sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
Kamis, 14 Okt 2021 11:22 WIB

Review vivo X70 Pro: Kameranya juara pake ZEISS

Tak tanggung-tanggung, vivo bekerja sama dengan ZEISS untuk mengembangkan sensor kamera vivo X70 Pro. Simak ulasan Tek.id pakai smartphone ini.

Review vivo X70 Pro: Kameranya juara pake ZEISS
Source: Tek.id

Vivo menghadirkan flagship terbarunya bertajuk vivo X70 Pro. Sebagai smartphone flagship yang memiliki dukungan 5G, vivo X70 Pro ditopang dengan chipset mumpuni dari MediaTek, yaitu Dimensity 1200 vivo. Penamaan vivo pada chipset tersebut adalah karena vivo melakukan kustomisasi pada arsitektur chipset itu secara mandiri. Hal ini dilakukan agar kinerja kamera vivo X70 Pro bisa lebih optimal.

Kamera memang menjadi salah satu yang diunggulkan vivo untuk X70 Pro. Tak tanggung-tanggung, vivo bekerja sama dengan ZEISS untuk mengembangkan sensor kamera vivo X70 Pro. Bahkan vivo menyebut kerja sama kali ini tak hanya dari sisi software, namun juga hardware-nya. Untuk mengetahui bagaimana pengalaman Saya menggunakan vivo X70 Pro, simak ulasan ini selengkapnya. 

Kamera ZEISS punya

Vivo X70 Pro membawa empat kamera utama dengan konfigurasi 50 MP Ultra-Sensing Gimbal Camera, lensa portrait 12 MP, Ultra Wide-Angle 12 MP, dan kamera periskop 8 MP. Kamera ini dikembangkan vivo bersama dengan ZEISS. ZEISS sendiri merupakan perusahaan yang terkenal dengan produk lensa yang andal. Berbagai lensa kameranya terkenal andal, sehingga banyak perusahaan yang bekerja sama dengan ZEISS dalam mengembangkan kamera. Tak ayal jika hasil foto maupun video vivo X70 Pro begitu memuaskan.

Setiap detail yang ditangkap oleh kamera vivo X70 Pro tampak tajam meskipun objek dalam frame cukup banyak. Seperti pada foto di bawah ini, dimana detail setiap orang dalam frame bisa diabadikan dengan baik. Objek di kejauhan seperti awan juga bisa ditangkap dengan baik dan tampak kontras dengan langit. Tone warnanya memang agak ditingkatkan oleh AI kamera X70 Pro, namun tanpa meninggalkan kesan yang berlebihan. Polesannya justru membuat gambar menjadi lebih hidup. 

Review vivo X70 Pro

Review vivo X70 Pro

 

Bokeh yang dihasilkan oleh kamera default-nya juga tampak rapi. Tak ketinggalan, fokus objek yang begitu tajam sehingga nyaman dipandang.

 

Review vivo X70 Pro

Review vivo X70 Pro

 

Secara teknis, vivo X70 Pro memang didukung dengan kamera utama beresolusi 50MP, namun Sahabat Tek harus mengaktifkan fitur tersebut secara manual di menu More pada aplikasi kameranya. Sementara itu, secara default kalau Sahabat Tek tidak mengaktifkan resolusi 50MP, resolusi yang didapatkan yaitu 12,5MP. Untuk diketahui, praktik ini didukung teknologi quad bayer yang menghasilkan empat pixel, sehingga meskipun pada dasarnya memiliki resolusi 12,5MP, bisa menjadi setara 50MP. 

Ketika dibandingkan, memang tampak perbedaan kerapatan pixel pada gambar yang diambil menggunakan mode default dengan 50MP. Kendati begitu, soal detail gambar maupun warnanya sama-sama bagus dan ciamik.

Foto dengan kamera 50MP tentu lebih lebih detail, khususnya ketika di zoom pada galeri. Kalau hanya dilihat sekilas, hasil foto keduanya sama bagusnya. Mengingat resolusinya yang tinggi, ukuran foto menggunakan kamera 50MP memang lebih besar. Untuk itu, Sahabat Tek bisa menggunakan kamera default untuk mengabadikan objek tertentu agar lebih mudah dibagikan melalui berbagai aplikasi chatting. Sementara itu kamera 50MP bisa digunakan untuk momen-momen tertentu yang spesial, sehingga bisa tetap bagus ketika dibagikan di media sosial. 

 

Review vivo X70 Pro (12,5MP)

Review vivo X70 Pro (50MP)

 

Secara khusus, vivo X70 Pro juga didukung dengan mode Portrait yang mampu menghasilkan efek bokeh yang menawan. Sebagai catatan, Sahabat Tek sebaiknya memanfaatkan mode ini untuk memotret orang, dibanding benda. Sebab, pengaplikasiannya akan lebih mudah.

Hasil foto menggunakan mode Portrait tampak bagus dengan efek bokeh yang begitu rapi. Subjek foto juga ditangkap dengan baik, dengan detail dan warna yang bagus. Menariknya, tingkat bokeh dari mode ini bisa disesuaikan lagi setelah foto tersimpan di galeri. Bokehnya sendiri menurut Saya cukup mengesankan karena hampir seperti hasil foto kamera digital. 

 

Review vivo X70 Pro

Review vivo X70 Pro

 

Selain itu, kamera vivo X70 Pro juga bisa diajak kerja sama ketika memotret foto dengan pencahayaan yang minim. Misalnya pada foto ini yang diambil saat senja. Dengan menggunakan mode Portrait, kamera ini mampu mengabadikan foto dengan baik dengan eksposur yang cukup dan tidak berlebihan, sehingga hasil fotonya terlihat bagus. Jadi, Sahabat Tek bisa mengandalkan kamera vivo X70 Pro untuk memotret saat pencahayaan minim seperti saat malam hari.

 

Review vivo X70 Pro

Meskipun mampu mengakomodir foto saat malam hari dengan mode default-nya, vivo tetap membekali fitur yang dikhususkan untuk memotret malam atau Night mode. Hasilnya sama bagusnya, namun dengan menggunakan Night mode, detail foto terlihat sedikit lebih tajam. Tone warnanya juga sedikit lebih pekat dibanding foto tanpa Night mode. 

 

Review vivo X70 Pro (kiri night mode)

Review vivo X70 Pro (kiri night mode)

 

Vivo X70 Pro juga menawarkan mode Super Makro, yang akan membantu pengambilan objek gambar dari jarak yang sangat dekat. Mode ini ketika diaktifkan, akan berjalan secara otomatis ketika Sahabat Tek terdeteksi membidik gambar dari jarak yang sangat dekat. Kalau kurang nyaman, fitur ini juga bisa diatur secara manual, agar berjalan saat diaktifkan saja.

Hampir serupa dengan mode Portrait, Super Makro juga menawarkan efek bokeh yang rapi, dan fokus yang baik. Berikut ini hasilnya. 

 

Review vivo X70 Pro

Review vivo X70 Pro

 

Selain foto, vivo X70 Pro juga dilengkapi sejumlah fitur pendukung videografi. Yang menarik dan patut diuji tentu fitur stabilisasinya atau disebut vivo Gimbal Stabilization 3.0. Ada pula teknologi stabilisasi gambar VIS 5-Axis Ultra Stable Video, yang akan mengintegrasikan algoritma EIS dengan OIS untuk meningkatkan kestabilan kamera dengan sensitivitas cahaya lebih baik.

Dengan kombinasi teknologi tersebut, vivo X70 Pro mampu menghasilkan video yang apik. Tak hanya soal stabilisasinya, kualitas videonya pun tampak tajam dengan eksposur yang standar sehingga nyaman dipandang.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh @tekidreview

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh @tekidreview

Untuk meningkatkan kualitas videonya, Sahabat Tek bisa mengaktifkan fitur Super Night, dimana fitur ini akan mempertajam detail video meskipun saat malam hari. 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh @tekidreview

 

Sementara itu kamera depannya memiliki resolusi 32 MP. Hasil gambarnya juga bagus sebagaimana menggunakan kamera belakangnya. Detailnya dapat ditangkap dengan baik, begitu pula dengan warnanya yang tampak natural. Sebagaimana smartphone kekinian lainnya, vivo X70 Pro juga menyediakan efek beauty yang memungkinkan Sahabat Tek untuk memoles wajah saat selfie. Berikut hasil selfie Saya menggunakan vivo X70 Pro. 

Review vivo X70 Pro

Secara umum Saya suka dengan kamera vivo X70 Pro. Tak bisa dihiraukan, peran ZEISS di produk ini memang mampu meningkatkan kualitas foto maupun video sehingga membuat vivo X70 Pro benar-benar menawarkan professional photography. 

    Share
    ×
    tekid
    back to top