sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
Jumat, 06 Mar 2020 16:57 WIB

Rise of Nowlin, MMORPG Mobile klasik asyik buat nostalgia

Menawarkan grafis seperti gim MMORPG PC klasik, Rise of Nowlin cocok bagi kalian yang ingin bernostalgia dan tak punya banyak waktu untuk bermain gim.

Rise of Nowlin, MMORPG Mobile klasik asyik buat nostalgia

Memiliki grafis yang mengingatkan pada gim MMORPG PC klasik, gim Rise of Nowlin cocok bagi kalian yang ingin nostalgia dan tak punya banyak waktu untuk bermain gim. Di Indonesia saat ini gim mobile didominasi oleh 3 genre gim, yakni FPS, MOBA, dan MMORPG. Maka tak heran, baik pengembang lokal dan internasional semakin banyak memasukkan gim mereka yang memiliki genre tersebut.

Yang terbaru adalah sebuah gim dengan genre MMORPG baru bernama Rise of Nowlin yang dipublikasi oleh Dunia Games. Gim ini merupakan hasil pengembangan dari studio gim 8 Elements asal Tiongkok.

Yang jadi pertanyaan, apakah gim ini layak untuk dimainkan di tengah ketatnya persaingan dunia gim mobile di Indonesia? Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id mencoba mengulas gim ini untuk memberi kalian gambaran apakah Rise of Nowlin bisa jadi gim baru yang bisa kalian mainkan.

Pertama kali masuk seperti gim MMORPG lain, kita akan disambut dengan pemilihan karakter yang akan dimainkan. Di gim ini, kalian akan dihadapkan oleh 5 karakter saja, yakni Warrior, Mage, Assassin, Archer, dan Priest.

Saat pertama kali masuk, saya berharap akan ada pengembangan karakter lebih lanjut seperti upgrade class dan penambahan skill unik di setiap tahapan. Saya pun awalnya membayangkan gim ini akan seperti Ragnarok (original), yang memiliki banyak peningkatan job.

Saya memilih untuk menggunakan karakter Warrior di dalam gim ini. Oh iya, kalian dapat memilih gender wanita atau pria saat memilih karakter utama. Tapi, jika kalian memilih Priest, kalian hanya akan mendapatkan pilihan gender wanita.

Setelah memilih karakter dan nama, kita akan langsung masuk ke dalam gim. Kita juga akan ditanya untuk mengikuti tutorial atau tidak. Saran saya, ambil tutorial tersebut karena dalam 30 menit saja, kalian akan langsung ke level 20 serta mendapat banyak item berguna.

Karakter, Skill, dan pengembangan Job

Saat melakukan tutorial, memang saya sangat merasa bosan. Banyak percakapan panjang yang menjelaskan jalan cerita dari gim ini. Jadi, bagi kalian yang penasaran dengan jalan ceritanya, kalian wajib mengikuti tutorial ini.

Satu jam berlalu, saya pun penasaran menjelajah gim ini secara penuh. Saya mulai dari menu yang ditawarkan, mencoba melihat apakah ada pengembangan job kedua di dalam gim ini. Dan sayangnya, saya tidak menemukannya.

Hal ini sangat disayangkan karena menurut saya, salah satu aspek yang membuat saya betah bermain gim MMORPG adalah memiliki target untuk mencapai job tertentu yang memiliki skill khusus yang unik.

Yang lebih membuat saya tidak tertarik dengan gim ini adalah pilihan skill yang terbatas. Saya hanya bisa menggunakan 5 skill standar, yang dapat ditingkatan menggunakan poin yang diperoleh saat menaikkan level karakter.

Untuk meningkatkan kekuatan karakter, seperti serangan, pertahanan, dan lainnya, ada dua cara. Yang pertama adalah dengan menaikkan level dan mengganti armor. Sedangkan yang kedua adalah dengan menaikkan skill Divinity.

Cara untuk meningkatan Divinity ini adalah dengan menggunakan mata uang in-game yang disebut sebagai Gold, Silver, dan Bronze. Selain itu, kalian harus memiliki divinity-gem yang sesuai untuk meningkatkan levelnya.

Untungnya, di dalam gim ini ada kemampuan untuk meningkatkan kemampuan armor dengan cara menempanya dan bahkan membuat armor tersendiri. Tapi, kalian harus benar-benar mengerahkan waktu (atau uang) untuk mendapatkan potongan komponen yang dibutuhkan.

Gameplay

Berbicara mengenai gameplay, kalian dapat mengontrol karakter dengan menggunakan joystick yang berada di pojok kiri bawah. Sedangkan untuk menyerang, kalian bisa menggunakan skill kalian dengan menyentuh shortcut skill di bagian kanan bawah perangkat.

Satu ciri khas dari MMORPG mobile adalah pengguna dapat mengarahkan karakter ke lokasi quest secara otomatis. Mereka tinggal menyentuh quest aktif, dan secara otomatis karakter kita akan berjalan sendiri, bahkan bertarung dan menggunakan skill secara otomatis.

Entah sejak kapan fitur ini menjadi ciri khas dari MMORPG mobile. Namun yang pasti, saya kurang suka dengan fitur tersebut. Tapi, bagi kalian pekerja kantoran yang memiliki waktu terbatas, fitur ini mungkin sangat berguna.

Sedangkan untuk layout lain, saya rasa memiliki rasa yang sama dengan gim-gim MMORPG Mobile Tiongkok lainnya. Intuitif namun membosankan.

Tapi, ada satu fitur yang sangat saya nikmati saat bermain gim ini. Saya dapat melawan pemain lain dikarenakan Rise of Nowlin memiliki dua kubu besar yang selalu berseberangan, yakni Darkness dan Light. 

Saya lebih memilih kubu Darkness, karena menurut saya namanya sangat keren. Kedua kubu tersebut dapat saling bunuh-membunuh di area pertarungan. Selain itu, gamer juga akan mendapatkan quest harian dan mingguan dengan hadiah yang cukup berguna.

Oh iya hampir lupa, di gim ini juga terdapat mount yang cukup beragam. Selain dapat menambah kecepatan saat beralih dari satu tempat ke tempat lain, kalian juga dapat memberi makanan untuk menaikkan level sehingga dapat berguna pada saat bertarung.

    Share
    back to top