sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Senin, 20 Des 2021 11:29 WIB

8 fitur Windows 11 yang menarik untuk dicoba

Semua aplikasi dan fitur yang kamu tahu ada di Windows 10, akan tersedia dalam pengaturan yang berbeda di Windows 11.

8 fitur Windows 11 yang menarik untuk dicoba

Sejak diluncurkan beberapa waktu lalu, Windows 11 terlihat memiliki banyak peningkatan dan pembaruan seperti antarmuka yang apik dan fitur yang membantu untuk meningkatkan produktivitas. Oleh karena itu, sistem operasi terbaru Microsoft ini dinilai memiliki perubahan besar dibandingkan Windows 10.

Jika kamu terbiasa dengan Windows 10, menjalankan Windows 11 dengan melihat tata letak dan antarmuka baru mungkin akan terasa bingung. Semua aplikasi dan fitur yang kamu tahu ada di Windows 10, akan tersedia dalam pengaturan yang berbeda di Windows 11. Namun kamu tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk kamu menyesuaikan diri dengan sistem operasi dan memanfaatkan apa yang ditawarkannya.

Untuk itu, Tek.id telah menyusun daftar fitur terbaik yang menarik untuk kamu coba segera. Simak selengkapnya.

  • Start menu

Start Menu baru bisa dibilang fitur terbaik di Windows 11. Terletak pada pusat taskbar, Star Menu memberi kamu akses cepat ke aplikasi yang disematkan dan direkomendasikan. Start Menu baru ini tampil bersih dan efisien, sehingga mungkin akan memakan waktu untuk kamu beradaptasi. 

  • Android apps

Aplikasi Android di Windows 11 berjalan via Microsoft Store baru. Pertama-tama, kamu harus mengunduh dan menginstal Amazon Appstore dan masuk ke akun Amazon (atau buat akun jika kamu belum memilikinya). Setelah itu, kamu dapat mencari aplikasi Android seperti di smartphone dan platform lainnya.

  • Integrated Gaming

Beberapa pengguna kurang suka bermain gim di Windows 10 karena implementasinya yang dinilai agak buruk. Hal ini tak akan kamu temukan di Windows 11 yang menjadikan bermain gim sebagai bagian integral dari pengalaman pengguna. 

Mereka yang memiliki SSD M.2 pada PC atau laptopnya dapat memanfaatkan DirectStorage sepenuhnya. Ini memungkinkan waktu load menjadi cepat, mirip dengan Xbox Game Pass yang sudah dilengkapi dengan Windows 11. Hal ini memberi kamu akses ke pustaka lebih dari 100 gim Xbox.

  • Snap layouts

Ketika kamu bekerja melalui komputer, bisa dibilang kamu membutuhkan banyak jendela dan tab di layar komputer demi mengefisienkan pekerjaan. Dengan Windows 11, memungkinkan kamu mengatur jendela ke dalam tata letak yang berbeda. Hal ini akan menghemat pengaturan jendela kamu untuk diakses nanti ketika menjalankan komputer. Kamu dapat membuka hingga empat jendela di layar sekaligus. Windows 10 memiliki fitur snap yang sama, tetapi akan terasa lebih ramping di Windows 11. Ini adalah fitur yang sempurna untuk mereka yang multitasking dan ingin memaksimalkan produktivitas mereka.

  • Snap groups

Lewat fitur ini kamu dapat menyimpan beberapa tata letak snap di grup snap. kamu dapat mengakses tata letak yang disimpan dengan mengarahkan kursor ke bilah tugas. Preview tata letak snap muncul saat kamu mengarahkan kursor ke atasnya. Ini adalah cara cepat untuk memastikan kamu memilih grup yang benar.

  • Widgets

Widget disini menawarkan banyak pembaruan yang dipersonalisasi. Kamu dapat melacak semuanya mulai dari cuaca, berita, lalu lintas, hingga kalender. Sementara itu panel slide-out berada di sisi kiri layar muncul saat kamu mengklik tombol widget. Ini mirip dengan Start Menu pada Windows 10.

Widget terletak pada panel transparan yang terpisah, artinya kamu tidak perlu membuka jendela lain. Kamu juga dapat memperluas antarmuka widget untuk memenuhi seluruh layar.

  • Microsoft Teams

Microsoft Teams adalah item lain yang akan kamu temukan pada halaman dekstop. Melalui fitur ini, kamu dapat mengirim pesan teks, atau memulai panggilan video maupun suara dengan seseorang yang tersimpan di daftar kontak. Tidak terbatas pada Windows, kamu juga dapat menghubungi orang-orang di Android, Mac, dan iOS. dengan begitu, akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan orang-orang dari Windows 11 di desktop atau di perangkat mobile.

  • Touch interface

Sejak Windows 8, sistem operasi Microsoft menjadi semakin mirip smartphone. Windows 11 melanjutkan tren itu dengan antarmuka seperti smartphone. Meskipun kamu masih dapat menggunakan keyboard dan mouse, opsi sentuh, pena, dan input suara terkadang dapat menawarkan pengalaman yang lebih baik.

DI Windows 11, kamu akan mendapatkan target sentuh yang lebih luas, pengubahan ukuran dan pemindahan jendela yang lebih mudah, gerakan sentuh yang lebih konsisten, dan keyboard di layar yang baru, sehingga menghadirkan pengalaman berbasis sentuhan yang lebih berkesan. 

Share
×
tekid
back to top