sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
Selasa, 20 Apr 2021 13:36 WIB

Sharp Aquos Sense4 Plus, asyik buat ngegame

Disebut Sharp Aquos Sense4 Plus, smartphone ini ditenagai dengan chipset khusus gaming, Snapdragon 720G.

Sharp Aquos Sense4 Plus, asyik buat ngegame

Sharp kembali menghadirkan smartphone baru di 2021. Disebut Sharp Aquos Sense4 Plus, smartphone ini ditenagai dengan chipset khusus gaming, Snapdragon 720G. Ini menjadi salah satu spesifikasi yang menarik mengingat berbagai smartphone kini dirancang untuk mendukung aktivitas bermain game

Selain Snapdragon 720G, berikut spesifikasi dan ulasan Sharp Aquos Sense4 Plus versi Tek.id.

Desain

Sharp Aquos Sense4 Plus mengemas desain yang kekinian dengan lubang di layar (punch hole) untuk mengakomodir kamera selfie. Ini membuat layar smartphone nyaman dipandang dengan leluasa. Hanya saja, bezelnya agak tebal di setiap sisi layar sehingga berpengaruh pula pada bodi smartphone yang lebih lebar. Kendati demikian, tampilannya tetap luas berkat ukuran layar 6,7 inci. 

Sharp membekali smartphone ini dengan panel LCD yang mendukung resolusi Full HD+. Tak hanya itu, layar Sharp Aquos Sense4 Plus juga sudah didukung refresh rate 90 Hz dan Touch Sampling Rate 120 Hz sehingga memungkinkan navigasi ponsel dengan sangat nyaman, cepat dan lancar. 

Case belakangnya tak begitu neko-neko, hanya dihiasi gradien warna hitam dan abu kebiruan yang akan terlihat ketika diterpa cahaya. Konsep ini menurut saya justru menghasilkan kesan yang elegan. Selain itu, terdapat penulisan merek Sharp dan Aquos secara terpisah. Housing kameranya sendiri dirancang menonjol dalam bentuk persegi, mengakomodir empat kamera. Namun karena didesain berwarna hitam, serupa dengan warna casing-nya, housing kamera Sharp Aquos Sense4 Plus tak begitu mencolok. 

Turut menghiasi casing belakangnya, Sharp Aquos Sense4 Plus juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari dan lampu LED flash yang terpisah dari housing kamera. 

Penempatan tombolnya dipusatkan sejajar di lokasi yang sama, yakni di kanan ponsel. Terdapat tombol volume, tombol power serta tombol khusus Google Assistant. Namun karena tombol power serta tombol khusus Google Assistant terasa mirip, saya kerap kali salah saat mengoperasikannya tanpa melihat tombol terlebih dulu. Secara fisik, bentuk tombolnya memang berbeda, namun karena belum terbiasa dengan adanya tombol khusus di kanan ponsel, kendala itu kerap terjadi.

Performa

Sebagaimana disebut di atas, performa Sharp Aquos Sense4 didukung oleh chipset gaming Snapdragon 720G. Chipset ini memang dirancang untuk mendukung aktivitas bermain game mobile, sehingga aktivitas ringan lain seperti untuk berkomunikasi atau sekedar berselancar di internet dapat diakomodir dengan sangat baik.

Karena dukungan chipset tersebut, saya mengutamakan pengujian performa dengan bermain game berat menggunakan Sharp Aquos Sense4. Sebagai informasi, game yang saya gunakan adalah PUBG Mobile. Gim ini tergolong berat karena dukungan kualitas grafisnya yang tinggi. 

Pengaturan tertinggi PUBG Mobile yang didukung oleh Sharp Aquos Sense4 adalah HD-High. Bermain selama 30 menit menggunakan pengaturan tersebut, tak ada gejala lagging yang terasa sama sekali. Suhunya juga terbilang normal tanpa ada peningkatan selama permainan berlangsung. 

Yang tak kalah menarik, fitur gyroscope-nya dapat dijalankan dengan baik, sehingga membuat aktivitas bermain gim PUBG Mobile semakin nyaman. Sebab, lancarnya fitur ini turut membantu mengoptimalkan performa saya dalam membidik dan mengalahkan lawan dalam permainan. 

Sebagai catatan, baterai Sharp Aquos Sense4 terkuras sekitar 10% saat memainkan gim PUBG Mobile selama 30 menit. Secara umum, performa Sharp Aquos Sense4 memang dapat diandalkan untuk memainkan gim mobile yang berat sekalipun. 

Mengingat dukungan touch sampling rate-nya yang mencapai 120 Hz, saya juga menggunakan Sharp Aquos Sense4 untuk bermain gim yang mengutamakan sentuhan jari pada layar. Gim yang saya gunakan yaitu Magic Tiles 3. 

Meski bukan gim yang tergolong berat, Magic Tiles 3 menuntut sentuhan jari yang cepat untuk menekan setiap tuts. Bahkan gim ini juga seringkali mengharuskan pemain untuk menekan tuts ganda dalam waktu yang cepat.

Berkat dukungan touch sampling rate Sharp Aquos Sense4 yang mencapai 120 Hz, permainan dapat dijalankan dengan sangat nyaman meski hanya menyentuh layar dengan “ringan”. Dukungan ini juga membuat saya memiliki peluang menang yang lebih besar. Tentu saja, dukungan ini juga dapat membuat permainan lain lebih nyaman dijalankan terutama dengan kombinasi dukungan refresh rate layar Sharp Aquos Sense4 yang mencapai 90 Hz. 

Antarmukanya sendiri menggunakan Android Stock sebagaimana smartphone Sharp sebelumnya yang diluncurkan di Indonesia. Pengaturan default-nya tampil dengan tombol navigasi yang mengandalkan efek gesture. Jika Sahabat Tek tidak terbiasa dengan navigasi gesture, Sharp menyediakan opsi lain yaitu tombol navigasi virtual yang terdiri dari tiga tombol sebagaimana smartphone Android lainnya. 

Sharp Aquos Sense4 juga menyediakan aplikasi Aquos Useful yang akan membantu memberikan panduan dalam menjalankan berbagai fitur. Misalnya untuk mengaktifkan pengaturan yang dapat mengoptimalkan performa ponsel untuk bermain gim hingga mengatur pencahayaan layar agar nyaman dilihat saat luar ruangan. 

Sementara itu Sharp Aquos Sense4 didukung dengan baterai berkapasitas 4120 mAh. Kapasitas ini terbilang cukup untuk mengakomodir aktivitas Sahabat Tek hampir seharian, khususnya untuk aktivitas reguler. Sayangnya pengisian ulang baterainya memang cukup lama, mencapai sekitar tiga jam dengan menggunakan charger bawaan.

Fitur pendukung performa lainnya yaitu hadirnya sertifikasi IPX 5/8 serta IP6X, sehingga membuat smartphone ini tahan dari air serta debu. Perusahaan mengklaim, Sharp Aquos Sense4 Plus merupakan smartphone pertama di kelasnya yang memiliki dukungan tersebut. Dengan begitu, Sahabat Tek tetap dapat mengoperasikan Sharp Aquos Sense4 saat hujan misalnya, tanpa khawatir. 

Sharp juga melengkapi Aquos Sense4 dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass 6. Selain melindungi layar, dukungan ini juga membuat layar smartphone nyaman dioperasikan. 

Kamera...

    Share
    ×
    img
    ×
    tekid
    back to top