sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
Rabu, 05 Mei 2021 09:10 WIB

Review Tecware Phantom Elite, ringkas padat berisi

Dengan banderol tidak sampai Rp1 juta, Tecware Phantom Elite 87 keys hadir dengan fitur dan kemampuan yang menarik dan pastinya bisa diandalkan untuk menunjang sesi bermain gim.

Review Tecware Phantom Elite, ringkas padat berisi

Keyboard mekanikal memang identik dengan gamer. Umumnya, keyboard mekanikal menggunakan switch khusus untuk memberikan pengalaman yang lebih responsif. Selain itu, keyboard mekanikal juga dibekali dengan fitur perekaman profil, makro, dan pastinya pencahayaan LED RGB untuk membuat tampilannya lebih terlihat ‘gaming’.

Masalahnya, untuk mendapatkan semua keunggulan tadi, ada harga yang harus dibayar. Tidak murah. Beberapa brand besar bahkan mematok harga yang cukup tinggi. Pertanyaannya, ada tidak sih keyboard mekanikal yang dijual dengan harga terjangkau.

Jawabannya, ada.

Desain Tenkeyless

Belum lama ini, saya mendapatkan unit review berupa keyboard mekanikal dari Tecware. Melihat bentuknya yang tidak terlalu panjang, ini merupakan varian Tenkeyless, atau tanpa dilengkapi tombol-tombol angka yang biasanya ada di sisi kanan keyboard.

Keyboard Tecware ini serinya Tecware Phantom Elite 87 keys. 87 keys disini untuk membedakan varian Tenkeyless dengan varian Full Sizenya yakni 104 keys.

Dari sisi desain, keyboard ini tidak memiliki banyak variasi warna. Jajaran keycapnya disapu dengan warna hitam, sementara bodinya disapu warna abu-abu tua dengan finishing metalik.

Desain dari keycapnya bergaya floating key atau terlihat mengambang. Deretan tombol-tombol pada bagian atas juga mendukung fungsi pintasan multimedia yang bisa diakses menggunakan tombol Fn.

Kalian juga bisa langsung mengubah pencahayaan LED menggunakan shortcut pada keycapnya, dengan menekan tombol Fn dan jajaran tombol Mode.

Tekan Fn dengan M1 sekali untuk mode LED berkedip (Breathing) dan pencahayaan Color Cycle. Tekan Fn dan M1 dua kali untuk mode berkedip (Breathing) dan pecahayaan satu warna. Tekan Fn dan M1 3 kali agar warna LED tidak berkedip dan hanya menampilkan pencahayaan satu warna saja.

Keyboard ini memiliki total 10 mode pencahayaan LED. Kalian hanya perlu mengulang cara yang sama seperti cara yang sudah dicontohkan sebelumnya untuk melihat variasi warna yang ditawarkan pada tombol-tombol Mode lainnya. Masing-masing Mode memiliki 3 variasi mode yang berbeda.

Switch dan fitur

Mengulas keyboard mekanikal memang tidak lengkap rasanya kalau tidak membahas switch apa yang dipakai. Untuk unit yang saya review ini menggunakan switch Gateron berwarna biru. Karakter dari switch ini mirip-mirip dengan switch biru dari brand lain yaitu tactile dan mengeluarkan suara klik yang khas saat ditekan. Namun, menurut saya suara klik dari switch Gateron di Tecware Phantom Elite 87 keys ini tidak sekencang switch milik Cherry.

Berikut spesifikasi singkat switch biru Gateron

  • Feel - Tactile & Clicky
  • Noise level - High
  • Actuation Force - 60g
  • Actuation Distance - 2.3mm
  • Total Travel - 4.0mm

Fitur lainnya yang ditawarkan Tecware Phantom Elite 87 keys ini adalah desain soket switch modular. Itu artinya kalian bisa mengganti switch di keyboard ini dengan mudah menggunakan pencabut switch (switch puller) yang disertakan dalam paket penjualannya, beserta 4 switch cadangan.

Ada pula penarik keycap (keycap puller) yang bisa ditemukan di sisi bawah keyboard. Kaki dudukannya juga sudah dibekali karet agar tidak mudah bergeser. Untuk kabelnya dibungkus benang nilon untuk menimalkan gesekan.

Tecware Phantom Elite 87 keys juga didukung dengan software untuk memasukan makro, mengatur profil, polling rate, dan mengkustomisasi tampilan RGB. Sofware Tecware ini bisa kalian unduh pada website resmi Tecware. Secara tampilan, software milik Tecware ini mudah dipahami dan dioperasikan.

Gesit buat main, nyaman buat ngetik

Dirancang untuk menunjang pengalaman barmain gim, bukan berarti keyboard mekanikal ini tidak bisa dipakai untuk aktivitas lainnya, bekerja misalnya.

Saya sendiri lebih memilih keyboard mekanikal untuk mengetik. Hal ini dikarenakan keyboard mekanikal memiliki respons yang lebih gesit untuk menunjang gaya mengetik saya yang cukup cepat.

Selama wfh, saya sudah menggunakan keyboard ini selama 1 bulan. Menurut pengalaman saya mengetik menggunakan keyboard ini, cukup nyaman. Saya hampir tidak menemukan kendala saat menggunakannya berhubung saya cukup cocok dengan karakter switch biru seperti ini.

Phantom Elite 87 keys ini juga terbukti cukup oke untuk menemani saya memainkan gim-gim FPS milik RIOT, Valorant. Dengan karakter yang cukup empuk, agent Valorant yang saya mainkan bisa lebih gesit bergerak dan lebih mudah nge-juke agent lawan yang tengah membidik dengan sniper ditangannya.

Respons yang cepat juga berimbas pada gesitnya agent yang saya mainkan saat mengeluarkan skill dalam kondisi peperangan yang cukup intens.

Kesimpulan

Sebagai pengguna keyboard mekanikal dengan switch merah (linear), mengenal Tecware Phantom Elite 87 keys dnegan Gateron Blue adalah pengalaman yang cukup menyenangkan. Karakter switch biru memang tergolong cukup ringan dengan tambahan tactile dan suara klik yang khas ketika ditekan.

Fitur yang ditawarkan oleh keyboard yang dibanderol tidak sampai Rp 1 juta ini tergolong cukup komplit. Kalian bisa mendapatkan keyboard dengan dukungan LED RGB, kemampuan polling rate hingga 1000 Hz, memori untuk berbagai jenis pencahayaan LED, makro, keycap puller, bahkan switch puller beserta 4 cadangan switch.

Mungkin justru yang agak dilupakan Tecware adalah cadangan keycap dengan warna berbeda untuk yang gemar mengganti tombol WASD. Namun terlepas itu, keyboard ini bisa kamu andalkan untuk sesi bermain gim juga tugas lain.

80
Tecware Phantom Elite 87 keys
 
Keunggulan
  • Desain dan material
  • preset LED RGB
  • soket switch modular
 
Kekurangan
  • keycap cadangan
  •  
  •  
Share
×
tekid
back to top