sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
Senin, 07 Sep 2020 21:37 WIB

Samsung Galaxy Tab S7, nyaman buat nonton film dan bekerja

Dibanderol seharga Rp12.999.000, Galaxy Tab S7 bisa digunakan untuk bekerja dan sangat nyaman untuk menonton film.

Samsung Galaxy Tab S7, nyaman buat nonton film dan bekerja

Belum lama ini, Samsung telah merilis seri tablet terbaru yang disebut Galaxy Tab S7 dan Galaxy Tab S7+. Nah kali ini, Tek.id berkesempatan untuk mencoba perangkat Galaxy Tab S7 selama satu minggu lamanya. Bagaimana performa tablet terbaru Samsung ini? Fitur baru apa saja yang hadir di Galaxy Tab S7 ini? 

Pertama kali melihat Galaxy Tab S7, desain perangkat ini terlihat begitu mewah dengan varian warna Mystic Silver. Kemudian ketika digenggam, tablet ini juga terasa sangat tipis dan cukup ringan. Bagaimana tidak, tablet ini memiliki bobot 500 gram dan berdimensi 165,3 x 253,8 x 6,3mm.

Tablet ini juga memiliki tempat khusus untuk menempatkan S-Pen di bodi belakang, tepat di bawah kamera ganda belakangnya. Berbicara layar, Galaxy Tab S7 ini juga hadir dengan layar 11 inci LTPS LCD yang telah mendukung aspek rasio 16:10. Diketahui layar  LTPS (LCD Low-Temperature PolySilicon) ini membantu memberikan kepadatan piksel yang lebih besar dengan konsumsi daya yang rendah, dibandingkan layar LCD standar. 

Ini adalah Samsung Galaxy Tab S7

Menurut saya, layarnya terasa sangat lega dan mampu menampilkan warna yang nyaman untuk mata. Jadi saya sangat menikmati keapikan layar Galaxy Tab S7 ini untuk menonton film atau bermain gim. Terlebih lagi, tablet ini juga dilengkapi dengan empat speaker dari AKG dan memiliki fitur Dolby Atmos yang menampilkan suara jernih dan efek surround.

Beralih ke performa, Galaxy Tab S7 hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865 Plus. Chipset ini juga dikolaborasikan dengan RAM 6GB dan memori internal 128GB. Kapasitas penyimpanan ini juga dapat diperluas hingga 1TB menggunakan kartu microSD. Jadi Galaxy Tab S7 ini terasa sangat lancar untuk digunakan dalam berbagai kegiatan. Termasuk menonton film, bermain media sosial, mengetik berita, bermain gim tanpa lag, dan lainnya. 

Galaxy Tab S7 turut dibekali baterai berkapasitas 8.000 mAh, yang mendukung superfast charging 45W melalui port USB-C. Selama saya menggunakan tablet ini, saya hanya membutuhkan sekali pengisian daya dalam sehari. Tentunya tablet ini saya gunakan untuk berbagai kegiatan, mulai dari menonton film di Netflix, bermain gim, bermain media sosial, hingga mengetik artikel. 

Jadi baterai tablet ini terbilang cukup awet, meski digunakan untuk banyak hal. Terlebih lagi, saya juga tidak memerlukan waktu yang lama dalam pengisian daya hingga penuh. Saya turut menguji performa tablet ini menggunakan beragam aplikasi benchmark, termasuk Geekbench 5, 3DMark, dan PCMark. 

Ini adalah hasil pengujian Galaxy Tab S7 menggunakan Geekbench 5

Pada aplikasi Geekbench 5, tablet ini berhasil menghasilkan skor 966 untuk pengujian single-core, skor 3064 untuk pengujian multi-core. Sedangkan di aplikasi 3DMark, Galaxy Tab S7 menghasilkan skor 9296 pada Sling Shot dan skor 9540 pada Sling Shot Unlimited. 

Ini adalah hasil pengujian Galaxy Tab S7 menggunakan 3DMark Sling Shot

Sementara pada pengujian Sling Shot Extreme, tablet ini berhasil menorehkan skor 7304 OpenGL ES 3.1, skor 7820  Unlimited OpenGL ES 3.1, dan skor 6413  Vulkan. Tak ketinggalan, dalam pengujian menggunakan PCMark tablet berhasil memperoleh skor 12798, dan baterainya mampu bertahan selama 13 jam 34 menit. 

Ini adalah hasil pengujian Galaxy Tab S7 menggunakan 3DMark Sling Shot Extreme

Galaxy Tab S7 juga hadir dengan peningkatan S Pen, termasuk dapat dengan mudah ditempelkan di bodi belakangnya karena mengandung magnet. Tentunya bila S Pen ditempelkan di bodi belakang, maka secara otomatis S Pen akan mengisi dayanya. Jadi penggunanya tidak perlu khawatir bila S Pen akan hilang. 

Menurut saya, S Pen ini cukup responsif saat dipakai menyentuh layar tablet untuk berbagai kegiatan dan sangat mudah untuk digunakan. Pengisian daya S Pen juga sangat cepat, di mana dayanya dapat terisi hingga penuh dalam waktu 10 menit. S Pen pada tablet baru Samsung ini terhubung dengan Bluetooth hingga jarak 10 meter, untuk dukungan gestur dan mengontrol perangkat dari jarak jauh. 

Samsung juga menghadirkan fitur terbaru dalam aplikasi Samsung Notes, yakni Audio Bookmark dan Audio timestamp. Di mana, Audio Bookmark akan memungkinkan pengguna untuk merekam suara sembari pengguna menulis catatan, dan kemudian menyinkronkan keduanya. Sedangkan Audio timestamp berguna untuk bernavigasi di rekaman yang panjang. 

Oh iya, Galaxy Tab S7 juga telah mendapat peningkatan Multi-Active Window yang memungkinkan pengguna membuka dan menjalankan hingga tiga aplikasi secara bersamaan. Jadi fitur ini cukup berguna untuk saya yang memiliki banyak kegiatan. 

Beralih ke kamera, Galaxy Tab S7 hadir dengan kamera belakang beresolusi utama 13MP dan kamera ultra-wide beresolusi 5MP. Sedangkan kamera depannya memiliki resolusi 8MP, yang juga berguna untuk membuka layar dengan waktu yang relatif singkat. 

Samsung juga melengkapi tablet ini dengan beragam mode untuk mendukung fotografi. Termasuk HDR, Night Mode, Portrait, Pro, dan lainnya. Terlebih lagi, kamera belakang juga dilengkapi dengan LED flash untuk menunjang kegiatan fotografi dalam kondisi minim cahaya. Menurut saya, hasil kamera dari Galaxy Tab S7 juga mampu menghasilkan foto yang cukup apik. Pasalnya hasil fotonya terlihat cukup jernih dan rendah noise meski di-zoom. 

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy Tab S7 tampil dengan desain mewah dan cukup ringan untuk digenggam dengan satu tangan. Bukan hanya desain, tablet ini juga memiliki baterai berkapasitas besar yang mampu bertahan hampir seharian, meski digunakan untuk berbagai kegiatan. 

Terlebih lagi, tablet ini sangat nyaman digunakan untuk menonton film atau bermain gim. Pasalnya layar Galaxy Tab S7 sangat lega, serta dilengkapi dengan empat speaker AKG dan fitur Dolby Atmos untuk memberikan suara yang apik. Tak hanya menonton, tablet ini juga cocok digunakan untuk bekerja berkat chipset Snapdragon 865 Plus. 

Dibanderol seharga Rp12.999.000, Galaxy Tab S7 bisa digunakan untuk bekerja dan sangat nyaman untuk menonton film. 

80
Samsung Galaxy Tab S7
 
Keunggulan
  • Desain mewah
  • Layar lega dan menampilkan warna yang nyaman di mata
  • Daya baterai awet
 
Kekurangan
  • Bodi belakang cukup licin
  •  
  •  
Share
×
img
×
tekid
back to top