sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
Senin, 09 Agst 2021 15:05 WIB

Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed, nirkabel tapi gesit

Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed merupakan salah satu keyboard nirkabel ringkas ternyaman yang ada dipasaran saat ini.

Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed, nirkabel tapi gesit

Ada berbagai macam alasan mengapa seorang gamer memilih untuk menggunakan keyboard nirkabel ketimbang menggunakan sebuah keyboard dengan kabel. Salah satunya adalah soal kerapihan meja gaming yang mereka miliki.

Tapi, mencari sebuah keyboard nirkabel yang baik bukan perkara mudah. Sebab, di luar sana banyak keyboard gaming nirkabel yang menjanjikan banyak fitur, namun pada kenyataannya mengecewakan.

Namun, beda halnya dengan Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed. Keyboard ini menawarkan banyak keunggulan yang memang benar-benar dibutuhkan oleh para gamer. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membahas pengalaman kami saat menggunakannya.

Seperti tebakan kalian, karena masuk ke varian Mini, Blackwidow V3 Mini Hyperspeed merupakan keyboard dengan jenis TKL 65%. Bagi sebagian orang, ukuran ini adalah ukuran yang pas untuk dapat bermain gim dengan nyaman.

Menurut kami, memang memiliki keyboard kompak sangat nyaman digunakan untuk bermain gim FPS. Tapi, kami lebih memilih menggunakan full size keyboard karena lebih praktis saat digunakan untuk bekerja.

Meski kecil, body dari keyboard ini sangat kokoh. Selain itu, di bagian belakang, kalian akan mendapatkan dudukan kaki yang sangat kesat sehingga keyboard ini tidak mudah bergerak.Ada pula beberapa pengaturan ketinggian kaki sehingga menawarkan opsi konfigurasi untuk gamer.

Seluruh body menggunakan kelir warna hitam mate khas Razer. Sedangkan di bagian palmrest, terdapat sebuah logo Razer yang dapat disesuaikan warnanya, serta sebuah aksen plastik glossy yang menambah kesan elegan.

Ada beberapa tombol multimedia yang disematkan di keyboard ini, dimana bisa diaktifkan menggunakan tombol function (fn). Dan saat tombol fn ditekan, akan ada beberapa keycaps yang menyala untuk mengindikasikan tombol mana saja yang menjadi tombol shortcut.

Dan di bagian paling kanan, kalian akan mendapatkan beberapa tombol lain seperti del, page up, page down, serta insert. Dan untuk arrow key, posisinya memang terjepit, namun cukup nyaman digunakan.

Razer menyiapkan dua switch untuk Blackwidow V3 Mini Hyperspeed ini. Kedua switch itu adalah Razer Yellow dan satu lagi adalah Razer Green. Untuk kesempatan kali ini, kami mencoba varian Razer Green.

Untuk pengalaman mengetik, switch ini sangat nyaman untuk digunakan. Bunyi switch-nya sangat khas, namun bagi kalian yang tidak suka keyboard berisik, mungkin switch ini agak sedikit mengganggu. Namun bagi saya, bunyinya tidak sekeras bunyi switch beberapa pabrikan lain.

Daya pakai dari keyboard ini juga sangat baik. Dalam sekali pengisian daya selama 2 jam, saya dapat menggunakan keyboard ini selama 1 minggu, dengan pemakaian 12 jam sehari. Dan ini membuat saya cukup terkejut.

Kalian dapat melakukan pengisian daya menggunakan kabel USB Type-C yang ada di bagian belakang. Di tempat yang sama, kalian juga akan menemukan switch untuk mengganti mode dari dongle USB, Bluetooth, atau mematikan keyboard ini sepenuhnya.

Kalian dapat menggunakan dua koneksi untuk menyambungkan keyboard ini dengan komputer atau laptop kalian. Pilihan pertama menggunakan dongle khusus, dimana dapat kalian simpan dengan rapi di bagian belakang keyboard.

Untuk penggunaan menggunakan dongle, saya tidak pernah merasakan adanya input lag sama sekali. Di berbagai gim, termasuk gim fase cepat seperti Apex Legends, PUBG, Valorant, dan lainnya, saya tidak mengalami masalah sama sekali. 

Begitu juga dengan menggunakan koneksi Bluetooth, dimana lag terasa sangat minimal. Tapi memang, tidak seresponsif saat menggunakan dongle nirkabel. Tapi ini bukan berarti kalian akan merasakan lag yang berarti.

Sedangkan untuk pengalaman mengetik, dikarenakan saya terbiasa menggunakan keyboard dengan switch yang lebih berat dan berisik, mengetik menggunakan keyboard ini sangat nyaman meski tak senyaman keyboard yang biasa saya gunakan.

Tapi kembali lagi, ini merupakan preferensi masing-masing orang. Yang pasti, jika kalian menggunakan keyboard ini di kantor, maka siap-siap untuk dikomplain oleh rekan kerja yang tidak suka dengan suara keyboard yang berisik.

Terakhir, untuk pengaturan, kalian dapat menggunakan aplikasi yang sudah disediakan oleh Razer. Dengan menggunakan aplikasi ini, kalian dapat dengan mudah mengkostumasi Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed milik kalian.

Beberapa diantaranya adalah mengubah warna LED dari keyboard kalian. Kalian dapat menggunakan beberapa pengaturan default yang sudah disediakan dalam aplikasi tersebut, tapi kalian juga dapat mengkostumasi LED tersebut sesuka hati kalian.

Tak ketinggalan, kalian juga dapat mengatur beberapa macro di keyboard ini menggunakan fitur tersebut. Soalnya, kalian memiliki total empat tombol macro di bagian kanan perangkat. Jadi kalian akan mendapatkan pengalaman penggunaan sesuai dengan keinginan kalian sendiri.

Dan soal harga, Razer menjual Blackwidow V3 Mini Hyperspeed dikisaran harga Rp2,8 juta. Memang tidak murah, namun mengingat fitur yang ditawarkan dan desainnya yang kompak, harga ini sangatlah sepadan.

Selain itu, menurut saya Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed merupakan salah satu keyboard kompak nirkabel yang ada di pasaran saat ini.

80
Razer Blackwidow V3 Mini Hyperspeed
 
Keunggulan
  • Kompak
  • Kaya fitur
  • Nyaman digunakan tanpa lag
 
Kekurangan
  • Harga premium
Share
×
tekid
back to top