sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 03 Jun 2023 07:18 WIB

Review Redmi Watch 3, smartwatch paket lengkap Rp1 jutaan

Redmi Watch 3 dapat menjadi opsi smartwatch terjangkau dengan fitur lengkap, seperti olahraga ruangan menggunakan GPS dan panggilan bluetooth memberi nilai lebih pada smartwatch seharga Rp1.199.000 ini.

Review Redmi Watch 3, smartwatch paket lengkap Rp1 jutaan

Xiaomi meluncurkan generasi smartwatch baru, Redmi Watch 3. Dibandingkan para pendahulunya, smartwatch ini menjadi opsi baru dari submerek Redmi, untuk mereka yang ingin produk selevel premium dengan ragam fitur namun harga yang terjangkau. 

Redmi Watch 3 hadir dengan layar AMOLED berukuran 1,75 inci yang mendukung mode Always-on Display. Smartwatch Rp1 jutaan ini sudah mendukung built-in GPS untuk olahraga outdoor, dengan 121 mode olahraga. Ada lebih dari 200 watch face yang bisa dipilih pengguna dan kemampuan tahan air hingga 5ATM.

Sekilas, smartwatch ini mengingatkan kita pada merek premium berlogo apel yang dipatok harga paling murah Rp5 jutaan. Tapi dengan fitur-fitur yang ditawarkan di atas dan harga yang tentunya jauh lebih murah, dapatkan Redmi Watch 3 mengubah standar jam tangan pintar? Simak ulasan kami di bawah ini.

Desain strap baru

Redmi Watch 3 mengusung filosofi desain yang ringan dengan gaya strap baru yang disebut inovatif. Perangkat ini memiliki bobot 37 gram dengan dimensi 42,58 x 36,56 x 9,99mm. Selama pemakaian, Redmi Watch 3 memang memberikan rasa nyaman yang dijanjikan. Namun, kendala justru hadir ketika pemasangan strap.

Bagi mereka yang belum terbiasa dengan model strap satu ini, mungkin akan merasa kesulitan memasangnya. Loop penahan diposisikan di bagian dalam strap sehingga ketika proses pemasangan dengan satu tangan kerap terhambat. Terlepas dari itu, strap silikonnya ini nyaman dipakai dan tersedia warna yang colorful, tetapi dijual terpisah. 

Layar besar 1,75 inci

Redmi Watch 3 menawarkan informasi dalam layar yang lebih banyak karena layarnya yang lebih luas dari pendahulunya. Layar ini berukuran 1,75 inci dengan rasio layar-ke-bodi sebesar 70%, panel AMOLED dan tingkat kecerahan 600 nits. 

Layar yang luas ini memberi keleluasaan dalam membaca notifikasi, khususnya notifikasi WhatsApp. Ketika ada pesan masuk, kita tidak hanya bisa melihat nama pengirim tapi juga isi pesan paling awal. Notifikasi yang terlewat bisa dilihat kembali dengan menggeser layar dari atas ke bawah. 

Selain notifikasi, layar juga memungkinkan tampilan menu lebih dari satu widget. Misalnya, gambar layar di bawah ini menampilkan widget olahraga outdoor, heart rate, dan jumlah langkah harian. Di sebelahnya, terdapat status baterai, pemutar musik, stopwatch, dan pengukur Sp02. Tingkat kecerahan puncak pada layar Redmi Watch 3 adalah 600 nits. Dengan tingkat kecerahan ini dan panel AMOLED, layar masih dapat terlihat jelas di bawah paparan sinar matahari, seperti di luar ruangan atau ketika siang hari. Warna dan tulisan di dalam layar juga terlihat jelas dan pekat.

Fitur GPS & panggilan bluetooth

Meski hanya dibanderol Rp1 jutaan, Redmi Watch 3 disematkan beragam fitur bermanfaat, salah satunya built-in GPS. Fitur ini berguna untuk melengkapi olahraga outdoor pengguna agar dapat mengukur kecepatan dan jarak tempuh dalam waktu tertentu, dengan menerima sinyal langsung dari satelit.

Bukan hanya GPS, Redmi Watch 3 didukung oleh lima sistem pemosisian sekaligus, yaitu Beidou, GLONASS, GPS, Galileo, dan QZSS yang membuat pengukuran lebih akurat. Dalam praktiknya, opsi ini akan muncul setiap kali pengguna mengaktifkan mode olahraga outdoor.

Untuk percobaan pertama, GPS akan mencari sinyal terlebih dahulu sebelum memulai pengukuran olahraga. Proses ini bisa memakan waktu lebih lama apabila kondisi cuaca sedang tidak baik atau dilakukan di dalam ruangan karena akan menghambat pencarian sinyal. 

Berdasarkan pengalaman Saya, butuh waktu cukup lama untuk mencari sinyal GPS. Tetapi, GPS akan terus mencari meskipun mode olahraga sudah diaktifkan. Dan ketika sinyal sudah masuk, akan secara otomatis mengukur olahraga sepeda yang sedang Saya lakukan. 

    Share
    ×
    tekid
    back to top