32 hari lagi, satelit swasta Indonesia akan meluncur

Satelit Nusantara Satu, satelit swasta pertama Indonesia akan mengorbit menggunakan jasa SpaceX pada Februari 2019 mendatang.

32 hari lagi, satelit swasta Indonesia akan meluncur

Satelit Nusantara Satu (PSN VI) adalah satelit bikinan swasta pertama di Indonesia. Satelit ini merupakan jenis satelit komunikasi berbasis geo stasioner. Perusahaan yang membangun satelit ini bernama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN).

Pada 18 Februari 2019, bekerja sama dengan SpaceX, Satelit Nusantara akan meluncur ke orbit ekuator. Saat sukses nanti, satelit ini mampu melingkupi seluruh wilayah Indonesia dengan jaringan internet. Ia pun rencananya akan mengorbit selama lebih dari 15 tahun lamanya.


BACA JUGA

Laser akan gantikan sinyal radio untuk transfer informasi

Ada satelit kecil sedang menuju Mars

Satelit iklim NASA yang baru dilengkapi teknologi laser super presisi


Bedanya Satelit Nusantara Satu dengan satelit komunikasi lainnya ada pada teknologinya. Nusantara Satu mengusung teknologi High Throughput Satellite (HTS). Satelit ini mampu memanfaatkan frekuensi secara efisien dan kapasitas bandwidth satelit ini amat besar.

Awal mula pembangunan satelit swasta ini bermula sejak 2014 silam. PT Pasifik Satelit Nusantara memesan satelit PSN VI ke perusahaan manufaktur satelit komersial, SSL. Misi satelit ini adalah menyediakan layanan komunikasi di seluruh wilayah Asia Tenggara, termasuk High Throughput Satellite payload untuk Indonesia.

Saat itu, PSN VI yang kini bernama Satelit Nusantara, rencananya akan mengorbit di awal 2017. Kendati begitu, satelit tersebut urung diluncurkan hingga Februari 2019 mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: