sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
Senin, 02 Sep 2019 10:30 WIB

8K Association tentukan spesifikasi dasar televisi 8K

Misi 8K Association adalah untuk menumbuhkan apresiasi dan kesadaran akan produk 8K yang akan memberikan tingkat hiburan yang lebih optimal.

8K Association tentukan spesifikasi dasar televisi 8K

Sudah semakin banyak perusahaan yang menawarkan televisi beresolusi 8K, atau segera menjual televisi dengan resolusi tinggi tersebut. Menjelang pameran dagang IFA 2019 di Jerman, sebuah kelompok industri telah merilis “spesifikasi kinerja” untuk televisi konsumen. Kelompok ini bernama 8K Association yang mencakup anggota seperti Panasonic, Samsung Electronics, Samsung Display, Intel, Hisense dan TCL.

Mereka menetapkan spesifikasi inti untuk mendukung performa layar berbasis HDR, performa kecerahan warna, dan banyak lagi sehingga menentukan harapan pelanggan ketika melihat televisi dengan logo itu. Dilansir dari Engadget (31/8), spesifikasi yang diwajibkan untuk televisi beresolusi 8K adalah 7680 x 4320 piksel. Ada pula persyaratan input frame rate dengan 24p, 30p dan 60p.

Agar dapat menyodorkan warna yang baik, kecerahan layar televisi 8K setidaknya 600 nit ke atas. Ini menjanjikan performa HDR yang unggul sehingga meningkatkan kualitas kontras. Tipe codec yang dipegangnya adalah HEVC (High Efficiency Video Coding), ini merupakan pengganti codec H.264 yang memberikan kompresi dua kali lebih bagus tanpa mengorbankan kualitas gambar. Persyaratan terakhir adalah hadirnya dukungan HDMI 2.1.

8K mengacu kepada standar terbaru dan resolusi tertinggi untuk pembuatan konten, distribusi dan layar televisi yang memungkinkan resolusi lebih dari 33 juta piksel. Ini menjanjikan 4 kali lebih tajam daripada standar 4K UHD. Spesifikasi televisi 8K baru yang kini ditentukan oleh 8K Association mencakup tingkat kinerja yang disarankan untuk HDR.

Misi 8K Association adalah untuk menumbuhkan apresiasi dan kesadaran akan produk 8K yang akan memberikan tingkat hiburan yang lebih optimal. Aktivitas mereka meliputi pengembangan performa, spesifikasi antarmuka dan sebagainya demi membantu membangun pasar 8K.

Share
×
tekid
back to top