sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Rabu, 18 Jan 2023 12:03 WIB

Review Sharp Aquos V6 5G: baterai irit, kamera bagus

Seperti namanya, Sharp Aquos V6 5G memiliki konektivitas jaringan cepat 5G. Ini diperkuat dengan prosesor Qualcomm Dimensity 700.

Review Sharp Aquos V6 5G: baterai irit, kamera bagus

Bisa dibilang saat ini konektivitas 5G sudah menjadi hal yang normal di Indonesia. Tentu saja, sekarang sudah banyak pabrikan ponsel yang menawarkan konektivitas 5G agar kualitas kecepatan internet lebih berkualitas. Salah satu pabrikan ponsel ini adalah Sharp.

Perusahaan asal Jepang tersebut belum lama ini mengumumkan ponsel 5G mereka dengan nama Sharp Aquos V6 5G. Perangkat ini masuk ke dalam kelas menengah yang memiliki beberapa fitur seperti NFC, refresh rate layar 90 Hz, konfigurasi tiga kamera belakang, dan masih banyak lagi. Prosesor yang digunakannya adalah Dimensity 700 dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 128 GB.

Desain menarik

Kita mulai dari desain terlebih dahulu. Sharp menawarkan Aquos V6 5G dengan dua pilihan warna, yaitu ungu dan hitam. Baik warna ungu dan hitam pada ponsel ini keduanya cocok untuk pengguna pria atau wanita. Jadi, kalian bebas memilihnya sesuai selera.

Untuk bodinya sendiri, ponsel tersebut mengusung material polikarbonat. Selain itu, ada tekstur brushed yang bereaksi dengan cahaya sekitar sehingga terlihat lebih berkelas. Namun sayangnya bodi ini terasa agak licin ketika digunakan satu tangan. Kabar baiknya adalah bodi tersebut tidak terlalu berat sehingga rasa licinnya tidak terlalu mengganggu.

Modul kamera pada Sharp Aquos V6 5G yang menampung tiga unit lensa tidak terlalu berbentuk menonjol. Hal ini kemungkinan ketiga kamera itu tidak memiliki lensa telefoto dengan focal length yang cukup panjang. Pada bagian tepi ponsel dibuat agak berbentuk merata, dengan sedikit sentuhan melengkung di sudutnya. Alhasil, ponsel ini cukup nyaman digenggam.

Pada bagian sisi kanan, terdapat tombol daya dan tombol volume. Khusus tombol volume, ini terintegrasi dengan sensor sidik jari untuk keamanan tambahan. Pada sisi bawah, aka terlihat port audio 3,5 mm, lubang mikrofon, port USB-C, dan speaker. Sebagai catatan, Sharp menyediakan earphone dengan jack 3,5 mm dalam paket penjualan Aquos V6 5G. Dengan demikian, kamu dapat memanfaatkan port audio yang terintegrasi bersama ponsel.

Pada bagian sisi kiri, terdapat slot kartu SIM dan microSD. Slot ini mendukung kartu SIM ganda (5G + 4G). Perlu diingat bahwa slot kartu SIM dan microSD ini memiliki desain hybrid. Artinya, kamu hanya bisa memasukkan microSD ketika hanya menggunakan satu slot kartu SIM.

Pada bagian sisi atas, tidak ada port atau item lagi selain lubang mikrofon. Speaker pada ponsel ini hanya satu (di bagian sisi bawah), artinya tidak menampilkan suara stereo.

Ukuran layar ponsel berbobot 195 gram ini adalah 6,52 inci. Karena bukan masuk ke kelas atas, wajar jika layarnya hanya menggunakan panel LCD berbasis IPS. Saya merasa layar dengan resolusi HD+ (720 x 1.612 piksel) tersebut cukup terlihat di luar ruangan meskipun tidak terlalu istimewa. Namun, layar ini menawarkan refresh rate yang cukup tinggi pada 90 Hz.

Pada bagian tengah atas layar terdapat notch yang disebut Sharp sebagai ‘Vnotch’. Sudah ditebak notch ini adalah tempat kamera depan yang beresolusi 8 MP yang dapat digunakan untuk selfie atau panggilan video.

Kamera

Sebelumnya telah disebutkan jika kamera belakang Sharp Aquos V6 5G menawarkan tiga lensa. Kamera utama pada ponsel ini mengusung sensor beresolusi 50 MP. Kamera kedua ponsel ini memiliki lensa makro dengan resolusi 2 MP, sedangkan kamera terakhir adalah depth sensor beresolusi 2 MP untuk mendeteksi kedalaman layar belakang subjek.

Seperti kebanyakan ponsel modern, sistem kamera Aquos V6 5G dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang mengubah secara mode pemotretan secara otomatis berdasarkan skema yang akan difoto, kemudian ponsel akan memberikan warna yang lebih cocok untuk skema yang terdeteksi.

AI pada kamera ini dapat mendeteksi berbagai skema seperti Blue Sky, Fireworks, Lawn, Plants, Street, Beach, dan masih banyak lagi. Pada keadaan cahaya cukup, AI pada ponsel berperforma cepat dan akurat.

AI kamera pada Sharp Aquos V6 5G

 

Ketika saya memotret menggunakan kamera utama pada sore hari, hasilnya cukup memuaskan dengan penerapan AI yang akurat. Meski ada beberapa tekstur daun yang kurang terlihat tajam dan terdapat gangguan under-exposure pada pohon sebelah kiri, hasil keseluruhannya terlihat baik. Warna langit terlihat natural lengkap dengan bersama dengan warna subjek lainnya. Warna hijau pada daun pun tidak over-saturated.

Kamera utama

Ada kalanya kita terpaksa harus memotret subjek yang membelakangi cahaya. Ini tidak terlalu menjadi masalah pada Aquos V6 5G. Pasalnya, warna yang dihasilkan tetap terlihat jelas tanpa gangguan under-exposure, termasuk warna pohon yang jauh berada di bawah matahari. Tekstur gedung yang menjulang tinggi masih terlihat. Bahkan, awan-awan tipis di dekat matahari masih terlihat jelas.

HDR

Salah satu dari ketiga kamera ponsel ini adalah depth sensor. Ini berguna untuk menampilkan efek latar belakang blur (bokeh). Terdapat aperture digital antara f/1.0 hingga f/16 untuk mengatur intensitas latar bokeh pada latar belakang subjek utama. Secara keseluruhan, hasil mode portrait terlihat bagus, sayangnya ada sedikit pencampuran subjek dan latar belakang pada pinggiran subjek.

Mode portrait

Selanjutnya, saya memotret menggunakan kamera makro. Kamera ini memiliki lensa khusus sehingga memungkinkan kita memotret subjek dengan fokus dekat hingga 4 cm. Warna yang dihasilkannya cukup cerah tanpa gangguan over-saturated. Namun ada beberapa detail yang kurang tajam.

Makro

Kamera depan Aquos V6 5G memiliki resolusi 8 MP. Meskipun kamera ini tidak dilengkapi lensa depth sensor tambahan, tetapi masih bisa menampilkan hasil bokeh di belakang subjek. Hasil separasi subjek dan latar belakang cukup terlihat bagus untuk ukuran kamera depan meskipun ada sedikit pinggiran yang terganggu efek bokeh.

Selfie portrait

Sama seperti kamera belakang, hasil kamera depan ketika memotret selfie yang membelakangi cahaya terlihat bagus. Warna kulit wajah terlihat bagus tanpa gangguan porsi exposure yang berlebih. Selain itu, benda-benda di belakang subjek masih terlihat jelas beserta warnanya yang cerah. Jendela-jendela pada jarak yang jauh masih terlihat jelas juga.

Selfie HDR

Tidak ada opsi night mode untuk memotret kondisi malam hari yang dapat dipilih secara manual. Meski demikian, ponsel ini dapat secara otomatis menerapkan night mode ketika memotret lingkungan dengan minim cahaya. Meski terdapat sedikit flare dan gangguan blooming di area tertentu, hasil memotret malam menggunakan kamera Aquos V6 5G secara keseluruhan terlihat bagus dengan minim noise.

Kamera malam

    Share
    ×
    tekid
    back to top