sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
Jumat, 15 Apr 2022 11:17 WIB

Xiaomi 12 Pro, flagship paling worth awal 2022

Dilengkapi dengan tiga kamera 50MP dengan harga mulai dari Rp9,9 juta, Xiaomi 12 Pro menjadi salah satu smartphone flagship paling worth di awal tahun 2022.

Xiaomi 12 Pro, flagship paling worth awal 2022

Bagi kalian yang sedang mencari sebuah smartphone flagship terjangkau, namun memiliki fitur yang sangat banyak dan memiliki kamera kece, kalian harus intip ulasan kali ini. Soalnya, smartphone yang akan kami bahas kali ini memiliki semua yang kalian inginkan.

Smartphone yang akan kami bahas adalah Xiaomi 12 Pro, yang diluncurkan pekan lalu. Seperti diketahui, perangkat yang satu ini memang memiliki banyak hal untuk dibahas. Dan kami akan bahas satu per satu.

Desain Ciamik

Desain dari Xiaomi 12 Pro ini bisa dibilang cukup berbeda dengan flagship lain di pasaran. Jika flagship lain memiliki desain yang condong lebih mengotak, Xiaomi 12 Pro hadir dengan desain yang lebih membulat.

Bentuknya sendiri bisa dibilang mirip dengan Xiaomi 10 dan Xiaomi 11 yang telah hadir sebelumnya. yang membedakan adalah desain housing kamera belakangnya saja. Dan menurut kami, desain housing kamera Xiaomi 12 Pro cukup menarik.

Smartphone ini juga hadir dengan layar dan body belakang curved. Hal ini membuat smartphone ini terasa lebih ramping dan nyaman saat dipegang. Material bagian belakangnya pun kami rasa sangat premium dan lembut ditangan.

Finishing warna yang dipilih oleh Xiaomi pada smartphone flagship mereka kali ini pun sangat kekinian. Mereka menggunakan warna-warna soft, yang memang sedang digandrungi. Dan untuk warna, mereka memiliki tiga warna, yakni Grey, Blue, dan Purple.

Untuk ukurannya sendiri, smartphone ini memiliki lebar 74,6mm, tinggi 163,6mm, dan ketebalan 8,16mm saja. Jika kalian memiliki tangan yang besar seperti saya, kalian dapat dengan mudah menggenggam perangkat ini dengan satu tangan saja.

Layar Mengesankan, Suara Menggelegar

Beralih ke bagian layar, Xiaomi 12 Pro hadir dengan layar sebesar 6,73 inci. Panelnya menggunakan LTPO AMOLED, hadir dengan refresh rate 120Hz, kecerahan maksimal 1500 nits, dukungan HDR10+, serta Dolby Vision.

Pengalaman kami dalam menggunakan smartphone ini untuk menyaksikan film pun sangat mengesankan. Warna yang dapat dihasilkan sangat baik dikarenakan fitur HDR10+ dan Dolby Vision.

Xiaomi juga mengklaim bahwa layar mereka sudah menggunakan panel E5 AMOLED, yang disebut memiliki efisiensi daya yang sangat baik. Jadi bukan hanya enak dipandang, namun juga memiliki efisiensi daya yang baik.

Fitur penghematan daya lain yang ada di perangkat ini adalah hadirnya AdaptiveSync Pro. Mereka mengatakan bahwa panel ini dapat mengatur refresh rate mulai dari 1Hz hingga 120Hz sesuai dengan aplikasi yang dijalankan.

Dan berbicara soal multimedia, smartphone yang satu ini juga hadir dengan suara yang sangat bagus. Xiaomi menanamkan total empat speaker di Xiaomi 12 Pro ini. Lubang speakernya terletak di samping atas dan bawah perangkat, dengan masing-masing memiliki sepasang tweeter dan woofer.

Suaranya sangat enak didengar dan dapat menghantarkan detail yang sangat baik. Suara bass terasa cukup menendang tapi tidak terlalu overpowering. Dan suara vokal saat menonton film juga sangat jelas. Selain itu, meski kami pasang di volume 90 persen, suaranya tak pecah. Jadi, Xiaomi 12 Pro ini sangat cocok untuk kalian pencinta film.

Kamera Terbaik di Kelasnya

Beralih ke kamera, Xiaomi melakukan sebuah hal yang cukup berani di Xiaomi 12 Pro ini. Soalnya, mereka menyematkan total tiga kamera yang masing-masing menggunakan sensor 50MP. Ya, ini merupakan sebuah hal yang cukup menarik untuk dibahas secara detail.

Ketiga kamera ini memiliki tiga fungsi yang berbeda. Kamera utamanya hadir dengan sensor Sony IMX 707 yang memiliki ukuran sensor 1,1.28 inci, dimana lebih besar dari sensor yang dimiliki oleh pesaingnya. Selain itu, terdapat juga OIS di kamera yang satu ini.

Sedangkan kamera kedua dirancang sebagai kamera telephoto dengan 2x optical zoom dan 20x digital zoom. Sementara kamera ketiga merupakan kamera ultrawide. Kedua kamera ini menggunakan sensor Samsung JN1, yang merupakan standar saat ini.

Dan untuk hasil fotonya sendiri, Xiaomi 12 Pro dapat menghasilkan gambar yang sangat baik. Dalam pencahayaan yang baik, hasil fotonya memiliki warna yang cukup natural. Kamera ini dapat menangkap detail yang sangat baik.

AI nya-pun dapat mendeteksi benda dengan sangat cepat sehingga dapat menghasilkan foto yang terbaik di segala kondisi. Selain itu, sensor kamera ini dapat menangkap gambar dengan cepat sehingga dapat menghasilkan gambar yang baik meski objek yang ingin kita foto bergerak. Hal ini berlaku untuk ketiga jenis kamera yang ada.

Sedangkan untuk hasil gambar dengan keadan cahaya yang kurang baik, hasilnya tetap memuaskan. Tidak terdapat terlalu banyak noise di foto yang kami ambil, sembari masih memiliki detail gambar yang sangat baik.

Dan pada saat kami coba mengambil gambar dalam keadaan gelap gulita, hasil fotonya sangat mengejutkan. Xiaomi 12 Pro dapat menghasilkan gambar yang terang, meski dalam keadaan yang benar-benar gelap.

Hasil foto dengan mode portrait juga sangat mengagumkan. Perangkat ini dapat memisahkan objek foto dengan background dengan cukup baik. Bagian objek memiliki detail yang sangat baik. di bagian pinggiran objek pun masih terlihat jelas, dan minim adanya kebocoran blur.

Beralih ke kamera depan, Xiaomi menggunakan kamera beresolusi 32MP dimana dapat mengambil detail yang cukup baik. Hasil foto dari kamera ini sangat tajam, dan dapat dengan mudah mengambil detail di bagian muka.

Hasil portrait yang dihasilkan juga sangat rapi, membuat saya lupa menggunakan kamera depan untuk mengambil gambar ini. Dan hasil kamera depan pada saat pencahayaan kurang baik juga masih sangat jelas dengan noise yang tidak terlalu banyak.

Sementara untuk video, kamera belakangnya dapat merekam video di 8K 24fps, 4K 30 atau 60 fps dengan dukungan HDR10+, 1080p di 30,120,240,serta 960fps, dan di 720p 1920fps. Hasil videonya juga cukup stabil dan detail yang diambil sangat baik.

    Share
    ×
    tekid
    back to top