sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
Jumat, 14 Agst 2020 15:34 WIB

Acer BS-320: proyektor terang dan ramah mata

Resolusi yang dimilikinya terbilang tinggi, yaitu WXGA (1920 x 1200 piksel) dan rasio gambar 16:10 sehingga proyektor Acer BS-320 cocok untuk menampilkan gambar, video, maupun presentasi.

Acer BS-320: proyektor terang dan ramah mata

Menikmati konten visual tentu saja akan lebih puas ketika kita menikmatinya menggunakan perangkat yang mampu menghadirkan gambar yang besar. Mungkin TV berukuran besar dapat digunakan untuk menghadirkan pengalaman tersebut, tetapi TV berukuran besar pastinya memiliki harga yang tidak murah. Sebut saja TV berukuran 65 inci, rata-rata harganya dimulai dari Rp15 juta. Belum lagi ukurannya yang besar tidak memungkinkan pengguna memindahkannya dengan mudah.

Dengan demikian, untuk dapat menikmati konten visual melalui ukuran yang besar adalah menggunakan proyektor. Salah satu proyektor berkualitas dengan harga terjangkau adalah Acer BS-320. Proyektor terbaru dari Acer ini sangat ideal untuk seluruh kebutuhan seperti kegiatan presentasi di kantor hingga proses belajar-mengajar di sekolah maupun kampus. Tentu saja dengan proyektor kamu juga dapat menonton film.

Desain ringkas

Bobot proyektor Acer BS-320 hanya 2,4 kilogram sehingga dapat dengan mudah dipindahkan ke antar ruangan di rumah. Selain itu, dalam paket penjualannya terdapat tas khusus yang memungkinkan kamu membawa proyektor dengan mudah tanpa harus membeli tas tambahan. Rancang bangun proyektor ini cukup simple sehingga mudah dioperasikan.

Berbicara soal pengoperasian, kamu dapat melakukan zoom optikal dengan mengakses tuas yang ada di dekat lensa. Ada pula ring yang berdekatan dengan tuas zoom untuk melakukan fokus hasil proyeksi di layar agar terlihat lebih tajam. Meski pun ring fokus dan tuas zoom berada berdekatan, kamu tidak akan tertukar akses karena tuas akses zoom dirancang sedemikian rupa.

Seperti kebanyakan proyektor, Acer menempatkan akses ring fokus dan zoom di bagian atas proyektor dengan desain agak masuk ke dalam. Desain ini sengaja dibuat agar akses fokus dan akses zoom tidak tersentuh secara tidak sengaja.

Pada bodi bagian atas BS-320 terdapat sembilan tombol untuk kontrol akses utama proyektor. Beberapa dari tombol tersebut adalah tombol daya, tombol input Source, Menu, navigasi 4 arah, keystone vertikal, dan sebagainya. Seluruh tombol ini terletak dengan rapih sehingga cukup mudah digunakan. Ada pula 3 lampu yang berguna untuk menginformasikan daya, durasi waktu, dan temperatur.

Kaki peyangga bagian depan dapat diatur sehingga proyektor dapat mendongak ke atas agar bisa menampilkan hasil proyeksi yang lebih tinggi daripada posisi proyektor. Cara mengaksesnya pun cukup mudah, hanya dengan memutarnya hingga mencapai ketinggian yang diiginkan.

Kamu dapat menghubungkan proyektor Acer BS-320 ke hampir seluruh perangkat yang mendukung. Pasalnya, proyektor ini dirancang untuk penggunaan yang fleksibel dengan port input dan output yang lengkap untuk segala kebutuhan presentasi, yaitu port HDMI, Mini-B USB, VGA in, VGA out, dan audio in & audio out pada bagian belakangya.

Pengoperasian

Tidak ketinggalan pula remote control dengan aneka macam tombol sehingga akses kontrol dapat dilakukan secara lebih praktis tanpa harus repot menekan tombol langsung di proyektor. Tombol yang ada di bodi proyektor, tersedia pula di remote control. Artinya, kamu dapat mengatur keystone hasil proyeksi lewat remote control. Keystone sendiri merupakan fungsi unntuk melakukan koreksi pada hasil proyeksi ketika gambar terlihat terdistorsi. Artinya, Acer BS-320 menjadi begitu mudah untuk dipasang dan dipindah-pindah penggunaannya.

Ada pula tombol Zoom in dan Zoom out pada remote control Acer BS-320. Tetapi yang harus diingat adalah akses zoom di remote control merupakan metode digital, bukan optikal seperti akses langsung di lensanya.

Resolusi yang dimiliki nya terbilang tinggi, yaitu WXGA (1920 x 1200 piksel) dan rasio gambar 16:10 sehingga proyektor Acer BS-320 cocok untuk menampilkan gambar, video, maupun presentasi yang sangat jelas. Kamu tidak perlu meletakkan proyektor ini terlalu jauh dari layar, karena cukup sekitar 1,5 meter saja.

Kamu juga dapat mengubah aspect ratio agar dapat meyesuaikan konten yang sedang diproyeksikan seperti Auto, Full, 4:3, 16:9 dan Letter Box. Semua ini dapat diakses melalui satu sentuhan di remote control Acer BS-320.

Hal yang tidak kalah menarik adalah bahwa proyektor Acer BS-320 tidak tidak selalu memerlukan layar atau tembok berwarna putih untuk menghasilkan hasil proyeksi yang optimal. Ini dikarenakan proyektor tersebut dilengkapi dengan opsi Wall Color di dalam menunya. Kamu dapat menyesuaikan warna layar atau tembok dengan memilih Wall Color putih, kuning, biru, merah muda dan hijau tua.

Acer mendesain antarmuka menu BS-320 dengan tampilan yang cukup intuitif. Terdapat tujuh pilihan Menu utama yang diikuti oleh sub menu di sebelah kanannya. Ikon-ikon pada Menu utama pengaturan dibuat besar dan jelas agar pengguna lebih cepat menentukan opsi mana yang harus diakses.

Performa

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh proyektor Acer BS-320 adalah tawaran kecerahannya hingga 3800 lumen. Dengan demikian, kecerahan hasil proyeksi yang ada pada BS-320 sangat terang dan tertinggi di kelasnya. Artinya, konten pada hasil proyeksi akan tetap terlihat jelas meski proyektor BS-320 digunakan di dalam ruangan terang.

Dengan demikian, menggunakan proyektor Acer BS-320 dapat menampilkan konten presentasi secara jelas tanpa harus mematikan lampu ruang rapat. Karena DB-320 memiliki beragam aspect ratio, maka kamu dapat menyesuaikan proyeksi dengan materi rapat agar tersampaikan secara optimal. Resolusi tinggi WXGA (1920 x 1200 piksel) yang ada di proyektor ini juga memungkinkan materai rapat terlihat lebih tajam.

Selain unggul saat digunakan untuk melakukan presentasi, Acer BS-320 juga dapat diandalkan ketika menonton film. Ini dikarenakan salah satunya oleh contras ratio yang cukup tinggi, yaitu 20.000:1. Dengan tingkat contrast ratio tersebut, maka tingkat warna hitam yang dihasilkan proyektor ini cukup pekat. Keuntungan ini dapat dinikmati ketika proyektor menampilkan adegan malam hari.

Proyektor yang berbasis teknologi Digital Light Processing (DLP) ini juga dilengkapi dengan beberapa teknologi eksklusif dari Acer. Beberapa dari teknologi eksklusif tersebut adalah Acer LumiSense yang secara pintar mengoptimalkan kecerahan dan saturasi warna pada hasil proyeksi. Dengan demikian proyektor dapat meningkatkan visibilitas detail di area gelap dan akurasi warna. Dalam fitur LumiSense, terdapat beberapa pilihan seperti Normal, Boost, dan Dynamic Black.

Fitur eksklusif lainnya pada proyektor BS-320 adalah teknologi Acer ColorBoost dan Acer Color Safe II yang mampu menawarkan gambar berwarna pekat dan terlihat sangat alami, terutama ketika proyektor menampilkan gambar bermacam-macam warna. Teknologi ini mampu menampilkan kualitas yang optimal pada aneka konten.

Dukungan rentang warna yang mampu ditampilkan oleh Acer BS-320 adalah 30 bit. Dengan demikian proyektor ini mampu mereproduksi hasil proyeksi dengan lebih dari 1 miliar warna. Fitur yang tidak kalah menarik adalah Acer Bluelight Shield yang berguna untuk melindungi kesehatan mata dari paparan cahaya biru berlebih. Pilihan dalam fungsi ini adalah Off, Low, Medium, dan High.

Karena proyektor ini juga dilengkapi dengan teknologi DLP 3D Ready, maka BS-320 dapat memastikan kamu mendapatkan pengalaman menonton film 3D lebih mengagumkan berkat tampilan warnanya yang akurat dan terang.

Kesimpulan

Dilengkapi beragam fitur eksklusif yang dimilikinya seperti Acer Lumisense, proyektor BS-320 mampu menghadirkan warna yang andal ketika menonton film. Teknologi Acer Color Safe II juga bisa diandalkan untuk tampilan warna-warna alami yang konsisten dan dapat mengontrol level RGB.

Dengan proyektor ini pula, konten pada materi presentasi dapat lebih terlihat meski di dalam ruang rapat yang terang berkat kecerahan tinggi 3800 lumen. Meski kecerahan yang dihasilkannya tinggi, tetapi mata pengguna dijamin tidak akan lelah karena hadir dengan fitur Eye Care seperti Acer Bluelight Shield.

Acer BS-320 dapat digunakan dalam waktu lama tanpa khawatir lampu mudah rusak. Lampu LED di dalamnya mampu bertahan hingga 15.000 jam pemakaian. Dengan ini, pengguna bisa lebih berhemat dalam ongkos penggantian lampu dan biaya pemeliharaan. Proyektor ini sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp5.550.000, dan dapat dibeli di Acer eStore, ecommerce, ataupun jaringan penjualan Acer terdekat di kota kamu.

Editor
Share
×
img
×
tekid
back to top