sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
Sabtu, 06 Jul 2024 07:43 WIB

5 alat sandbox untuk analisis phishing di 2024

ANY.RUN menyederhanakan analisis phishing dan malware, memberikan hasil cepat dan akurat dalam waktu kurang dari 40 detik.

5 alat sandbox untuk analisis phishing di 2024

Serangan phishing terus menjadi ancaman utama di dunia maya, menargetkan individu dan organisasi dengan taktik yang semakin canggih. Untuk melawan ancaman ini, para analis keamanan siber kini memiliki berbagai alat sandbox yang dapat diandalkan untuk analisis phishing. Berikut lima alat sandbox teratas yang direkomendasikan Cyber Security News (6/7), untuk digunakan pada tahun 2024.

1. ANY.RUN

ANY.RUN menawarkan interaktivitas penuh dengan mesin virtual, memungkinkan analis untuk berinteraksi langsung dengan serangan phishing. Pengguna dapat mengklik tautan, mengunduh lampiran, dan menyelesaikan CAPTCHA dalam lingkungan aman.

Contoh kasus:

ANY.RUN memungkinkan pengguna untuk melacak serangan phishing yang dimulai dari tautan TikTok yang mengarah ke URL Google AMP, hingga ke halaman phishing akhir yang dihosting oleh Cloudflare IPFS. Alat ini menunjukkan bahwa data yang dimasukkan dikirim ke domain berbahaya melalui permintaan HTTP POST.

2. Integrasi RSPAMD

RSPAMD adalah sistem penyaringan spam yang memberikan skor pada setiap email yang dianalisis. Integrasi RSPAMD dalam ANY.RUN memungkinkan penilaian potensi ancaman phishing dan mempelajari elemen email secara detail.

Contoh kasus:

RSPAMD mendeteksi teks yang dienkode base64, bagian HTML pendek dengan tautan gambar, serta nama pengirim yang tidak dikenal, memberikan gambaran menyeluruh tentang ancaman yang ada.

3. Suricata Rule Engine

Suricata adalah sistem deteksi intrusi yang mengenali aktivitas phishing berdasarkan tanda tangan yang ada. Engine Suricata dalam ANY.RUN menampilkan aturan yang dipicu oleh aktivitas phishing dan memberikan detail mekanismenya.

Contoh kasus:

Suricata mendeteksi halaman autentikasi palsu yang meminta kredensial pengguna, serta memberikan informasi tentang IP sumber dan tujuan, dan protokol yang digunakan.

4. MITRE ATT&CK Matrix

MITRE ATT&CK Matrix adalah standar industri untuk mengkategorikan taktik, teknik, dan prosedur (TTPs) ancaman siber. ANY.RUN memetakan TTPs dari serangan phishing ke dalam framework ini, membantu analis memahami metode dan motivasi penyerang.

Contoh kasus:

ANY.RUN mendeteksi trojan akses jarak jauh (RAT) Remcos dalam lampiran phishing berbentuk arsip .zip, menunjukkan taktik dan teknik yang digunakan oleh ancaman tersebut.

5. Phishing Tag

Tag "phishing" dan "spam" memudahkan analis untuk mengidentifikasi dan mengategorikan potensi ancaman dengan cepat, terutama dalam menangani volume email yang besar.

Contoh kasus:

ANY.RUN menampilkan hasil analisis file .eml dengan tag "spam" dan "phishing," menunjukkan aktivitas berbahaya yang mempermudah pengambilan keputusan selanjutnya.

ANY.RUN menyederhanakan analisis phishing dan malware, memberikan hasil cepat dan akurat dalam waktu kurang dari 40 detik. Dengan fitur-fitur canggih seperti ruang tim pribadi, mesin virtual Windows, dan pengaturan lingkungan analisis lanjutan, ANY.RUN menjadi pilihan utama bagi analis keamanan siber untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja mereka.

Share
×
tekid
back to top