sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
Jumat, 23 Apr 2021 11:45 WIB

Review Samsung Galaxy A72, hampir mirip S21 Ultra

Memiliki rentang harga dibawah Rp7 juta, Samsung Galaxy A72 memiliki spesifikasi yang bisa diadu dengan smartphone mid-range lain di rentang harga yang sama.

Review Samsung Galaxy A72, hampir mirip S21 Ultra
Samsung Galaxy A72

Perang smartphone mid range di Indonesia saat ini memang sedang memanas. Beberapa vendor tampak semakin sering menghadirkan perangkat terbaik mereka untuk pecinta gadget di Tanah Air.

Salah satunya adalah Samsung dengan Galaxy A72 terbaru mereka. Ini merupakan salah satu smartphone yang dibanderol Rp7 juta milik Samsung. Menariknya, seri ini menawarkan berbagai fitur modern yang hadir di smartphone flagship mereka. 

Pada kesempatan kali ini, tim Tek.id akan membahas bagaimana pengalaman kami saat menggunakan smartphone tersebut agar dapat dijadikan referensi Sahabat Tek sebelum membeli smartphone baru.

Desain naik kelas, hampir mirip Galaxy S21 Ultra

Kesan pertama yang saya dapatkan saat pertama kali memegang smartphone ini adalah desainnya yang mewah. Bahkan secara sekilas, bahasa desain dari A72 ini mirip-mirip dengan Galaxy S21 Ultra.

Memang sih tak terlalu mirip, namun desain dari housing kameranya benar-benar mengingatkan kami terhadap flagship milik Samsung tersebut. Tapi tetaplah bisa diajak untuk bergaya.

Bobotnya pun tak terlalu berat, yakni ada di sekitar 203 gram. Mereka dapat membuat perangkat ini ringan dikarenakan bagian penutup belakang terbuat dari polycarbonat, ringan namun tetap kokoh. Selain itu, tanpa menggunakan casing pun perangkat ini tidak terasa licin.

Dimensinya pun tidak terlalu besar, dengan panjang 165 mm dan lebar 77.4 mm. Layarnya berukuran 6,7 inci dan memiliki ketebalan 8.4 mm. Ini merupakan ukuran yang cocok untuk digenggam dengan nyaman.

Untuk kamera, di bagian belakang terdapat total empat kamera dan satu flash. Layoutnya pun cukup unik yang terdiri dari dua row dimana row pertama ada tiga kamera dan di row kedua terdapat satu kamera dan satu flash.

Kalian juga akan mendapatkan tombol power dan volume di sebelah kanan perangkat serta sebuah SIM tray dan microphone di bagian atas. Di sisi kiri tak terdapat apapun sedangkan di bawah terdapat jack audio 3,5mm, mic, USB Type-C, serta speaker.

Asik buat multimedia

Beralih ke bagian layar, pengguna akan mendapatkan sebuah layar Super AMOLED 6,7 inci dengan Infinity-O Display. Layarnya dapat menghasilkan kecerahan hingga 800 nits dengan refresh rate hingga 90Hz.

Samsung menyebut bahwa layar dari Galaxy A72 ini sudah dilengkapi dengan teknologi Eye Comfort Shield. Fitur ini diharapkan dapat menurunkan risiko kelelahan mata akibat terlalu banyak melihat layar smartphone.

Menonton multimedia di layar ini cukup mengasyikkan. Layarnya lebar dan dikarenakan menggunakan Infinity-O Display, tidak ada gangguan sama sekali saat menonton video. Selain itu, saat men-scroll feed Instagram cukup nyaman dikarenakan refresh rate layarnya sudah mencapai 90Hz.

Speakernya pun cukup lantang. Meski hanya memiliki satu speaker utama di bagian bawah perangkat, namun dikarenakan speaker earpiece juga mengeluarkan suara yang cukup lantang. Suaranya cukup jelas, namun saat volumenya mencapai 100%, terdengar sedikit pecah.

Kameranya asyik untuk digunakan

Beralih ke kamera, di bagian belakang, Galaxy A72 memiliki konfigurasi kamera 64MP Wide-angle, 12MP Ultra-wide, kamera makro 5MP, serta telefoto 8MP. Sedangkan untuk kamera depan memiliki resolusi 32 MP.

Untuk kamera belakang, pengguna akan dapat merekam video hingga 4K 30fps. Untuk kamera utama 64MP-nya memiliki fitur gyro-EIS sehingga memiliki hasil video yang sangat stabil. Berikut ini hasil video dari Galaxy A72:

 

 

 

 

Jika kalian ingin berkreasi dengan video, di A72 juga memiliki beberapa fitur lain. Kalian dapat menemukan mode video slow-mo dan super slow-mo di perangkat ini. Dan berikut ini hasilnya:

 

 

 

 

Sedangkan untuk hasil foto, bisa dibilang kamera 64MP yang ada di smartphone ini cukup dapat mengambil detail yang baik dan memiliki autofocus yang tidak terlalu buruk. Hasil kamera ini cukup dapat diandalkan untuk mengambil gambar disaat kita terburu-buru.

Foto Outdoor

Foto luar ruangan

Untuk pengambilan gambar di dalam ruangan pun hasil dari kamera utama dan wide nya cukup baik. Berikut ini hasil foto di dalam ruangan:

Foto dalam ruangan kamrea utama

Foto dalam ruangan wide



Foto dalam ruangan zoom

Kamera macro yang ada di A72 ini pun dapat menangkap detail dengan baik. Tapi perlu diperhatikan bahwa kalian harus memiliki cahaya yang cukup banyak untuk mendapatkan hasil gambar yang baik.

Hasil foto macro

Untuk hasil foto bokeh, hasil bokehnya pun cukup rapi. Tapi, sama seperti saat mengambil gambar macro, untuk mendapatkan hasil yang maksimal kalian harus memiliki cahaya yang cukup baik.



Hasil foto bokeh

Ada satu mode lain yang sangat saya suka dari A72 ini, yakni mode Food. Hasil gambar yang dihasilkan memfokuskan ke area makanan dan membuat daerah lainnya terasa soft, yang membuat makanannya tampak lebih menonjol.

Foto food mode

Untuk hasil kamera di malam hari, menggunakan night mode, hasil kameranya pun sangat baik. AI di kamera ini berhasil meningkatkan pencahayaan dari objek di malam hari tanpa memberikan over exposure.

Foto malam

Terakhir, untuk kamera depannya, hasilnya pun sangat baik. Baik mode bokeh atau mode biasa, hasilnya pun sangat baik.

Foto kamera depan standar

Foto depan bokeh

Foto depan wide
    Share
    ×
    tekid
    back to top