sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Senin, 20 Des 2021 18:55 WIB

3 Cara kembalikan foto dari ponsel yang hilang

Jika ponsel kamu hilang, kamu tentu berharap data tersebut kembali. Ternyata, ada beberapa cara untuk mengembalikan file foto dan video dari ponsel yang hilang atau dicuri.

3 Cara kembalikan foto dari ponsel yang hilang

Kamu bisa saja membeli telepon baru jika kehilangan ponsel yang kamu miliki. Namun kini setiap orang menganggap ponsel sebagai perangkat paling berharga karena data yang tersimpan di dalamnya. Dan jika ponsel kamu hilang, kamu tentu berharap data tersebut kembali.

Ternyata, ada beberapa cara untuk mengembalikan file foto dan video dari ponsel yang hilang atau dicuri. Berikut ulasannya. 

1. Coba akses Google Photo dengan akun yang sama dari ponsel yang hilang

Google Photo menjadi harapan terbaik bagi kamu untuk mendapatkan kembali akses ke foto dan video lama dari ponsel yang hilang. Aplikasi ini memiliki fitur untuk secara otomatis mengunggah file media ke cloud secara default.

Ini berarti foto dan video kamu mungkin masih tersedia di akun Google. Caranya cukup mudah, hanya masuk dengan akun yang sama, dan foto kesayangan kamu akan tersedia. Namun, dalam beberapa kasus, Google Foto tidak menyinkronkan data kamu, jika: pabrikan ponsel menonaktifkan sinkronisasi otomatis, proses unggah hanya berjalan pada koneksi WiFi dan kamu tidak menggunakan WiFi, atau kamu sudah menonaktifkan sinkronisasi secara manual.

Jika demikian, data Google Photo kamu mungkin tidak lengkap atau tidak tersedia sama sekali. Sementara, bagi pengguna iPhone, bisa cek ke iCloud untuk mendapatkan foto dan video dari perangkat.

2. Coba pakai Dropbox

Selain Google Photo, beberapa aplikasi seperti Dropbox, OneDrive, atau Foto Amazon memiliki fitur upload otomatis ketika berada di jaringan WiFi. Jika kamu pernah menggunakan aplikasi ini, coba masuk lagi ke layanan tersebut dan lihat apakah foto-foto kamu masih tersedia.

Jika kamu pernah menggunakan salah satu atau beberapa aplikasi ini, coba akses akun kamu lagi. Mungkin kamu bisa menemukan foto dan video lama kamu yang hilang. Namun sayangnya, jika fitur sinkronisasi dinonaktifkan, kamu tidak akan menemukan apa pun.

3. Kirim pesan ke ponsel kamu yang hilang

Perlu diakui, cara ini sangat kecil kemungkinannya. Apalagi jika ponsel kamu hilang karena dicuri. Sebab, tentu saja tidak ada maling yang mau mengaku. Tetapi, ada sejumlah orang yang cukup beruntung bisa mendapatkan ponsel mereka kembali walau sempat berada di tangan pencuri. Hal ini terjadi pada seorang pria di Delhi, India yang mendapatkan kembali ponselnya melalui kurir usai meminta si pencuri untuk mengembalikannya.

Namun dalam situasi darurat seperti ini, segala cara harus dicoba. Kirimlah pesan entah itu SMS, WhatsApp, atau apapun yang bisa dibaca oleh orang yang menemukannya, lalu minta dia untuk mengembalikannya. Tidak ada salahnya pula untuk menjanjikan imbalan bagi siapapun yang mengembalikan ponsel kamu beserta data yang menyertainya.

Itulah cara agar kamu dapat mengembalikan foto atau bahkan ponsel kamu yang hilang. Tidak ada yang bisa menjamin jika metode yang disebutkan di atas ini akan berhasil, tetapi cara ini patut kamu coba. 

Share
×
tekid
back to top