sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
Kamis, 28 Okt 2021 18:35 WIB

390 siswa SMK ikut pelatihan coding Samsung

Samsung Electronics Indonesia bersama Skilvul menghadirkan program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 2 – 2020/2021 untuk pelajar tingkat SMK.

390 siswa SMK ikut pelatihan coding Samsung

Samsung Electronics Indonesia bersama Skilvul menghadirkan program Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 2 – 2020/2021 untuk pelajar tingkat SMK. SIC sendiri merupakan program bagi generasi muda agar memiliki kemampuan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan. 

Risman Adnan, Direktur Samsung R&D Institute Indonesia (SRIN) berharap program SIC akan mendorong terciptanya generasi masa depan yang mampu berkompetisi di era Industri 4.0 dan juga terinspirasi untuk menjadi seorang software engineering.

“Program ini bertujuan meningkatkan keterampilan dan kapabilitas siswa SMK dari sekolah mitra dengan memberikan metode pembelajaran yang berfokus kepada kemampuan teknis (hard skill) dan membantu meningkatkan soft skill yang kuat,” kata Risman Adnan dalam konferensi virtual Samsung Innovation Campus (SIC), Kamis (28/10).

Pelatihan yang diberikan dalam program SIC Batch 2 – 2020/2021 meliputi Design Thinking, Web Design (UX), dasar-dasar pemrograman website seperti HTML, CSS, Javascript, serta kemudahan akses networking komunitas belajar lintas sekolah bersama para mentor yang ahli dibidangnya. Karenanya, metode ini sejalan dengan rumus pembelajaran 8+i Link and Match dari Kemendikbud, dalam mencetak lulusan SMK yang mampu menjawab tantangan industri melalui kemampuan khusus di bidang teknologi informasi dan perangkat lunak. 

Terdapat 27 orang guru sebagai penerima manfaat pertama dari materi SIC yang dilakukan melalui pelatihan intensif untuk meningkatkan standar pengetahuan guru serta memantapkan pedagogik, sehingga mampu mendampingi dan melanjutkan proses pembelajaran pemrograman serta product development secara mandiri bersama para siswa. 

Penyelenggaraan program SIC Batch 2 diikuti hingga 750 siswa. Dari jumlah tersebut, terpilih 396 siswa dari 13 SMK dari seluruh Indonesia yang dapat mengikuti tahap pelatihan awal dalam bidang product development, web design dan coding & web development

Setelah melalui rangkaian seleksi oleh juri, terpilih 5 tim terbaik yang terdiri dari 19 siswa yang berkompetisi dalam acara puncak yaitu SIC Project Competition 2021 dimana para peserta SMK menampilkan kreasi proyek mereka dalam pelaksanaan SIC. 

Untuk diketahui, Samsung Innovation Campus merupakan salah satu program pendidikan dari Samsung Electronics Indonesia di bawah payung program Samsung Indonesia Cerdas yang mendukung sektor pendidikan dalam mempersiapkan masyarakat digital. “Baik guru maupun peserta didik diharapkan dapat menjadi masyarakat digital yang dapat berperan aktif memajukan masa depan Indonesia,” ujar Risman menutup sambutannya. 

Berikut pemenang kompetisi SIC Project Competition 2021:

1. SMK Negeri 1 Geger Madiun dengan proyek yang berjudul  Study Tools, aplikasi untuk pembelajaran praktikum secara praktis yang menyediakan simulasi praktik dengan metode drag and drop.

2. SMK Negeri 1 Cimahi dengan proyek berjudul EyeRoom, sebuah aplikasi yang memfasilitasi lansia dan penyandang tunanetra untuk membedakan obat menggunakan teknologi pemindaian gambar dan transkrip suara.

3. SMK Negeri 1 Cimahi dengan proyek berjudul SmartGen, aplikasi layanan konsultasi untuk menjadi solusi dan membantu masalah kesehatan mental terutama pada usia remaja.



 

Tag
Share
×
tekid
back to top