sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Selasa, 22 Nov 2022 12:05 WIB

Ikuti jejak Bill Gates, ini 5 rekomendasi buku terbaik menurut pendiri Microsoft

Pendiri Microsoft Bill Gates membuat daftar lima buku terbaik menurutnya, yang ia rekomendasikan untuk orang-orang baca.

Ikuti jejak Bill Gates, ini 5 rekomendasi buku terbaik menurut pendiri Microsoft

Gemar membaca adalah kunci menjadi orang sukses, kalimat sakti itu pastinya pernah Sahabat Tek dengar di suatu tempat, suatu waktu. Ini bukan sekadar kalimat motivasi, kalimat itu benar adanya mengingat salah satu tokoh penting industri teknologi, Bill Gates yang merupakan pendiri sekaligus CEO Microsoft memiliki hobi membaca. 

Di laman blognya miliknya, Gates Notes, dia aktif membagikan judul-judul buku yang dibaca selama dua belas tahun terakhir. Tahun ini, Gates memutuskan untuk membuat daftar lima buku terbaik menurutnya, yang ia rekomendasikan untuk orang-orang baca.

Meski sudah serba digital dan ada begitu banyak cara untuk menggapai kesuksesan masing-masing, tidak ada salahnya membaca buku yang direkomendasikan pendiri Microsoft. Siapa tahu, lewat buku-buku ini kita juga bisa mengikuti jejak kesuksesan Gates.

Buku-buku yang direkomendasikan Bill Gates

1. Stranger in a Strange Land  (Robert Heilein)

Buku pertama dalam daftar adalah Stranger in a Strange Land oleh Robert Heinlein. Gates menggambarkan buku ini sebagai pengantar terbaik untuk sci-fi dewasa. Gates menjelaskan, novel ini mengisahkan seorang pemuda yang kembali ke Bumi setelah dibesarkan di Mars dan memulai agama baru.

“Paul Allen dan saya jatuh cinta pada Heinlein ketika kami masih kecil, dan buku ini masih menjadi salah satu novel fiksi ilmiah favorit Saya sepanjang masa," tulis Gates, dilansir dari Neowin (22/11). "Saya pikir fiksi ilmiah terbaik mendorong pemikiran Anda tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan, dan Heinlein berhasil memprediksi kebangkitan budaya hippie bertahun-tahun sebelum budaya itu muncul.”

2. Surrender (Bono)

Gates menggambarkan buku ini sebagai memoar terbaik oleh seorang bintang rock dan merupakan salah satu judul baru dalam daftar. Buku ini bercerita tentang perjalan hidup seorang bintang rock dari band U2, Paul David Hewson dengan nama panggung Bono.

“Jika Anda penggemar U2, ada kemungkinan Anda sudah berencana untuk mencobanya. Bahkan jika tidak, ini adalah bacaan yang sangat menyenangkan tentang bagaimana seorang anak laki-laki dari pinggiran kota Dublin tumbuh menjadi bintang rock dan dermawan terkenal di dunia. Saya cukup beruntung menyebut Bono sebagai teman, tetapi banyak cerita yang dia ceritakan di Surrender adalah hal baru bagi saya.”

3. Team of Rivals (Doris Kearns Goodwin)

Menurut Gates, buku ini sebagai panduan terbaik untuk memimpin sebuah negara. Dia mengatakan Team of Rivals sangat relevan untuk kondisi negara saat ini yang sedang menghadapi "pemberontakan dengan kekerasan, pertanyaan-pertanyaan sulit tentang ras, dan perpecahan ideologis yang mendalam. 

Meski tidak pernah membaca buku tentang Abraham Lincoln, namun buku Goodwin ini dapat menggantikannya. Dai menyebut Goodwin adalah salah satu penulis biografi terbaik Amerika, dan Team of Rivals bisa dibilang adalah mahakaryanya.

4. The Inner Game of Tennis (Robert Gallwey)

“Buku dari tahun 1974 ini harus dibaca oleh siapa saja yang bermain tenis, tetapi Saya pikir bahkan orang yang belum pernah bermain akan mendapatkan sesuatu darinya. Gallwey berpendapat bahwa keadaan pikiran Anda sama pentingnya—jika tidak lebih penting—daripada kebugaran fisik Anda," tulis Gates dalam blognya.

Nasihat yang disampaikan dalam buku ini tentang bagaimana bergerak secara konstruktif dari kesalahan, menurut Gates, sangat baik. Gates menggambarkan buku rekomendasi keempatnya ini tentang keluar dari cara sendiri.

5. Mendeleyev’s Dream (Paul Strathern)

Buku terakhir dalam daftar adalah buku terbaik tentang tabel periodik, menurut Gates. Mimpi Mendeleyev dijelaskan oleh Gates sebagai sejarah kimia yang dipenuhi dengan karakter-karakter unik seperti Dimitri Mendeleyev, ilmuwan Rusia yang pertama kali mengusulkan tabel periodik setelah datang kepadanya dalam mimpi. 

"Buku Strathern menelusuri sejarah itu sampai ke asal-usulnya di Yunani kuno. Ini adalah pandangan yang menarik tentang bagaimana sains berkembang dan bagaimana keingintahuan manusia telah berevolusi selama ribuan tahun.”

Share
×
tekid
back to top