sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id benq
Kamis, 07 Jan 2021 13:14 WIB

10 prediksi tren teknologi di 2021 versi Alibaba

Alibaba DAMO Academy telah merilis prakiraan tren teknologi terbaru yang berpotensi membentuk industri teknologi di tahun 2021.

10 prediksi tren teknologi di 2021 versi Alibaba
Source: Unsplash

Alibaba DAMO Academy, inisiatif riset global yang diprakarsai oleh Alibaba Group, telah merilis prakiraan tren teknologi terbaru yang berpotensi membentuk industri teknologi di tahun 2021. Mulai dari penggunaan material semikonduktor generasi ketiga, R&D obat dan vaksin yang digerakkan oleh AI, hingga optimasi otomatis pada sistem manajemen data dan pertanian berbasis inteligensi data, terobosan teknologi diharapkan dapat mempercepat dan memberi dampak ekonomi untuk semua sektor dan masyarakat secara menyeluruh.

  • Semikonduktor generasi ketiga

Tren pertama adalah penggunaan bahan semikonduktor generasi ketiga, diwakili oleh GaN dan SiC, akan berkembang ke industri baru. Pasalnya untuk waktu yang lama, penggunaan bahan-bahan ini hanya terbatas pada cakupan bidang yang sempit karena metode pemrosesannya yang kompleks dan biayanya yang tinggi. 

Dalam beberapa tahun terakhir, terobosan dalam pertumbuhan material dan fabrikasi perangkat telah membantu mengurangi biaya material semikonduktor generasi ketiga, sehingga memungkinkan penerapan yang lebih luas. Misalnya, perangkat berbasis SiC digunakan untuk inverter mobil dan pengisi daya cepat berbasis GaN muncul di pasaran. Dalam lima tahun ke depan, dunia akan menyaksikan bahan semikonduktor generasi ketiga bermunculan di berbagai bidang seperti stasiun pangkalan 5G, kendaraan yang menggunakan energi baru, pembangkit listrik tegangan ultra tinggi, dan pusat data.

  • Koreksi kesalahan kuantum

Tren kedua adalah koreksi kesalahan kuantum dan utilitas praktis komputasi kuantum akan menjadi prioritas utama pada era "pasca-supremasi-kuantum". Diketahui misi di era "pasca-supremasi-kuantum" harus diselaraskan di seluruh industri: untuk mengatasi masalah ilmiah dan teknik kritis melalui inovasi kolaboratif; dan untuk membuka jalan bagi koreksi kesalahan kuantum dan utilitas praktis, dua tonggak penting dalam komputasi kuantum.

  • Pengembangan bahan karbon

Kemudian tren ketiga adalah terobosan pada bahan berbasis karbon akan mendorong perkembangan alat elektronik fleksibel. Dalam beberapa tahun terakhir ini, perkembangan inovatif pada bahan berbasis karbon telah memungkinkan elektronik fleksibel melampaui kemampuan mereka sebelumnya. Misalnya, tabung nano karbon sekarang digunakan untuk menghasilkan sirkuit terintegrasi skala besar yang memberikan kinerja lebih baik daripada sirkuit berbasis silikon dengan ukuran yang sama. Graphene, bahan berbasis karbon yang cocok untuk elektronik fleksibel, juga mulai diproduksi dalam skala besar.

  • Artificial Intelligence (AI)

Tren keempat adalah teknologi AI mempercepat R&D obat-obatan dan vaksin, yang sebelumnya sangat memakan waktu dan mahal. Penggolongan senyawa, pengumpulan model penyakit, identifikasi target, penemuan senyawa penuntun, dan optimasi obat penuntun adalah beberapa area di mana teknologi ini unggul. Integrasi ini akan mengurangi pekerjaan yang berulang dan meningkatkan efisiensi R&D. Manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat luas di mana mereka dapat menikmati perawatan medis dan obat-obatan yang lebih baik dengan lebih cepat.

  • Brain-computer interface

Selanjutnya tren kelima adalah teknologi brain-computer interface (antarmuka otak-komputer) memungkinkan kita melampaui batas tubuh manusia. Diperkirakan di masa depan, teknologi antarmuka otak-komputer akan membantu mengendalikan tangan robot secara lebih baik dan membantu pasien yang sepenuhnya sadar tetapi tidak dapat berbicara atau bergerak untuk mengatasi keterbatasan fisik mereka.

    Share
    ×
    tekid
    back to top