sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Jumat, 12 Apr 2024 15:05 WIB

5 cara atasi ketergantungan teknologi di zaman modern

Semakin kita berkembang secara teknologi, beberapa orang khawatir bahwa kita tumbuh menjadi orang yang tidak memiliki kontrol diri dan impulsif.

5 cara atasi ketergantungan teknologi di zaman modern

Teknologi telah memberikan dampak yang luar biasa pada masyarakat dengan memfasilitasi berbagai kemudahan di berbagai bidang seperti transportasi, transaksi digital, dan pengembangan bisnis. Tak peduli usia, gender, etnis, atau status ekonomi, sebagian besar individu adalah pengguna smartphone. Dan kita menggunakannya di mana-mana, mulai dari meja makan hingga saat kita mengemudi. Inilah sebabnya kita merasakan kecemasan saat ponsel hilang, mati, atau bahkan tidak bisa dijangkau selama beberapa menit.

Namun, di balik kemajuan ini, ada sisi gelap yang perlu kita perhatikan. Semakin kita berkembang secara teknologi, beberapa orang khawatir bahwa kita tumbuh menjadi orang yang tidak memiliki kontrol diri dan impulsif. Hal ini karena kita dibiasakan oleh kecanggihan teknologi yang ada untuk memecahkan masalah dan menyelesaikan pekerjaan secara cepat dan instan. Itulah mengapa para ahli mulai mempertanyakan ketergantungan masyarakat pada teknologi.

Meskipun mengatasi masalah ini butuh proses panjang, ada cara bagi kita untuk mengurangi ketergantungan pada teknologi. Berikut adalah tips dan praktik efektif untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan kita dan dunia digital, seperti dirangkum dari Touro University.

1. Hindari mengirim pesan saat mengemudi: Mengirim pesan saat mengemudi dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Batasi penggunaan ponsel pintar kamu sebelum dan setelah mengemudi untuk keamanan semua pihak.

2. Jauhi perangkat seluler di kamar mandi: Istirahat kecil ini dapat membantu kamu menjauh dari layar. Selain itu, ini mencegah risiko ponsel jatuh ke toilet atau wastafel.

3. Pilih kertas daripada layar: Kembalilah ke cara konvensional. Buat daftar tugas menggunakan pena dan kertas, susun presentasi di papan tulis sebelum membuatnya digital, atau ambil catatan tangan saat rapat. Ini bukan hanya efisien, tetapi juga memberi istirahat pada mata kamu dari layar yang terang.

4. Jauhkan ponsel dari tempat tidur: Hindari membawa ponsel ke tempat tidur. Ini bukan hanya membantu mengurangi ketergantungan pada teknologi, tetapi juga dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Matikan ponsel sepenuhnya saat tidur.

5. Matikan ponsel saat bersama keluarga atau teman: Kebiasaan ini mungkin sulit untuk diubah, tetapi fokuslah pada orang-orang di sekitar kamu saat bersama secara langsung. Alihkan perhatian dari media sosial dan nikmati momen bersama teman-teman kamu.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kamu dapat mengurangi ketergantungan pada teknologi dan menjaga keseimbangan antara kehidupan offline dan onlinemu.

Tag
Share
×
tekid
back to top