sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
Kamis, 30 Mei 2024 07:04 WIB

4 fitur Galaxy AI untuk mendukung produktivitas bisnis

20,56% pemuda di Indonesia kini bekerja dengan status berusaha, meningkat 1,08% dari tahun sebelumnya.

4 fitur Galaxy AI untuk mendukung produktivitas bisnis

Generasi Z kini memiliki lebih banyak cara untuk memaksimalkan produktivitas bisnis mereka berkat teknologi canggih yang ditawarkan oleh Samsung melalui Galaxy S24 Series. Salah satu yang menjadi andalan adalah fitur Galaxy AI, yang dirancang untuk memudahkan berbagai aspek operasional bisnis, termasuk pembuatan konten unik.

Berdasarkan siaran pers yang diterima redaksi tek.id (30/5), Rara Shamira, seorang pengusaha muda yang mengelola brand fashion @designbyomo, merasakan manfaat besar dari penggunaan Galaxy AI di Galaxy S24 Ultra.

“Galaxy AI membantu aku banget untuk jalanin bisnisku. Aku bisa melakukan banyak hal dalam waktu singkat, mulai dari mencari inspirasi fashion collection dengan fitur Circle to Search with Google, bikin foto yang menarik dengan Photo Assist, hingga berkomunikasi dengan partner di luar negeri dengan Live Translate dan Chat Assist. Semua menjadi lebih efisien dan mudah,” ujar Rara.

Menurut laporan ‘Statistik Pemuda Indonesia 2023’ dari Badan Pusat Statistik, sekitar 20,56% pemuda di Indonesia kini bekerja dengan status berusaha, meningkat 1,08% dari tahun sebelumnya. Melihat tren ini, Samsung berinovasi menghadirkan fitur-fitur canggih pada Galaxy AI di Galaxy S24 Series untuk mendukung kreativitas dan produktivitas para pengusaha muda.

Berikut ini empat fitur unggulan Galaxy AI yang dapat dioptimalkan untuk bisnis:

1. Circle to Search with Google dan Browsing Assist

Fitur ini memudahkan pengguna mencari inspirasi tren dan informasi terbaru hanya dengan melingkari produk yang menarik perhatian. Dari pengalaman Rara yang juga hobi traveling, Galaxy AI menurutnya memberikan kemudahan dalam menjaga produktivitas saat berada di luar ruangan.

Ia dapat dengan cepat melakukan riset sambil traveling, tanpa perlu repot membuka banyak aplikasi. Setelah mendapatkan informasi yang diperlukan melalui fitur Circle to Search with Google, Rara pun bisa mengakses informasi tersebut secara ringkas dengan merangkum artikel yang ditemukan di internet menggunakan Browsing Assist.

Fitur Browsing Assist memungkinkan kamu untuk merangkum artikel dengan cepat dan efisien. Hasil dari rangkuman tersebut nantinya bisa disalin dan disimpan menggunakan Note Assist agar menjadi sebuah catatan yang lebih rapi dan mudah dibaca ulang. Tidak hanya itu, Galaxy AI juga memudahkan Rara menerjemahkan artikel dari 15 bahasa asing ke Bahasa Indonesia dalam hitungan detik. 

2. Live Translate dan Transcript Assist

“Sebagai owner brand fashion, aku cukup sering berkomunikasi dengan desainer atau pemilik bisnis fashion dari luar negeri, seperti Korea, agar bisa tetap up to date fashion terbaru. Harus diakui bahwa fitur-fitur, seperti Live Translate atau Transcript Assist ini membantu banget buat berkomunikasi lintas bahasa,” jelas Rara.

Fitur Live Translate bisa menerjemahkan bahasa asing, baik secara langsung maupun lewat panggilan telepon. Kamu bisa mem-pairing fitur tersebut dengan Text Call untuk untuk menjawab panggilan telepon dengan text disaat sibuk dan lawan bicara tetap menerima dengan jelas dalam bentuk suara. Caranya mudah:

  • Klik "Call Assist" saat panggilan masuk
  • Pilih "Text Call" dari opsi
  • Mulailah mengetik pesan kamu, dan pesan akan diubah menjadi ucapan untuk pendengar

Selain itu, ada juga fitur Transcript Assist yang memungkinkan kamu merekam dan mentranskripsi, serta menerjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Fitur ini bisa melakukan transkripsi rekaman dengan durasi waktu rekaman di bawah tiga jam. Fitur ini bisa membantu para owner fashion brand yang ingin men dapat insight dari Youtube atau podcast dari berbagai negara dengan mudah karena bisa langsung di translate bahkan diberikan rangkuman langsung ke bahasa Indonesia. 

3. Photo Assist

Dengan bantuan fitur Photo Assist di Galaxy AI, kamu nggak hanya dapat mengikuti tren yang ada, tetapi juga menciptakan ide dan tren baru. Misalnya, kamu ingin membuat konten mix and match baju ala scrapbook. Kamu bisa memanfaatkan Generative Edit untuk menambah foto lain ke dalam foto kamu. Kamu bisa ikuti cara berikut:

  • Pilih foto model yang akan menjadi base fotonya
  • Klik logo , dan klik logo
  • Klik tanda “+” di pada pojok kanan atas layar
  • Pilih foto baju yang ingin di tempel
  • Lakukan hal yang sama untuk fashion item yang lain

Kamu juga bisa injecting tren seperti tren slow-motion menggunakan glambot dengan fitur AI Instant Slow-Mo. Ikuti cara berikut untuk mendapatkan video slow-motion seperti menggunakan glambot dalam hitungan detik:

  • Take video dengan cara mengayunkan device ke depan, dan klik zoom 2x ke arah wajah model
  • Klik hasil video, tap dan tahan layar saat video sedang diputar. Secara instan, video akan berubah menjadi slow-motion
  • Untuk membuatnya permanen, tap tombol , tap Adjust Speed, dan atur kecepatan yang diinginkan. Kamu juga bisa mengatur bagian mana yang ingin di konten slow-motion.
  • Apabila sudah puas, tap tombol Save
  • Fitur Instant Slow-Mo juga dilengkapi beberapa frame tambahan berdasarkan gerakan, sehingga momen dapat diperlambat dengan halus untuk hasil video yang tetap epic 

4. Chat Assist

Fitur ini memudahkan pembuatan caption menarik dan pertukaran pesan dalam berbagai bahasa. Dengan suggestion gaya penulisan dalam 16 bahasa, Chat Assist membantu membuat caption yang catchy dan komunikasi lintas bahasa yang efektif.

“Gen Z menginginkan kemudahan dan kepraktisan dalam hidupnya, termasuk dalam mengembangkan bisnis. Galaxy AI sebagai teknologi terbaru dari Samsung dapat mendukung mereka mengembangkan strategi bisnis di era digital,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Galaxy AI kini tersedia di perangkat Galaxy S23 Series, S23 FE, S22 Series, Z Flip5, Z Fold5, Z Flip4, Z Fold4, Tab S9 Series, dan Tab S8 Series. Informasi lebih lanjut mengenai Galaxy AI bisa dilihat di www.samsung.com/id.

Share
×
tekid
back to top