sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 11 Nov 2022 17:38 WIB

Review realme TechLife Robot vacuum, si kecil serba bisa

realme TechLife Robot Vacuum menggunakan LiDAR Smart Navigation Systems yang dapat memetakan tiap ruangan dengan tepat dan pintar.

Review realme TechLife Robot vacuum, si kecil serba bisa

Di era yang serba canggih ini, banyak hal sudah tergantikan dengan teknologi, mengubah hampir sebagian besar kehidupan kita, termasuk membersihkan rumah.

Sejak pandemi, lebih banyak orang semakin perhatian dengan kebersihan rumah. Namun pasca pandemi, kita dihadapkan kembali dengan kesibukan, sehingga membersihkan rumah secara rutin jadi terlewatkan. 

Dan di sinilah teknologi berperan. Realme, salah satu brand teknologi di Indonesia, melengkapi strategi AIoT-nya dengan meluncurkan realme TechLife Robot Vacuum pada 9 November lalu, untuk memberikan kemudahan kepada pengguna muda. 

Setelah mencoba produk ini selama beberapa hari, tentu saja manfaat pertama yang Saya dapatkan adalah fleksibilitas. Lebih lanjut, artikel ini akan membahas pengalaman selama menggunakan realme TechLife Robot Vacuum.

Tampilan 

Dari segi desain dan tampilan, realme TechLife Robot Vacuum seperti robot vacuum pada umumnya berbentuk lingkaran. Bagian atasnya dilengkapi kaca yang membuatnya tampil berkelas. 

Sementara itu, bagian atasnya tidak datar begitu saja karena ada lingkaran yang lebih kecil sebagai tempat sensor LiDAR pendeteksi benturan. Ada juga dua tombol di atas, yakni tombol daya dan tombol Home yang multifungsi. 

Area sekeliling robot vacuum Saya bagi menjadi tiga, karena terdapat bagian sensor, pembuangan udara, tempat tangki keluar masuk. Area sensor ini mencakup sensor isi ulang daya, sensor pendeteksi halangan, dan sensor bumper. 

Kemudian di bagian bawah, terdapat dua roda utama dan satu roda omni yang dibekali sensor cliff, kontak pengisian daya, sikat utama, gesper penutup sikat utama, dan sikat samping. Seluruh sikat yang ada di bawah ini dapat dilepas pasang untuk perawatan yang lebih mudah ketika sesuatu menyangkut. 

Pengoperasian dan fitur-fitur

Ada dua cara untuk membersihkan ruangan dengan realme TechLife Robot Vacuum. Pertama, secara manual dengan menekan tombol Home pada produk dan kedua melalui aplikasi realme Link.

Cara kedua tentunya lebih mudah karena banyak fitur dapat diakses melalui aplikasi. Sebelum memulai, pastikan produk sudah tersambung dengan aplikasi melalui bluetooth pada ponsel.

Robot vacuum satu ini tidak hanya bisa digunakan untuk menyedot debu, tetapi juga mengepel agar lantai lebih bersih. Itu sebabnya perusahaan memasarkan produk sebagai "2-in-1 Sweeping & Mopping Function."

Terdapat dua tangki yang diperuntukkan untuk mode Vacuum dan Mop. Untuk Vacuum, pengguna bisa menggunakan tangki debu, sedangkan untuk Mop atau mengepel menggunakan tangki air 2-in-1 yang juga dilengkapi tangki debu di dalamnya. Sayang, tangki air 2-in-1 ini dijual terpisah.

Sebenarnya, perangkat juga menawarkan mode gabungan yakni Mop dan Vacuum tanpa harus mengganti-ganti tangki. Sebab, sikat utama tetap bekerja sebagai vakuum, meski tangki air terpasang. Untuk mengganti modenya sendiri sangat mudah, dengan mengklik ikon sapu di aplikasi, lalu akan muncul tiga mode tersebut.
Tiga mode pembersihan di aplikasi realme LinkMelalui aplikasi, Saya juga bisa melakukan pembersihan di area tertentu. Setelah map ruaangan-ruangan dalam rumah terindentifikasi, Saya dapat memilih area tertentu yang ingin dibersihkan dan yang tidak untuk dibersihkan. 

Ketika selesai digunakan, robot vacuum akan kembali ke dok pengisian dayanya secara otomatis. Sensor yang dimiliki dapat membawanya kembali ke dok dengan selamat. Jika tidak digunakan dalam beberapa jam, produk akan beralih sendiri ke Sleep Mode.
Tampilan memilih area pembersihan di aplikasi realme LinkPerforma sensor dan daya hisap

Realme TechLife Robot Vacuum menggunakan LiDAR Smart Navigation Systems yang memiliki kemampuan navigasi lebih baik dari navigasi berbasis kamera ataupun giroskop built-in. Dengan sistem LiDAR, navigasi tidak akan terganggu meskipun di dalam ruangan gelap dan dapat memetakan area secara detail. 

Terbukti, saat digunakan untuk membersihkan seisi rumah, robot vacuum ini dapat memetakan tiap ruangan dengan tepat dan pintar. Perangkat bahkan bisa menambahkan rute pembersihan pada putaran kedua, apabila ada yang terlewat pada putaran pertama. Ini kemungkinan terjadi jika benda yang sebelumnya menghalangi, sudah dipindahkan.

    Share
    ×
    tekid
    back to top