sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Kamis, 11 Nov 2021 10:41 WIB

9 Cinematic toolkit di Xiaomi 11T buat konten makin kece

Tahu jurus seribu bayangan yang ada di serial animasi Naruto? Nah, ini bisa dibuat melalui fitur Video Clone di Xiaomi 11T.

9 Cinematic toolkit di Xiaomi 11T buat konten makin kece
Source: Tek.id

Xiaomi 11T tidak hanya mampu menangkap momen ataupun objek dengan kualitas tinggi, tapi juga membuat penggunanya kreatif dengan kehadiran banyak fitur video kelas profesional. Tahu jurus seribu bayangan yang ada di serial animasi Naruto? Nah, dengan Xiaomi 11T kamu bisa menciptakan hasil yang mirip dengan apa yang diciptakan editor kreatif Naruto.

Secara keseluruhan, terdapat 9 fitur video yang wajib Anda ketahui dan coba di Xiaomi 11T. Simak artikel ini untuk tahu apa saja manfaat dan cara menggunakan kesembilan fitur tersebut.

1. Pro-time Lapse

Sesuai namanya, ini adalah fitur pengambilan video time lapse, di mana menggabungkan foto menjadi sebuah video menggunakan sistem interval. Pro-time lapse di Xiaomi 11T paling bagus mengambil momen matahari terbenam atau lautan dengan debur ombak di pesisir pantai. 

Tidak hanya itu, fitur ini juga bisa mengambil momen yang ingin kamu abadikan misalnya bermain bersama teman, atau untuk konten media sosial seperti mukbang. 

Berdasarkan hasil video menggunakan Pro-time lapse di atas, kamera dapat mengambil gambar dengan jelas dan fokus pada makanan sebagai objek utama. Jika diperhatikan lebih dekat, latar belakang terlihat agak samar sedangkan gambar dan warna mie terlihat sangat jelas dan kontras. Ini juga membuktikan fitur Pro-time lapse pada Xiaomi 11T dapat menangani kondisi minim cahaya. Sebab, video diambil ketika malam hari di luar ruangan.

2. Slow Motion

Fitur selanjutnya adalah Slow motion, di mana Anda dapat membuat video dengan kecepatan lambat, sehingga memberikan efek dramatis pada objek yang dituju. Fitur Slow motion dapat ditemukan di menu More pada kamera Xiaomi 11T, sama halnya dengan fitur Pro-time lapse. 

Ketika menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengatur resolusi video tertinggi yakni 1080p dengan dengan fps 120. Sementara untuk resolusi 720p dapat mencapai fps 960. Fitur ini cocok digunakan untuk merekam sesuatu yang bergerak.

3. Cinematic Filter

Mengusung tema Cinematic, tentu saja Xiaomi 11T dilengkapi sejumlah filter sinematik yang membuat video tampil seperti sebuah film. Di smartphone-nya sendiri, filter sinematik disebut Movie Filters. Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengklik simbol 3 lingkaran di bagian menu atas pada halaman Video.

Terdapat 12 filter yang dapat digunakan dan disesuaikan dengan momen yang ingin ditangkap. Untuk memberikan kesan malam yang sendu atau mengenang sebuah memori, sepertinya filter Rome atau Nordic direkomendasikan. 

4. Telemacro recording

“Merekam dalam telemacro akan memberi Anda cara baru untuk melihat dunia Anda. Sekarang Anda dapat mengunjungi gunung dan sungai di meja makan Anda,” tulis Xiaomi dalam unggahan di YouTube-nya.

Fitur telemacro recording memungkinkan pengguna merekam pemandangan dengan detail yang tajam. Tidak hanya untuk pemandangan, food videography juga cocok menggunakan fitur video ini karena mampu menangkap hal-hal kecil yang terdapat dalam sajian.

5. One click AI Cinema

Selain filter sinematik yang dapat membuat sebuah video menjadi karya berkualitas film, ada juga One click AI Cinema yang memberikan kemudahan dalam membuat video sinematik, tanpa harus mengeditnya di Adobe Premiere atau aplikasi sejenis. 

One click AI Cinema terdiri dari Magic Zoom, Slow Shutter, Time Freeze, dan Parallel World. Bagi pecinta slow shutter photography, tidak perlu lagi kesulitan mengatur shutter di DSLR karena hanya dengan mengklik mode Slow Shutter di Xiaomi 11T, sudah bisa menghasilkan video yang diinginkan.

Untuk mengakses One click AI Cinema, Anda perlu membuka menu More terlebih dahulu di dalam kamera. Kemudian, klik Movie Effects dan pilih mode video mana yang ingin dibuat.

6. Kaleidoscope

Yap, Xiaomi 11T juga bisa membuat video Kaleidoskop, lho. Bagi yang belum tahu, video Kaleidoskop adalah adalah video simetris dari benda atau objek yang direkam dan terlihat seperti direkam oleh teropong. 

Dalam opsi Kaleidoscope di Xiaomi 11T, pengguna dapat memilih beragam bentuk simetris yang diinginkan. Ditambah lagi, kecepatannya dapat diatur, mulai dari super slow hingga super fast. Video juga bisa langsung dilengkapi backsound, sehingga sudah siap diunggah ke media sosial tanpa perlu polesan sana-sini di aplikasi pihak ketiga.

Fitur Kaleidoscope dapat ditemukan di menu More pada kamera, kemudian klik opsi Short Video. Pada pojok kiri bawah, terdapat ikon bintang dan tekan itu. Terdapat tiga opsi yang bisa dipilih, antara lain Beautify, Filters, dan Kaleidoscope.

Untuk menambahkan lagu, Anda hanya perlu mengklik ikon musik yang ada di bagian atas layar. Sedangkan untuk mengatur kecepatan, bisa mengklik simbol di pojok kiri bawah.

7. Freeze Frame

7. Freeze Frame

Video freeze frame juga biasanya dibuat dengan aplikasi atau software editing video. Namun berkat fitur Clone di Xiaomi 11T, tidak perlu lagi repot untuk membuat video jenis ini. 

Tips untuk membuat video Freeze Frame, pastikan tangan Anda stabil agar objek dalam video berjalan dengan mulus. Maka dari itu, posisi terbaik sebenarnya menggunakan tripod atau menyandarkan smartphone di suatu tempat. Juga, jangan ada terlalu banyak gerakan dalam frame, karena akan sulit bagi sistem untuk melacak objeknya.

Freeze Frame sangat cocok digunakan oleh kawula muda, apalagi mereka yang gemar membuat konten seputar outfit of the day. Jadi, konten Anda akan semakin beragam, tidak hanya berupa foto #OOTD, tapi juga video Freeze Frame #OOTD.

8. Video Clone

Masih di menu yang sama dengan Freeze Frame, video clone mampu membuat video dengan objek yang digandakan. Seperti yang disebutkan di awal, Anda bisa membuat seolah-olah jurus seribu bayangan Naruto, tapi dengan versi dua bayangan saja.

Tipsnya hampir sama dengan Freeze Frame, yakni pastikan perangkat stabil. Kemudian, Anda perlu merekam 2x untuk membuat dua objek yang sama dalam satu frame. Misalnya pada video di bawah ini, video pertama yang direkam adalah ketika objek mengibaskan tangannya. Dan video kedua adalah objek yang berputar. Waktunya juga perlu diperhatikan agar momen yang ingin dibuat tampak serasi.

Baik video Clone maupun Freeze Frame dapat ditemukan di dalam menu Clone, yang ada di opsi More pada kamera

9. Audio Zoom

Jika selama ini fitur zoom hanya bisa memperbesar maupun memperkecil gambar atau video, di Xiaomi 11T pengguna juga dapat memperkecil atau memperbesar audio, berkat fitur Audio Zoom. Ini memberikan pengalaman audio yang lebih imersif, dimana penontonnya akan merasa seperti berada dalam video. 

Ketika video diperbesar, mikrofon seolah-olah mendekat pada objek. Sama halnya ketika video diperkecil atau di-zoom out, mikrofon seolah-olah menjauh dan suaranya terdengar semakin jauh. Sangat cocok untuk pembuatan video ASMR dengan visual yang sinematik.

Itu dia 9 cinematic toolkit yang dimiliki Xiaomi 11T dan wajib Anda coba, khususnya bagi para konten kreator dan peminat videografi. Kini, Anda tidak perlu lagi membuka laptop dan menginstal software tambahan untuk mengedit video sinematik. Dengan Xiaomi 11T, semuanya bisa dilakukan hanya dalam genggaman tangan!

Xiaomi 11T (8GB/256GB) dibanderol Rp5.999.000, sedangkan versi Pro-nya dibanderol mulai dari Rp6.999.000 (8GB/256GB) dan Rp7.499.000 (12GB/256GB). Tersedia dalam warna Meteorite Gray, Moonlight White, dan Celestial Blue, Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro dapat dibeli di mi.com, official store Xiaomi Indonesia di Shopee dan Xiaomi Store.

Editor
Share
×
tekid
back to top