sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
Senin, 19 Okt 2020 10:46 WIB

10 cara agar smartphone Android kembali seperti baru

Dari sekadar mengubah wallpaper hingga memasang aplikasi launcher yang berbeda dari sebelumnya, praktik ini akan membantu Anda seolah mendapatkan smartphone baru.

10 cara agar smartphone Android kembali seperti baru
Source: Unsplash

Salah satu keunggulan ketika memakai Android adalah Anda dapat mengubah segala sesuatu dalam ponsel sesuai dengan keinginan Anda. Hal itu dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempercantik visualisasi tampilan smartphone.

Dari sekadar mengubah wallpaper hingga memasang aplikasi launcher yang berbeda dari sebelumnya, praktik ini akan membantu Anda seolah mendapatkan smartphone baru tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Berikut Tek.id rangkum 10 cara agar Android kembali seperti baru. 

#1 Ganti wallpaper

Setiap saat Anda pasti akan melihat wallpaper yang sama dan mungkin membosankan. Oleh karena itu, ini waktu yang tepat untuk mengganti wallpaper sesuai keinginan Anda. Saat Anda memilih gambar, Anda memiliki opsi untuk mengaturnya sebagai wallpaper untuk layar beranda, layar kunci, atau keduanya.

Dan, tentu saja dapat membuat gambar Anda sendiri jika mau, atau lihat situs free pic seperti Unsplash dan Wallhaven untuk memilih wallpaper.

#2 Bereksperimen dengan widgets

Widget tidak hanya dapat membuat beranda smartphone Anda terlihat lebih menarik, tetapi juga fitur tersebut dapat sangat berguna untuk hal lain. Misalnya widget kalender yang menampilkan jadwal Anda yang akan datang atau widget pemutar media dengan kontrol pemutaran. Dan, widget tersebut membuat Anda tidak perlu memakan waktu untuk membuka aplikasi terkait satu per satu.

#3 Atur ulang layar beranda

Android memberi Anda banyak fleksibilitas untuk mengatur app icons, web shortcut, dan widget di layar beranda. Dengan mengatur kembali layar beranda Anda, hal itu akan mempermudah untuk mengakses berbagai aplikasi atau sebagainya, langsung di layar utama. 

Anda dapat menyimpan shortcut di kiri layar misalnya, atau di dekat bagian bawah (yang jauh lebih mudah diakses, jika Anda menggunakan ponsel dengan layar besar).

#4 Tukar aplikasi default

Android memungkinkan Anda memilih aplikasi default untuk hal-hal penting seperti membuka tautan email, halaman web, dan file media. Jadi jika Anda lebih suka aplikasi email, browser web, atau pemutar media yang bukan dipilih Android untuk Anda, Anda dapat beralih dengan sangat mudah untuk mengatur ulang.

#5 Bereksperimen dengan nada dering

Agar dapat memaksimalkan pembaruan dalam ponsel Anda, akan lebih baik jika Anda melakukan customize pada nada dering di ponsel Anda. Anda juga boleh menyesuiakannya dengan nada dering sesuai keinginan agar lebih variatif.

#6 Bereksperimen dengan tema Android

Untuk lebih mempercantik dan memaksimalkan Android Anda, akan lebih menarik jika mengatur ulang tema pada ponsel Anda agar lebih cantik serta sesuai dengan keinginan. Temanya dapat diperoleh melalui berbagai aplikasi yang disediakan OEM terkait, atau custom dari Google. 

#7 Ubah menjadi dark mode

Android kini menyediakan fitur dark mode yang Anda dapat gunakan. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan dark mode secara manual jika Anda mau, atau menjadwalkannya untuk diaktifkan dan dinonaktifkan pada waktu-waktu tertentu di siang atau malam hari. 

#8 Rooting ponsel Android

Pilihan ini bisa digunakan untuk melakukan back up aplikasi serta segala sistem yang ada di Android. Namun, terdapat beberapa resiko saat menjalankannya. Jadi pertimbangkan pro dan kontra dari rooting ponsel Anda sebelum memutuskan untuk melakukannya.

#9 Unduh launcher baru

Aplikasi launcher ini bertanggung jawab atas tampilan layar utama serta beberapa ikon aplikasi Android. Aplikasi ini memberikan perombakan visual yang lengkap pada Android, dan membuka sejumlah besar opsi penyesuaian baru untuk Anda coba. 

#10 Terapkan icon pack

Menerapkan icon pack setelah Anda mengunduh aplikasi launcher akan membantu merombak visual yang menarik. Sebab, beberapa icon apps dalam Android akan berubah sesuai tema yang diterapkan. 

Share
×
tekid
back to top