sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Kamis, 31 Des 2020 19:10 WIB

Review Samsung Galaxy Tab A7, asyik buat multitasking

Dengan desainnya yang compact, tablet ini memang sangat pas untuk Sahabat Tek yang punya mobilitas tinggi karena mendukung multitasking.

Review Samsung Galaxy Tab A7, asyik buat multitasking

Pandemi Covid-19 membuat eksistensi tablet bangkit kembali. Sebab, banyak orang melakukan aktivitasnya di rumah, begitu pula dengan aktivitas sekolah. Tablet sendiri menjadi perangkat yang dapat diandalkan termasuk untuk antivitas sekolah bagi anak-anak. Tak ayal jika Samsung cukup getol menghadirkan tablet di tahun ini. 

Melengkapi jajaran tabletnya di Indonesia, Samsung menghadirkan Galaxy tab A7. Hadir dengan sejumlah fitur, perangkat ini diklaim dapat membantu aktivitas pengguna di tengah new normal. Simak ulasan ini selengkapnya untuk mengetahui pengalaman saya menggunakan Samsung Galaxy Tab A7.

Desain compact dan elegan

Desain Samsung Galaxy Tab A7 ini terbilang compact dengan ukuran layar 10,4 inci dan body-nya yang cukup tipis. Bezel-nya memang masih cukup tebal, tetapi masih tetap nyaman dipandang maupun digenggam. Case-nya dirancang dengan material metal sehingga tidak menimbulkan efek licin saat digenggam. Tampilan belakangnya terbilang sederhana, hanya dihiasi kamera belakang tunggal dan logo Samsung. Meski sederhana, konsep ini menurut saya justru membuatnya tampak elegan dan elegan. 

Penempatan tombolnya dirancang sejajar di sisi kanan tablet. Untuk pengisian daya baterainya, tablet ini didukung dengan port USB tipe-C. Selain port USB tipe-C, tablet ini juga dilengkapi dengan jack headphone 3,5mm untuk mengarkan musik atau menerima panggilan telepon. Ada juga slot kartu SIM dan microSD. Namun slot micro-SD nya hanya dapat digunakan secara hybrid. Di paket pembeliannya, Sahabat Tek juga akan mendapatkan earphone dari Samsung. 

Didukung fitur multitasking

Tablet ini masuk kategori menengah dan menyasar kalangan yang multitasking dalam menggunakan gadget. Fitur-fitur multitasking yang hadir di tablet ini yaitu seperti split screen views dan pop-up views. Fitur split screen memungkinkan Sahabat Tek untuk menjalankan lebih dari satu aplikasi, namun dalam satu layar. 
Fitur ini akan sangat membantu aktivitas pengguna yang punya mobilitas cukup tinggi. Misalnya untuk membuka data sambil berdiskusi saat meeting, maupun hanya berselancar di internet sembari chatting.  

Review Samsung Galaxy Tab A7

Jika perlu membuka lebih banyak aplikasi lagi, Sahabat Tek bisa menggunakan fitur pop-up views. Di fitur ini, Sahabat Tek bisa membuka hingga lebih dari tiga aplikasi dalam satu layar. Haya saja, tampilannya jadi lebih kecil jika dibandingkan menggunakan fitur split screen. Kendati begitu, fitur ini tetap dapat membantu saat mobilitas tinggi. 

Review Samsung Galaxy Tab A7

Performanya sendiri ditopang dengan prosesor Snapdragon 622, dikombinasikan dengan RAM 3GB. Dengan dukungan tersebut, tablet ini terasa nyaman untuk menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan. Selain dari dukungan prosesor tersebut, performa Galaxy Tab A7 juga didukung dengan baterai jumbo berkapasitas 7.000 mAh. Dengan baterai ini, Sahabat Tek bisa nyaman beraktivitas tanpa khawatir baterai cepat habis. Selain itu, kapasitas baterai ini juga dapat diandalkan untuk menikmati hiburan seperti untuk streaming film.

Untuk pengisian daya baterainya, tablet ini didukung dengan port USB tipe-C dan fast charging 15W. Mengingat baterainya yang memiliki kapasitas besar, pengisian ulang daya menggunakan adaptor bawaan hingga penuh memang cukup lama, bahkan mencapai 5 jam. Namun demikian, durasi tersebut terbayar dengan daya tahan yang ditawarkan.

Yang tak kalah menarik, Galaxy Tab A7 dilengkapi dengan quad speaker atau empat speaker yang diposisikan di atas dan bawah perangkat. Samsung juga menambahkan surround sound dinamis Dolby Atmos sehingga menawarkan audio yang nyaring didengar. Dukungan ini akan terasa nyaman khususnya ketika menikmati film secara streaming maupun untuk memutar musik.

Saya juga menggunakan tablet ini untuk memainkan beragam game yang menghibur. Sebab, sepertinya akan terasa kurang nyaman untuk bermain gim PUBG Mobile di perangkat yang berlayar besar. Game pertama yang saya mainkan adalah Magic Tiles 3. Di gim ini, saya harus mengetuk setiap tuts, seolah memainkan piano. Gim ini juga mengharuskan saya mengikuti setiap irama agar mendapatkan skor yang tinggi. Gim ini dapat dijalankan dengan optimal karena layar Galaxy Tab A7 yang responsif. 

Review Samsung Galaxy Tab A7

Berkat layarnya yang luas, tablet ini juga dapat digunakan untuk memainkan gim yang mendukung hingga empat pemain. Gim lain yang saya mainkan di Galaxy Tab A7 yaitu gim Ludo. Gim ini sendiri memang bisa dijalankan di berbagai perangkat, tapi lebih seru dimainkan di tablet karena layarnya yang luas, sehingga permainan bisa dijalankan setiap pemain dengan leluasa. 

    Share
    ×
    tekid
    back to top