poin dan persentasenya menjadi 10,1 persen. Sementara Android 8.1 masih sekitar 2 persen dengan peningkatan 1,2 poin dibanding bulan Mei. Secara total adopsi Android Oreo kini mencapai 12,1 persen. Peningkatan ini didukung oleh serangkaian banyak flagship 2017 dan perangkat baru lainnya yang hadir dengan Android Oreo.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

xHelper malware nakal yang tidak bisa dihentikan

22% foto di ponsel Android adalah foto enggak penting

Android 10 Go rilis, tawarkan fitur-fitur baru


Pencapaian itu diperoleh Oreo setelah memulai debut publiknya selama 10 bulan. Hal yang sama juga terjadi pada Android Nougat ketika memulai debutnya beberapa tahun lalu. Ini mengartikan bahwa adopsi versi Android terbaru tidak lebih cepat ketimbang versi sebelumnya.

Android Nougat 7.0 sendiri turun 1,7 poin menjadi 21,2 persen. Versi Nougat 7.1 sendiri mengalami peningkatan 1,4 poin menjadi 9,6 persen. Dengan begitu persentase Nougat secara keseluruhan mencapai 30,8 persen dan terus menjadi versi Android yang paling sering digunakan.

Marshmallow turun 2 poin dengan persentase menjadi 23,5 persen. Sementara Lollipop 5.0 dan 5.1 adopsinya mencapai 20,4 persen. KitKat diadopsi 9,1 persen dan Jelly Bean turun menjadi 3,6 persen. Ice Cream Sandwich tercatat diadopsi 0,3 persen dan Gingerbread 0,2 persen.

Data ini diperoleh berdasarkan kompilasi perangkat Android yang mengakses Play Store selama periode tujuh hari yang berakhir pada 23 Juli. Demikian dilansir 9to5Google.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: