Review Asus Zenfone 5Q

Smartphone dengan empat kamera untuk apa?

Asus Zenfone 5Q punya empat kamera dengan konfigurasi dua di depan dan dua di belakang untuk hasil foto maksimal

Smartphone dengan empat kamera untuk apa?

Zenfone 5Q memiliki posisi di bawah Zenfone 5. Sebagai informasi, Zenfone 5Q juga disebut dengan Zenfone 5 Lite. Saya berasumsi penamaan Zenfone 5Q berasal dari penggunaan empat kamera (quad) pada smartphone terbaru milik Asus tersebut.

Desain

Meski memiliki posisi kasta di bawah Zenfone 5, Asus tetap menghadirkan Zenfone 5Q dengan desain yang enak dilihat seperti bagian depan dan belakang yang dilapisi kaca serta form factor 2,5D. Pada bagian tepi, ada frame alumunium yang mengelilingi tepian sisi smartphone ini. Tidak lupa pula keempat sudut yang melengkung sehingga tidak ada sudut tajam pada Zenfone 5Q.

Pada bagian belakang, ada konfigurasi dual camera berorientasi vertikal dengan lampu flash tipe LED di samping sebelah kiri kamera. tentu saja Asus juga menghadirkan sensor sidik jari yang berada tepat di bawah kamera belakang. Secara estetika, penggunaan bahan kaca pada bagian belakang memang menjadikannya terlihat bagus. Sayangnya, material tersebut menyebabkan banyak noda sidik jari yang dapat mengurangi nilai estetika. Untungnya di paket penjualan Asus menyediakan soft case untuk melindungi bodi Zenfone 5Q.

Tidak ada lagi tombol fisik kecuali tombol volume dan tombol daya yang keduanya terletak di sisi kanan. Namun alangkah baiknya jika kedua tombol tersebut berada di sisi berbeda agar pengguna dapat lebih mudah mengakses tombol volume tanpa tertukar tombol daya saat smartphone di dalam kantung atau tas.

Port jack audio 3,5 mm dan port Micro USB untuk mengisi ulang baterai (atau bisa juga untuk transfer data) keduanya masing-masing terletak di sisi bagian atas dan bawah. Khusus port Micro USB, ia diapit dengan semacam kisi-kisi. Awalnya saya mengira kedua kisi-kisi tersebut adalah untuk letak speaker agar menghadirkan efek stereo ketika mendengarkan musik. Ternyata eh ternyata, speaker hanya terletak di dalam kisi-kisi sebelah kanan dan kisi-kisi yang lainnya adalah rumah untuk mikrofon. Artinya, tidak ada efek stereo ketika saya mendengar lagu kegemaran saya (meski bukan lagu kegemaran saya, suaranya tetap tidak stereo kok).

Menyinggung soal speaker, suara yang dihasilkan cukup lantang. Tetapi kualitas suara yang dihasilkan sebaiknya harus lebih baik lagi. Speaker bawaan milik Zenfone 5 sebagian besar menyalurkan suara yang didominasi frekuensi menengah. Jika merasa kekuatan suaranya belum cukup keras, Anda dapat mengaktifkan fungsi Outdoor Mode yang muncul ketika tombol volume diakses. Perlu diingat bahwa ketika Outdoor Mode diaktifkan, suara akan terdengar terdistorsi atau dengan kata lainĀ agak cempreng.

Dari sisi visual, panel layar yang digunakan adalah LCD berteknologi IPS dengan resolusi 1080 x 2160 piksel atau Full HD+. Rentang layar panel tersebut berukuran 6 inci, namun Anda yang memiliki telapak tangan yang relatif kecil jangan khawatir jika smartphone akan terasa terlalu besar. Pasalnya, seperti smartphone kekinian lain, Zenfone 5Q mengusung aspect ratio memanjang alias 18:9.

Bezel bagian bawah layar Zenfone 5Q agak lebih tebal dibandingkan dengan Zenfone 5. Meski demikian, bezel Zenfone 5Q tetap terlihat minim. Pada bagian atas, Anda tidak akan melihat notch seperti Zenfone 5. Pada bezel atas, Anda akan melihat lampu flash LED dan earpiece serta kamera ganda.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: