sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
Rabu, 19 Sep 2018 10:51 WIB

2019 Jack Ma siap pensiun dari Alibaba

Pendiri Alibaba Jack Ma telah mengumumkan akan pensiun dari perusahaan. Kendati begitu, Ma masih akan menjadi Chairman Alibaba.

2019 Jack Ma siap pensiun dari  Alibaba
(Foto: CNBC)

Pendiri Alibaba Jack Ma telah mengumumkan akan pensiun dari perusahaan. Kendati begitu, Ma masih akan menjadi Chairman Alibaba selama 12 bulan mendatang, hingga 10 September 2019. Dia juga menegaskan bahwa keputusan itu bukan hal yang tiba-tiba, melainkan sudah direncanakan.

Awal tahun 2015 ketika Alibaba mengakuisisi saham Yahoo China, Jack Ma telah menyadari bahwa dirinya akan meninggalkan perusahaan suatu saat nanti. Ma mengenang hal itu dalam acara Alibaba bersama investor di Hangzhou.

"Alibaba bertujuan untuk berkiprah dalam bisnis selama 102 tahun, tetapi tidak ada yang akan mampu menjadi CEO selama itu. Oleh karenanya perusahaan membutuhkan sistem warisan, tim yang kuat, model untuk menjalankan bisnis," kata Ma.

"Ini bukan keputusan yang tiba-tiba, tetapi keputusan yang disengaja yang telah saya persiapkan selama 10 tahun," ujarnya.

Dalam acara yang sama, Ma juga membantah rumor yang menyebut dirinya mengundurkan diri karena masalah kesehatan atau tekanan dari pemerintah. Jack Ma merupakan salah satu dari dua raksasa teknologi China yang bersaing ketat dengan Tencent. 

Orang terkaya Asia itu mengatakan akan menyerahkan kuasanya sebagai Chairman kepada Daniel Zhang, yang kini menjabat sebagai CEO Alibaba. Zhang dipromosikan menjadi Chairman Alibaba pada 10 September lalu, tepat pada perayaan ulang tahunnya yang ke-54. 

Setelah resmi pensiun pada 2019, Ma akan tetap menjadi mitra di Alibaba dan penjaga budaya Alibaba. Lebih lanjut Jack Ma akan mengabdikan dirinya untuk pendidikan, kesejahteraan publik dan bisnis lainnya. Menurutnya, orang perlu belajar melepaskan jika mereka benar-benar mencintai perusahaan.

"Saya tahu tidak mudah untuk menjalankan perusahaan seperti Alibaba, dan saya 100 persen yakin Zhang Yong akan melakukan yang lebih baik dibanding saya. Banyak pendiri perusahaan tidak berani meninggalkan perusahaan, tetapi saya bisa pamit dengan mudah karena saya tahu pengganti saya akan bertindak lebih baik dari saya," kata Jack Ma.

Share
×
tekid
back to top